Widget HTML Atas

6 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Memilih Sekolah Terbaik


6 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Memilih Sekolah Terbaik. - Masa penerimaan siswa baru biasanya dilaksanakan pada bulan Juni atau Juli, namun beberapa sekolah yang dianggap favorit, khususnya sekolah swasta, sudah melaksanakan penerimaan siswa baru jauh sebelum bulan tersebut. Beberapa sekolah bahkan sudah tutup atau selesai penerimaan pada akhir semester satu. 

Fenomena tersebut akhirnya membuat sebagian orang tua juga harus ancang-ancang untuk mencarikan sekolah. Bahkan harus daftar indent untuk sekolah-sekolah favorit. Hal ini dilakukan karena masing-masing orang tua sudah yakin dengan sekolah pilihannya. 

Dalam memilih sekolah, masing-masing orang tua sudah pasti memiliki alasan. Seharusnya memang demikian. Orang tua harus mempunyai pertimbangan yang matang dalam memilih sekolah. Jangan sampai memilih sekolah karena gengsi dan ikut-ikutan. Orang tua harus memiliki alasan dan pertimbangan yang matang.

Nah, jika para ayah bunda masih belum yakin dalam memilih sekolah, berikut saya berikan enam tips bagi orang tua dalam memilih sekolah. Semoga tips berikut dapat membantu ayah bunda dalam menentukan sekolah terbaik untuk sang buah hati. 

Tips yang paling penting adalah mencari informasi sebanyak-banyak berkaitan dengan sekolah yang dituju. 

Bisa melalui brosur, testimoni orang tua, atau observasi langsung ke sekolah. Selanjutnya, pertimbangkan hal-hal berikut ini :

1.Kompetensi dan kesalehan guru


guru sekolah islam
source : freepik.com

Mempercayakan anak ke sekolah berarti mempercayakan pendidikan anak kepada para guru. Semua orang tua tidak ingin pendidikan anak diserahkan kepada orang yang tidak tepat. Salah-salah anak akan menjadi korban. Maka carilah sekolah yang didalamnya terdapat guru-guru  berkarakter baik. Guru-guru yang bisa menjadi teladan. 

Pilih sekolah yang serius memperhatikan kompetensi guru. Yakni guru-guru yang memiliki kepribadian yang baik, profesional, memiliki jiwa pendidik, sayang dan peduli kepada anak, dan memiliki kompetensi sosial yang baik. 

Jika orang tua ingin memberikan pondasi keimanan dan akhlak pada anak, maka yang lebih penting lagi adalah terdapat guru-guru yang saleh di sekolah tersebut. Tidak hanya saleh ketika di sekolah tetapi juga di luar sekolah. Hanya guru-guru yang saleh yang mampu membimbing dan mengantarkan anak-anak yang saleh.


2. Budaya Sekolah


source : pixabay.com

Anak-anak akan bertumbuh dan berkembang dengan baik ketika berada di lingkungan yang baik. Sebaliknya anak-anak yang memiliki potensi hebat akan sulit berkembang, akan “layu dan mati” ketika berada di lingkungan dan budaya yang kurang baik. 

So, carilah sekolah yang memiliki budaya yang baik. Sekolah yang menerapkan pembiasaan-pembiasan yang positif. Misalnya : pembiasaan antri makan, antri wudhu, merapikan sandal, shalat jama’ah, berkata baik (no bullying), tidak ada budaya menyontek, menjaga kebersihan, dan lain-lain. Karena anak yang berkarakter positif lahir dari pembiasaan-pembiasan yang positif (good habits culture).


3. Kurikulum dan proses belajar mengajar


peta dunia globe
source : pixabay.com

Untuk yang ketiga ini, orang tua harus lebih banyak mengamati dan berdiskusi dengan pihak sekolah. Apa fokus kurikulum yang diterapkan dan bagaimana proses pembelajarannya? Sehingga orang tua mengetahui, target apa yang akan dicapai setelah lulus dari sekolah. Anak memiliki kompetensi  atau kemampuan apa setelah lulus. 

Kemudian bagaimana proses pembelajaranya? Apakah sudah sesuai dengan tahapan tumbuh kembang anak atau tidak. Metode dan model apa yang digunakan dalam pembelajaran. Karena pembelajaran yang baik adalah dengan memberikan pengalaman belajar bagi anak (learning by doing)Cause, Experience is the best teacher.    

4. Sesuai dengan bakat dan minat anak


source : pixabay.com

Sekolah yang dipilih adalah sekolah yang memperhatikan potensi, bakat, dan minat anak. Setiap  anak memiliki kecenderungan dan potensi masing-masing. Sebagaimana teori Multiple Intelegence , ada delapan teori kecerdasan, yaitu logika matematika, bahasa, intrapersonal (memahami disi sendiri), interpersonal (memahami orang lain), kinestetik/jasmani, visual ruang, musikal, dan naturalis. 

Jika anak memiliki kecerdasan matematika sebaiknya terfasilitasi dengan baik potensinya. Maka pilihlah sekolah yang memfasilitasi potensi tersebut. Termasuk anak dengan kecerdasan-kecerdasan yang lain.

baca juga : SMP Swasta Terbaik di Tuban


5. Fasilitas Pendukung Pembelajaran


library school
source : pixabay.com

Dalam memilih sekolah yang perlu dipertimbangkan adalah kesiapan sarana dan prasarana serta fasilitas pendukung pembelajaran. 

Megahnya sarana dan prasarana serta terpenuhinya fasilitas memang bukan jaminan anak akan menjadi sukses.  

Namun demikian, dengan terpenuhinya fasilitas pendukung pembelajaran akan memungkinkan anak akan lebih sukses dan lebih hebat lebih cepat. 

Maka yang terpenting adalah seberapa bagus sekolah dalam memanfaatkan fasilitas yang ada untuk pembelajaran. Karena banyak sekolah-sekolah memiliki fasilitas serba mewah tetapi tidak bisa menggunakannya untuk pembelajaran dengan baik.

6. Biaya dan lokasi terjangkau



source : pixabay.com

Yang terakhir, biaya sekolah yang dituju sesuai bajet keuangan. Jangan tergoda oleh gengsi, pilihlah sekolah yang biayanya sesuai kemampuan. Jangan memaksakan diri, jika akhirnya justeru menjadi beban bagi sekolah. 

Namun demikian, jika orang tua memiliki tekad yang kuat demi suksesnya anak, tanggung jawab biaya pendidikan bukanlah persoalan. Insya Allah, akan dimudahkan rezeki orang tua demi anak yang sedang menimba ilmu. 

Selain itu, lokasi sekolah yang dituju terjangkau. Sehingga intensitas bertemu dengan anak lebih banyak. Dan kedekatan orang tua dengan anak tetap terjalin.

Demikian enam tips memilih sekolah yang terbaik untuk anak. Tentunya ayah bunda juga sudah memiliki tips dan pertimbangan sendiri-sendiri. Silakan ditambahkan, supaya lebih lengkap. Semoga bermanfaat !




Referensi : dari berbagai sumber

24 comments for "6 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Memilih Sekolah Terbaik "

  1. Sangat penting bagi orangtua untuk mensurvei sekolah-sekolah untuk putra dan putrinya agar tidak salah dalam memilih pendidikan.

    ReplyDelete
  2. Pilihan sekolah memang banyak. Pertimbangan juga banyak
    Bagi kalangan menengah ke bawah, pilihan condong ke yg murah dan dekat rumah hehe

    ReplyDelete
  3. Memang ketika menentukan sekolah untuk anak harus benar-benar diteliti. Supaya anak kita mendapatkan pendidikan yang terbaik. Memang kompetensi guru dan kesalehan juga harus jadi bahan pertimbangan. Sebab guru adalah teladan bagi siswanya.. .

    ReplyDelete
  4. setuju nih, ponakan aku aja juga udah mau sekolah tahun ini. banyak banget pertimbangan ketika mau daftar terutama sekolahnya. tapi tergantung juga dengan niat ortunya. kalau ponakan emang lebih keagamanya juga sih. jadi cari sekolah yang tahfidz.

    ReplyDelete
  5. Kami menyadari bahwa pendidikan adalah tanggung jawab emak dan bapak di rumah. Jadi kami cuma mendelegasikan sekolah sebagai pelengkap mas. Nah kebetulan dekat rumah, pas depan komplek ada sekolah baru buka. Kami masukkan aja anak kami ke sana. Karena saya lihat kurikulum nya gak memberatkan. Dan juga anak-anak nyaman di sana

    ReplyDelete
  6. Point sesuai dengan bakat dan minat anak sy setuju banget nih .krna biasanya kebanyakan ortu milih sekolah anak tapi berdasarkan keinginan ortu jadi anak nya kalau Tdk bisa mengikuti kan kasian ya..

    ReplyDelete
  7. Kebetulan banget aku tahun ini mau daftarin anak bujang sekolah baru. Kalau dia pertimbangannya sih jurusan, karena nggak mau sekolah SMA tapi minta SMK.

    ReplyDelete
  8. Bisa jadi pegangan buat aku nanti akalu nyariin anak sekolah. Btw aku juga kebetulan dulu guru, guru asrama tapi. Tapi emang bener sih budaya sekolah itu penting banget ditahu. Soalnya sangat berpengaruh buat anak

    ReplyDelete
  9. Survei sekolah baru itu PR orang tua bangetttt. Jangan sampai masukin anak sekolah cuma karena ikut-ikutan atau buat gegayaan. Anak gw sekolah di international school atau boarding school. Ya kan.

    ReplyDelete
  10. Di sini, semua kriteria di atas berarti bujet super mahal (untuk saya). Berlipat-lipat mengikuti bea sekolah di kota.
    Tidak ada opsi lainnya.
    Mungkin karena kota kecil.

    ReplyDelete
  11. Bagi saya artikel ini menjadi penting banget karena anak saya yang pertama akan mulai masuk SD tahun ini. Memilih sekolah pasti bukan soal mudah ya k, infonya sangat bermanfaat buat saya pada masa sekarang. Makasih

    ReplyDelete
  12. emang gak gampang ya kak milih sekolah buat anak, pengennya yang terbaik tapi yg sesuai sama kondisi kantong keluarga juga,,hihi

    ReplyDelete
  13. Mantap tipsnya. Sepakat kesalehan guru masuk dalam hal yg penting diperhatikan.

    ReplyDelete
  14. saya seorang guru. ketika guru menjadi satu pertimbangan utama, karena ditempatkan pada urutan teratas dalam tulisan ini, saya jadi tersanjung. sekaligus menjadi sebuah tanggungjawab. terima kasih, artikelnya keren

    ReplyDelete
  15. Bener banget, setuju dengan poin poin di atas. Untung saja sekolah saya sekarang memiliki beberapa poin penting seperti yang dituliskan. Saya dulu juga merasakan bagaimana rasanya sekolah di tempat yang kurang tepat... hmm cukup menderita wkwk

    ReplyDelete
  16. Memilih sekolah terbaik harus survei dulu juga tempatnya jauh atau tidak, selain itu minat dan bakat. Ya memang harus dipikirkan semuanya sie kalau mau memilih sekolah terbaik.

    ReplyDelete
  17. Memilih sekolah yang memiliki kebiasaan baik dan guru-guru yang bersemangat nasionalis agamis, merupakan tujuan aku dan istri saat memilihkan sekolah untuk anakku.

    ReplyDelete
  18. no satu itu concern kami mbak, memilih tempat sekolah karena gurunya. karena mau sebagus apa pun fasilitasnya, gurunya acak2an bubar jalan. dan itu yang baaanyaaaak dilupakan semua orang

    ReplyDelete
  19. Belakangan saya merasa semakin banyak orang tua yang memilihkan sekolah swasta sebagai tempat belajar anaknya ya Mas, sebagai contoh Sekolah Islam Terpadu (IT). Tapi sayangnya sebagian besar sekolah swasta mahal di biaya.

    ReplyDelete
  20. Kesan pertama saya waktu mencari sekolah anak, lihat penyambutan gurunya terhadap anak saat kami datang. Kalau menyapa anak itu bagus. Tapi kalo sibuk jualan sekolahnya saja, bye bye.

    ReplyDelete
  21. Ga mudah mencari sekolah buat anak saat ini ya. . . Kalau ada yang deket biaya terjangkau... fasilitasnya kurang. . . Ada yg ok fasilitasnya... harganya lagi mahal... hiks...

    ReplyDelete
  22. Memilih sekolah banyak pertimbangan juga ya. kita harus selektif memang. seperti saat ini saya mau masukkan anak ke sekolah dasar. puyeng milih sekolah yg bagus dan nyaman buat anak

    ReplyDelete
  23. Saya merasakan banget waktu mau memasukkan anak pertama ke sekolah dasar. Memang benar ya pemilihan pendidik yg berkarakter baik sangat berpengaruh untuk kemajuaan anak2 juga. Intinya sih antara guru dan ortu kerjasama

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang positif. Salam blogger!

Berlangganan via Email