Widget HTML Atas

Mengapa Saya Menjadi Blogger, Ini Tiga Alasannya

Alasan menjadi Blogger


Membahas tentang alasan mengapa menulis di blog, bagi saya tidak lepas dari alasan menulis. Karena inti dari nge-blog adalah menulis. Sedangkan blog hanya sarana publikasinya saja.

Masing-masing blogger punya alasan berbeda. Sebagaimana teman blogger, Mbak Maria Tanjung juga punya alasan menulis di blog.

Bagi seorang penulis yang istikamah pasti memiliki alasan yang kuat dan mendasar, mengapa masih tetap 'bertahan' dalam menulis. Bahkan karena alasan tersebut, seorang penulis kembali bangkit manakala rasa malas menghampiri.

Ya, adanya sebuah tujuan atau alasan, menjadikan seseorang bertahan untuk tetap menulis. Sebagaimana tokoh-tokoh penulis juga memiliki tujuan atau alasan dalam menulis. Misalnya : Helvy Tiana Rosa, seorang novelis muslimah menetapkan tujuan menulisnya dalam tiga hal : nashrul fikrah (menyebarkan pemikiran), tanmiyatul kaffah (mengembangkan kemampuan), dan kasbu’l ma’isyah (menambah penghasilan).

Sedangkan bagi Ahmad Fuadi, penulis novel Negeri 5 Menara, Menulis baginya adalah cara yang dipilih untuk memberikan manfaat pada orang lain. Cara yang dipilih untuk mengaplikasikan hadits : Sebaik-baik manusia adalah yang bisa bermanfaat bagi orang lain (Nabi Muhammad SAW)

Tujuan atau alasan menjadi syarat bagi seseorang yang ingin menjadi penulis. Karena tujuan atau alasan ini menjadi semacam pondasi bagi penulis. Maka pondasi ini harus dibangun dengan kuat agar seorang calon penulis tidak mudah putus asa.

Lalu, bagaimana cara saya dapat menjaga agar tetap menulis? 

Ada tiga alasan mengapa saya masih menulis.

Yang pertama, menanamkan niat menulis karena ingin berbagi manfaat dan kebaikan. 

Dengan menanamkan niat tersebut, saya akan terus berusaha untuk tetap menulis. ketika saya goyah, berhenti, dan stagnan, maka saya akan kembali mengingat niat tersebut. Kemudian bangkit dan kembali menulis. kadang tidak peduli mau menulis tentang tema apa. Asalkan berisi pesan kebaikan dan memberi manfaat, saya akan terus menulis.

Hal yang pertama ini juga menjadi semacam rambu-rambu buat saya dalam hal menulis. jika ingat dengan niat ini, saya akan berfikir ulang bila ingin menulis hal-hal yang tidak penting. Apalagi hanya sekadar untuk mendulang materi dan pujian. Saya akan menghindari itu. Jika saya belum bisa berbuat baik, setidaknya saya tidak mengajak atau menyuruh orang lain berbuat kerusakan atau melakukan hal yag tidak baik.

Dua, menjadikan menulis sebagai ladang amal saleh. 

Ini merupakan harapan bagi saya, semoga apa-apa yang dihasilkan dari kedua tangan ini dicatat oleh Tuhan Yang Maha Kuasa bagian dari amal kebaikan. Menjadi pemberat timbangan amal kebaikan kelak di hari perhitungan. Bukankah kelak di hari kiamat, mulut kita terkunci, lalu kaki dan tangan kita yang menjawab dan memberikan kesaksian atas apa yang pernah dilakukan semasa di dunia? Maka baik-baiklah menggunakan tangan ini. Termasuk dalam hal menulis.

Dan yang ketiga, menulis sebagai amal jariyah. 

Saya pernah membayangkan, betapa dahsyatnya bila sebuah tulisan mampu merubah prilaku seseorang. Dari prilaku yang tidak baik berubah menjadi orang yang baik. Tentu hal ini tidak lepas dari hidayah dan kuasa Allah. Contohnya ada dan banyak.

Jika ada seseorang yang mengambil manfaat dari sebuah tulisan kita, maka artinya tulisan tersebut dapat menjadi ilmu yang bermanfaat. Dan selama tulisan tersebut, ada yang mengambil manfaatnya, maka tulisan tersebut dapat menjadi jariyah bagi penulisnya. Tidak terputus pahalanya meski penulisnya telah tiada.

Tiga hal di atas itulah yang menjadikan saya masih ingin terus menulis. Mengakhiri tulisan singkat ini, Sayyid Quthb pernah menulis, “Sebuah peluru hanya bisa menembus satu kepala, sedangkan sebuah buku (tulisan) dapat menembus ribuan, bahkan jutaan kepala.” Itulah dahsyatnya sebuah tulisan.

Ohya, alasan sederhana mengapa saya menulis di blog atau menjadi blogger, adalah karena media online lebih mudah dan lebih luas menjangkau semua orang. Sehingga pesan atau informasi mudah dan cepat tersampaikan. Selain alasan ini semuanya merupakan 'bonusnya' kebaikan dan kesungguhan yang kita lakukan.

Jika teman-teman punya alasan yang lebih mendalam, silakan tulis di kolom komentar ya? 

29 comments for "Mengapa Saya Menjadi Blogger, Ini Tiga Alasannya"

  1. Kalo saya tujuan menulis yaitu untuk menambah skill dan wawasan. Selain itu memang tujuan sy nulis untuk dapat penghasilan dari iklan dll. Sudah sy bava seluruuh artikel di atas. Jazakallah...semoga apa yg kita tulis bisa bermanfaat dan jadi amal sholeh.

    ReplyDelete
  2. masyaAllah mulia banget niatnya, insyaAllah rezeki mah ngikutin ya mas..aku jadi keinget ya segala sesuatu yang kita tulis di blog ini jg nanti dipertanggungjawabkan ya..smg kita senantiasa menuliskan kebaikan yaa

    ReplyDelete
  3. Wah, alasannya keren banget. Kalau aku jujur nyemplung ke dunia menulis sih saat itu karena tuntutan pekerjaan dan akhirnya baru memberanikan diri jadi blogger. Semoga bisa jadi blogger yang menginspirasi

    ReplyDelete
  4. Paling senang itu kalo tulisan kita dibaca oleh mereka yang benar-benar membutuhkan. Makin senang lagi kalo yg membaca meninggalkan jejak, mau itu like atau komentar. Hehehe. Semoga kita tetap konsisten ngeblognya ya mba.

    ReplyDelete
  5. Mulia sekali niatnya, semoga niatnya ini menjadi ladang pahala yang mengalir ya Mas. Kalo saya alasan ngeblog :
    1. Mengasah skill menulis (sudah pasti)
    2. Bisa upgrade ilmu lainnya (mulai dari ilmu SEO, bikin grafis, ilmu digital marketing dan belajar dasar HTML)
    3. Menambah teman dan wawasan
    4. Senang bisa berbagi manfaat lewat tulisan
    5. Bonus dapat uang, job, menang lomba dan bisa endorsement

    ReplyDelete
  6. Saya sambil belajar mba. Karena tidak ada latar belakang jurnalis. Dan juga berbagi cerita

    ReplyDelete
  7. kalau saya karena merasa lebih nyaman menyampaikan sesuatu lewat tulisan dibanding lewat lisan, jadi deh mulai nulis di blog

    ReplyDelete
  8. Sempat nyesel juga sih saya kenapa ga dari dulu saya menulis rutin ya. Ada saja alasan dibalik itu. Sekarang malah ingin menjadikan kegiatan menulis sebagai investasi

    ReplyDelete
  9. Alasan saya pribadi sbnarnya tidak lebih dalam. Kurang lebih hampir saya dengan kakak... Cuma, ada sedikit perbedaan. Saya menulis di blog juga sebagai me time dan apa ya istilahnya? Yang intinya untuk mengobati kecamuk di pikiran. Kalau sudah ditulis rasanya lega. Kadang saya tidak terlalu memprioritaskan manfaat tulisan, ketika tulisan itu memang benar-benar hasil dari kecemasan pikiran. Tapi semoga sih tetap bermanfaat buat pembaca....

    ReplyDelete
  10. Sama bangettt. Semoga dengan menjadi blogger bisa bekerja untuk keabadian, semoga bisa terus memberi inspirasi dengan tulisan-tulisan yang kaya dan bergizi. Semua bisa menikmati dengan gratis, dan menjadi ladang jariyah kelak. Aamiin

    ReplyDelete
  11. Semoga selalu menginspirasi ya mas. Dan semoga niat berbagi, amal sholih, dan juga jariyah menjadi penolong kelak di akhirat. Aamiin

    ReplyDelete
  12. Kalau saya dari dulu sampai sekarang alasannya hanya satu Bang, yaitu buat tempat curcol, wkwkkk, karena saya orangnya terbuka tapi pemalu mau curcol secara lisan ke orang lain.

    ReplyDelete
  13. Maasya allah semoga sehat selalu ya, kak. Biar bisa terus menulis untuk berbagi ilmu. Biar selalu bisa nambah amal jariyahnya.

    Buatku, ngeblog itu sebagai media pengingat, kak. Entah itu saat lupa akan sesuatu. Atau pengingat untuk nanti seperti apa aku di masa sekarang

    ReplyDelete
  14. 3 alasan yang sangat bagus. Memang sudah seharusnya kita membagikan ilmu agar bisa menjadi pahala tak terputus. itu juga alasan saya, selain sebagai warisan bagi keturunan saya dan mungkin orang lainnya.

    ReplyDelete
  15. Alasannya bener-bener mulia banget kak, semoga kita selalu bisa menebar kebaikan dan manfaat lewat tulisan ya kak.

    ReplyDelete
  16. Sempat menyesal kenapa ngga dari dulu saya menjadi seorang blogger, saat ini malah senang sekali menulis dan melihat para pengunjung menikmati hasil tulisan saya..
    Salam, andrian dari blogger jambi

    ReplyDelete
  17. bener nih, kalo tulisan kita bermanfaat tentu ada pahala juga yang kita raih ya. sekarang ini kita memang harus berlomba-lomba dalam kebaikan. supaya kita hidup gak sia-sia dan bisa berbagi manfaat. pandemi begini ladang amal banget menulis hal-hal yang bermanfaat.

    ReplyDelete
  18. Kalau saya menjadi blogger karena ingin mendokumentasikan kisah perjalanan traveling hehehe mayan kan jadi punya diary elektronik yang tak lekang oleh waktu

    ReplyDelete
  19. Setiap orang pasti memiliki keinginan dan niat tersendiri apapun itu yang penting kita menikmati apa yang kita lakukan seperti membuat blog untuk berbagi dan beramal. Di mana informasi yang dibutuhkan

    ReplyDelete
  20. Setuju mbak alasan ku jadi blogger juga karena media online lebih luas menjangkau pembaca sehingga informasi dari hasil buah pikiran dan tulisan kita juga dapat menjangkau masyarakat lebih luas yaa

    ReplyDelete
  21. Menulis adalah pekerjaan keabadian kak... demikian kata om pramoedya yg ku ingat..dan menjadi alasan untuk tetap bertahan menulis

    ReplyDelete
  22. Tiga alasan menjadi blogger ini sangat mulia yaa mba, meski awal-awal kalau saya kadang menulis hanya keperluan curhat saja dulu. Sekarang berubah jadi makin dewasa dan ingin berbagi kebaikan juga maka saya menulis di blog, insyaAlloh.

    ReplyDelete
  23. Awalnya ya biar dapat pahala gitu kak. Tabungan akhirat juga eh tapi makin kesini rezeki ternyata mengikuti ya, mau tak mau harus lebih giat 2 kali lipat kan jadinya.pahala dapat, rezeki juga iya

    ReplyDelete
  24. Wah niat yang sangat super sekali kak. Kebanyakan blogger malah niatnya mau cari cuan

    ReplyDelete
  25. Keren nih kak, semangat terus, semoga semangatnya nular ke yang lain,

    ReplyDelete
  26. Alhamdulillah harus diluruskan niat untuk jadi blogger ya kan mas. Kalau demi berbagi semoga mendapat pahala yang yang berlimpah. Aamiin

    ReplyDelete
  27. Alhamdulillah ya Kak, banyak kebaikan yang bisa dilakukan dengan menulis sebagai blogger ya. Semoga pahala terus mengalir hingga seterusnya.

    ReplyDelete
  28. Ya, terima kasih kak, atas kunjungannya. Mungkin terlalu muluk-muluk dan tinggi, semoga ini jadi harapan dan cita-cita

    ReplyDelete
  29. Keren, kak. Saya punya blog dr 2008 tapi jarang diisi, rutin diisi baru setahunan terakhir

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang positif. Salam blogger!

Berlangganan via Email