Widget HTML Atas

10 Ide Program Unggulan di Sekolah-Sekolah Unggulan

program unggulan

10 ide program unggulan di sekolah-sekolah unggulan. Salah satu ciri sekolah bermutu atau sekolah unggulan adalah selalu melakukan inovasi-inovasi baru. Baik inovasi dalam bidang kurikulum, kesiswaan, sarana prasarana, maupun manajemen sekolah. Inovasi baru inilah yang kemudian menjadi program unggulan sekolah. Program yang tidak sekadar sebagai pembeda dari sekolah lain tetapi juga menjadi jawaban atas kebutuhan zaman (baca: siswa, orang tua, sekolah)

Inovasi yang baik adalah inovasi yang dapat merespon masa depan dan menjadi problem solving atas tantangan zaman. Jika hal ini dilakukan oleh sekolah-sekolah maka sekolah akan menjadi solusi atas persoalan-persoalan dalam dunia pendidikan.

Secara tidak langsung sekolah yang selalu melakukan perubahan, melakukan inovasi-inovasi baru akan selalu dicari dan dibutuhkan masyarakat.  Kepercayaan masyarakat juga akan terus meningkat.

Berikut beberapa program unggulan yang saya rangkum dari beberapa sekolah unggulan. Termasuk program sekolah yang menarik dari sekolah berbasis Islam. Kita dapat melakukan benchmarking dari beberapa program unggulan tersebut. Tentunya dengan tetap menyesuaikan kondisi dan sumber daya masing-masing.

10 ide program unggulan di sekolah-sekolah unggulan

1. Sepekan Bersama Masyarakat

Yaitu sebuah program kegiatan bersama masyarakat (mengikuti kegiatan masyarakat), tinggal bersama warga masyarakat, bersosialisasi bersama warga masyarakat, kerja bakti, pengobatan gratis, dan pemberian bantuan, dan lain-lain. Kegiatan seperti ini di beberapa sekolah unggulan sudah dilaksanakan dengan nama yang berbeda. Seperti Pekan Bakti Masyarakat, Pekan Kerja Dakwah, Homestay, Santri Masuk Desa, dan lain-lain.

2. Education Trip ke Luar Negeri

Kegiatan perjalanan dan tinggal beberapa hari di luar negeri. Dalam rangka study tour, integrated learning, kunjungan kampus, culture study, dll. Selain memberikan wawasan internasional, kegiatan ini juga banyak memberikan pengalaman baru bagi siswa. Seperti keterampilan berbahasa, transportasi, akomodasi/tinggal di negeri orang, bertemu dengan orang baru yang berbeda budaya, dan lain sebagainya.

3. Scout Backpacker

Kegiatan perjalanan menuju titik tertentu secara berkelompok, dari kota menuju kota lainnya. Dengan bekal terbatas dan alat komunikasi terbatas. Program ini untuk melatih kemandirian dan daya juang di tempat yang baru dengan bekal terbatas.

4. Program Pengembangan keagamaan

Seperti Shalat berjamaah, shalat dhuha, membaca dan menghafal Al Qur’an, Shalat Malam, infaq dan sedekah, puasa senin kamis, dan lain-lain. Program penanaman sikap relijius ini sudah banyak dilakukan sekolah-sekolah umum atau sekolah negeri.

5. Content Creator Programme 

Program pengembangan kreatifitas di era digital atau era media sosial. Program ini terbagi dalam beberapa jenis, seperti blogger, desain grafis, youtuber, video editor, influencer, dan lain-lain. Selain memberikan pembekalan keterampilan teknis juga memberikan pembinaan ke arah content creator positif.

6. Pengembangan Lifeskill

Contoh programnya seperti entrepreneurship, creativepreneur, business plan skill, dll. Program keterampilan hidup ini merupakan program pengembangan diri siswa dalam bidang tertentu sebagai bekal menjalani hidup.

7. Bilingual Programme

Yaitu program penggunaan Bahasa Asing yaitu Bahasa arab dan Bahasa Inggris. Sebagai Bahasa percakapan sehari-hari di sekolah. Program ini kuncinya adalah di sumber daya manusia, peraturan dan kultur sekolah.

8. Tabungan Umroh Bersama

Sebuah program perjalanan spiritual menuju ke tanah suci sekaligus berziarah ke kota-kota bersejarah. Menjadi praktik ibadah dan belajar sejarah. Program menabung umroh ini bisa dilakukan secara berkelompok atau program pilihan.

9. Nusantara Traveling

Yaitu sebuah program perjalanan yang dilakukan oleh kelompok kecil siswa menuju daerah tertentu lintas provinsi. Mereka harus Menyusun rencana, dana, tarnsportasi, dan akomodasi secara mandiri. Outcome dari program ini antara lain menjadi writer traveller. Siswa akan unggul dalam literasi dan menjadi story teller yang unggul.

10. Blended Learning

Penggabungan pembelajaran luring dan daring bagi sebagian sekolah, program ini menjadi pilihan program yang diunggulkan. Karena siswa dapat memilih model pembelajaran sesuai kebutuhan. Siswa tetap bisa belajar dari mana saja dan kapan saja selama masih tersambung dengan internet.

Demikian beberapa program unggulan yang dilakukan oleh sekolah-sekolah unggulan. Program yang secara umum diterapkan di jenjang sekolah atas. Program unggulan yang semoga dapat menginspirasi sekolah-sekolah untuk melakukan inovasi baru. Serta menjadi branding sekolah, khususnya sekolah-sekolah swasta. Karena sesungguhnya bagi sekolah swasta, “berhenti melakukan inovasi, cepat atau lambat akan ditinggal pergi”. Selamat berinovasi, Semoga bermanfaat!

Bagi teman-teman pembaca, yang punya ide inovasi baru, program unggulan, yang belum tercantum di atas, silakan dituliskan di kolom komentar.

7 comments for "10 Ide Program Unggulan di Sekolah-Sekolah Unggulan"

  1. Nah yang konten kreator ini yang baru, kemaren sih nyoba di sekolah siswanya masih pada takut, ditawarin ke guru2 juga sama aja duh

    ReplyDelete
  2. Wah ini mah kalau guru yang baca bakal dapat banyak insight nih mba. Menarik banget scout backpacker. seandainya ide-ide brilian ini udah ada zaman-zaman kita dahulu sekolah 90-an. Hahaha.

    ReplyDelete
  3. programnya keren-keren. Education trip ke luar negeri dan tabungan umrohnya best dah. Cuma aku membayangkan pembiayaan untuk siswanya. Tapi selama untuk kemajuan siswa kayaknya bagus banget ya...

    ReplyDelete
  4. Program unggulannya mantap semua. Kegiatan yang bisa bikin siswa siswi makin tambah pintar, berani mengembangkan kemampuan juga meningkatkan skill. Apalagi kalau fokus mengikuti kegiatan, bikin makin percaya diri deh.

    ReplyDelete
  5. Semua idenya unggul semua. Saya kepengen banget no 2, 6, 7, dan 9. Yang lainnya juga pengen tapi yang empat itu urgent (versi saya) <3

    ReplyDelete
  6. Menarik semua ide-idenya. Sangat menginspirasi sekali dan masih jarang ada. Terimakasih informasinya kak

    ReplyDelete
  7. Memang harus ada ide2 baru yg sesuai jaman dan budget sekolah tentunya

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang positif. Mohon tidak meletakkan link hidup. Salam blogger!