Widget HTML Atas

5 Tips Memilih Sekolah Sehat dan Nyaman

sekolah sehat

Seperti apakah sekolah sehat dan nyaman itu?

Untuk menjawab pertanyaan ini, saya akan membatasi arti sekolah yang nyaman dan sehat secara lahir. Yakni suatu kondisi fisik yang tampak dan dapat dirasakan langsung. Jawaban singkatnya, sekolah sehat dan nyaman adalah sekolah-sekolah atau lembaga pendidikan yang sudah menerapkan budaya hidup sehat dan peduli lingkungan. 

Semua komponen di sekolah tersebut sudah memiliki kesadaran tinggi dalam menerapkan program hidup sehat dan peduli terhadap lingkungan. Semua warga sekolah terlibat dalam program tersebut, mulai dari siswa, tenaga pendidik, karyawan, petugas keamanan, dan orang tua. Program-program tersebut ada dalam Program Sekolah Adiwiyata. Program Adiwiyata adalah sekolah yang memiliki perhatian khusus terhadap budaya hidup sehat dan peduli terhadap lingkungan.

Mengapa harus memilih sekolah Sehat dan nyaman?

Ada beberapa alasan menurut saya, yang pertama tempat belajar yang nyaman dan kondusif akan menjadikan siswa lebih mudah dalam menyerap ilmu, proses belajar mengajar lebih lebih fokus dan kondusif. Bayangkan, bagaimana rasanya ketika sedang belajar di kelas, tiba-tiba ada aroma tidak sedap dari toilet menyeruak masuk ke kelas? Pasti belajar menjadi kurang fokus.

Selain itu, sekolah yang nyaman dan sehat tentunya dihasilkan dari seperangkat aturan dan kebiasaan yang diterapkan di sekolah tersebut. Secara tidak langsung memilih sekolah sehat dan dan nyaman, akan memberikan pelajaran bagaiamana hidup bersih dan sehat. Seperti apa tips memilih sekolah sehat dan nyaman, mari kita bahas.

sekolah adiwiyata

5 Tips Memilih Sekolah Sehat dan Nyaman

Pertama, sekolah sehat tersedia kamar mandi atau toilet yang bersih dan wangi.

Menurut saya ini menjadi tolok ukur, apakah sekolah itu berbudaya hidup sehat atau tidak? Jika toilet atau kamar mandi terperhatikan kebersihannya, tidak kotor dan bau, maka yang lain juga terperhatikan kebersihannya. Tidak harus dengan toilet yang mewah, tetapi terjaga kebersihan dan ketersediaan airnya.

Kedua, pengelolaan sampah yang baik.

Tolok ukurnya adalah ketersediaan tempat sampah dan kesadaran warga sekolah dalam membuang sampah pada tempatnya. Sekolah tampak bersih. Tidak ada sampah berserakan. Kebersihan tidak hanya dilakukan oleh petugas kebersihan, tetapi semua warga sekolah bergerak bersama dalam menjaga kebersihan. Lebih-lebih jika sekolah mampu mengelola sampah dengan baik, sampah akan memberikan banyak keuntungan. Salah satunya keuntungan finansial.

Ketiga, memperhatikan makanan atau jajanan yang sehat.

Makanan yang kita makan bisa menjadi sumber energi dan membuat tubuh sehat. Tetapi jika kita salah pilih makanan atau serampangan dalam hal makan, tidak melihat kebersihananya, nilai gizinya, yang ada bukanya sehat tapi penyakit yang kita dapatkan. Salah satu ciri jajanan atau makanan sehat adalah bebas 5 P (pengawet, pemanis buatan, pewarna, penyedap rasa/MSG, pengenyal). 

Jika sekolah sudah mampu menyediakan makanan atau jajanan yang sehat maka sekolah tersebut bisa dikatakan sekolah yang peduli terhadap kesehatan warganya. Selain itu, sekolah yang peduli lingkungan adalah sekolah yang meminimalkan penggunaan plastik dalam penyajian makanan karena hal tersebut kurang sehat dan menambah jumlah sampah.

Keempat, sekolah yang memiki ruang terbuka hijau (RTH).

Akan menjadi tempat belajar yang sejuk dan nyaman jika sekolah memiliki ruang terbuka hijau. Ruang Terbuka Hijau dapat menciptakan udara yang bersih dan sehat dan sirkulasi udara berjalan dengan baik. Ruang ini selain menjadikan sekolah rindang, sejuk, dan nyaman, juga dapat menjadi tempat dan sumber belajar siswa.

Terakhir, sekolah yang memperhatikan dan mengelola isu- isu lingkungan.

Beberapa isu lingkungan mampu dikelola sekolah dengan baik. Beberapa isu lingkungan tersebut adalah mampu mengatasi persoalan sampah, mampu menghemat energi, memperhatikan keanekaragaman hayati, mengendalikan penggunaan air, dan mampu mengelola makanan atau kantin sekolah yang sehat.

Jika sekolah atau lembaga pendidikan sudah membudayakan beberapa hal di atas maka disanalah tempat belajar yang sehat dan nyaman. Apalagi jika di sekolah tersebut terdapat guru-guru yang sehat, ramah, penuh kasih sayang, saling sapa, murah senyum, dan terbangun budaya positif lainnya oleh semua warga sekolah, maka itulah sesungguhnya sekolah yang sehat dan nyaman.

23 comments for "5 Tips Memilih Sekolah Sehat dan Nyaman"

  1. Nah benar sekolah yg baik adalah sekolah yg memperhatikan kepedulian ttg alam ya mbak ..karena siswa jg akan belajar mengelola alam dengan tindakan kecil misal tdk buang sampah sembarangan, membawa tmpt mkn sendiri timbang jajan pakai plastik dsb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, harapannya anak dapat berproses di tempat yg baik

      Delete
  2. Semua syarat yang disebutkan tampaknya memenuhi jika saya menyebutkan SMAS Dwiwarna Bogor. Semua ada :)

    ReplyDelete
  3. Bener banget ini. Sekarang banyak orang tua cari sekolah yang penting favorit aja. Tapi yg favorit kamar mandinya belum tentu bersih. Dan kamar mandi bersih ini penting banget menurutku...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, mbak. Kalo survei sekolah, juga harus survei kamar mandinya juga

      Delete
  4. Penting banget memilih sekolah yang sehat dan nyaman. Apalagi kalo inget toilet skol yang identik bau pesing. Uhh ga nyaman banget. Apalagi saat pandemi gini protokol kesehatan harus menjadi prioritas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, semoga anak2 sehat, belajar di tempat yg sehat, dan ngerti caranya hidup sehat

      Delete
  5. Sekolah nyaman dan sehat sekarang ini memang menjadi keharusan mas. Apalagi di masa pandemi seperti ini. Semua orangtua ingin kesehatan anaknya menjadi prioritas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, sekolah memang seharusnya memperhatikan kesehatan, apalagi ditengah pandemi seperti ini

      Delete
  6. Senang sekali bila menemukan sekolah yang seperti itu, memiliki fasilitas kamar mandi yang bersih dan sehat.

    Untuk sekolahan yang ada di daerah pelosok desa masih jarang ada sekolah yang memiliki fasilitas kamar mandi yang bersih dan sehat.

    ReplyDelete
  7. Keinget banget ya Allaah dulu pas SMP sekolah bagusss toilet di bersihin tiap hari sama petugas. Begitu masuk SMA negeri langsung syok sama toiletnya hahaha sampe kalau mau pipis aku nahan untuk ngga napas selama di toilet.

    ReplyDelete
  8. Benar sekali, suasana yang nyaman sangat mendukung dalam proses pembelajaran dan juga turut serta andil orangtua dan di dukung juga oleh guru yang hebat dan ramah

    ReplyDelete
  9. Setuju kak, kl sekolahnya nyaman,a anak2 yg bersekolah pun jadi semangat,. Seneng tuh waktu SD dan SMP, toilet sekolah selalu bersih dan wangi, tapi pas SMA huek gak karuan dah. Kl SD dan SMP kami diminta bergantian bersihin toilet sekolah

    ReplyDelete
  10. Sekarang pilihan sekolah makin banyak, jadi lebih harus diperhatikan juga nih tips-tips seperti di atas karena saking banyaknya akupun bingung memilih sekolah mana yang tepat. Thanks k tipsnya.

    ReplyDelete
  11. Masalah toilet sekolah itu penting banget. Dari saya Sd sampe kuliah S2, masalah itu ada pada WC. Entah WC nya nggak bersih. Entah airnya nggak ada. Entah yang pake sebelumnya jorok. Hiks.

    ReplyDelete
  12. Harusnya semua sekolah negri sehat dan nyaman ya, soalnya kan kita utamakan anak masuk sekolah negri 😀

    ReplyDelete
  13. Benar sekali nie kak sekolah yang sehat dan nyaman memang sangat penting, terutama kamar mandi itu hal yang sangat penting banget.

    ReplyDelete
  14. Semasa saya SD dulu, toilet sekolah benar-benar tidak bersih dan menyeramkan. Akhirnya anak-anak jadi memilih ke kali kecil di sawah untuk BAB (kalau BAK bisa di semak, eh). Tapi itu dulu sekali, sekolah sekarang sudah peduli dengan kebersihan. Meskipun masih ada yang tidak. Tips-tips yang mas sampaikan benar-benar bisa jadi tolak ukur bagi orang tua dalam memilih sekolah untuk anaknya

    ReplyDelete
  15. Di masa kenormalan baru gini memilih sekolah anak yg toiletnya bersih dan wangi jd penting banget ya Mas

    ReplyDelete
  16. Agak susah nyari sekolah yang toiletnya bersih... Rata2 toilet yang bersih cuma di toiletnya guru, dan itupun harus mengambil kuncinya dulu di ruang guru yang mana kalo jadi tamu di sekolah ya enggan juga kalo harus masuk ke ruang guru buat sekadar ke belakang...

    ReplyDelete
  17. setuju deh, mbak. Karena kan sekolah itu rumah ke dua buat anak-anak, ya. Jadi benar-banar harus diperhatikan kebersihannya. supaya nggak hanya nyaman buat semua yang ada di situ, tapi juga bikin sehat

    ReplyDelete
  18. No. 4 nih yg kayaknya tidak selalu bisa diwujufkan, terutama di wilayah perkotaan yg lahannya makin sempit.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang positif. Salam blogger!

Berlangganan via Email