Widget HTML Atas

Agar Ramadhan Kamu Berkualitas, 4 Tips Ini Bisa Diterapkan



Agar Ramadhan Kamu Berkualitas, 4 Tips Ini Bisa Diterapkan.- Assalamualaikum sobat blogger, tak terasa sebentar lagi kita akan kedatangan 'tamu agung' bernama Ramadhan. Bulan suci yang dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim se-dunia.

Karena yang akan datang adalah tamu agung, maka pastinya sobat semua sudah  mempersiapkan segalanya untuk menyambut kehadirannya.

'Menu wajib' Ramadhan adalah Puasa. Puasa merupakan 'hidangan wajib' yang harus ada di bulan Ramadhan. Sehingga puasa tersebut haruslah puasa yang terbaik dan berkualitas.

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW :

Betapa banyak orang berpuasa tapi tidak mendapat (pahala) apa-apa dari puasanya kecuali hanya lapar, dan betapa banyak orang yang sholat malam (tarawih) tapi tidak mendapatkan apa-apa selain begadang saja (H.R. An-Nasai)

Hadits di atas memberi peringatan kepada kita agar menjaga kualitas puasa atau menjaga kualitas amalan-amalan di bulan Ramadhan.

Nah, jika sobat tidak ingin termasuk orang-orang yang hanya akan mendapatkan lapar dan dahaga serta begadang saja maka sebaiknya sobat mengelola ibadah ramadhan dengan baik. Kita harus bisa me-menej diri dengan baik agar di akhir Ramadhan kita memperoleh derajat taqwa.

Berikut 4 tips singkat agar Ibadah Ramadhan sobat blogger dan kita semua berkualitas.


Pertama, Menyusun perencanaan yang matang.



Sobat blogger harus menyusun rencana dan target prestasi ibadah selama bulan ramadhan. Hal ini bisa kita lakukan selama dua bulan sebelum ramadhan yakni pada bulan rajab dan sya’ban. Hal yang dilakukan dalam perencanaan ini adalah menyiapkan diri secara fisik dan psikis, secara materi dan non materi.

Misalnya :
  • Menyiapkan perbekalan ilmu tentang puasa dan amalan-amalan di bulan ramadhan.
  • Menjaga kesehatan diri dan menjaga kebersihan lingkungan rumah.
  • Menyiapkan perbekalan makanan dan minuman secukupnya selama bulan ramadhan.
  • Berusaha menjaga puasa kita agar tidak bolong.
  • Berusaha menghindari hal-hal yang membatalkan dan mengurangi pahala puasa
  • Memiliki rencana dan target berapa kali mengkhatamkan Al Qur’an selama bulan ramadhan.
  • Berapa kali kita memberi ta’jil di masjid atau kepada dhuafa.
  • Berapa kali kita berinfaq dan bersedekah, dan lain sebagainya.

Kedua, Istikamah atau konsisten dalam beribadah


Setelah menyusun perencanaan dengan baik, saatnya sobat blogger melaksanakan amal ibadah di bulan ramadhan dengan sebaik-baiknya, dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT.

Sebagaimana sabda Rasulullah :

Barang siapa berpuasa di bulan ramadhan karena iman dan mengharap pahala Allah SWT maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.

Kemudian meniatkan segala aktifitas di bulan ramadhan hanya karena Allah SWT. Karena amal seseorang tergantung niatnya. Amal-amal di bulan Ramadhan antara lain puasa, tadarus Al Qur’an, shalat tarawih, memperbanyak dzikir, do’a dan istigfar, shodaqoh, infaq dan zakat, dan menyeimbangkan ibadah (kebutuhan diri, keluarga, dan sosial)

Ketiga, Menjaga kedisiplinan dalam melaksanakan kegiatan.



Poin penting yang ketiga ini adalah disiplin waktu. Meniti hari-hari selama ramadhan dengan perhitungan yang matang dan penuh kehati-hatian sehingga tidak ada waktu sedikitpun yang berlalu sia-sia.

Menetapkan amal prioritas dan mendelegasikan tugas kepada orang lain bila hal tersebut banyak menyita waktu-waktu ibadah. Waktu termenej dengan baik, tidak tercuri oleh hal-hal yang tidak berguna bahkan justeru menimbulkan dosa. Misalnya ‘ngobrol’ dengan teman-teman yang cenderung mendekati ghibah dan fitnah, berlama-lama bermain game, berinternet yang tidak jelas, dan sebagainya.

Keempat, melakukan evaluasi atau muhasabah



Agar bulan ramadhan ini tidak berlalu sia-sia, maka kita harus senantiasa mengevaluasi diri, bermuhasabah terhadap aktifitas yang sudah dilalui.

Apakah aktifitas selama seharian bernilai ibadah atau tidak? Rencana dan target tercapai atau tidak? Jika ada hal yang tidak sesuai rencana maka hari berikutnya harus diperbaiki atau ditingkatkan.

Jika amaliyah ramadhan kita tercapai dengan maksimal, maka tetap senantiasa bermuhasabah dan berhati-hati dengan hati kita, jangan sampai terbersit sifat riya’ dan sombong menyelimuti hati kita. Merasa amal dan ibadah kita lebih baik lalu dengan mudah kita menyepelekan dan meremehkan amal orang lain. Naudzubillah,

Semoga kita dijauhkan dari sifat-sifat yang demikian dan semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita di bulan Ramadhan. Amiin. Wallahu a’lam bisahawab.(JR2020)

30 comments for "Agar Ramadhan Kamu Berkualitas, 4 Tips Ini Bisa Diterapkan"

  1. Gak terasa ya sebentar lagi ramadhan
    Tapi mungkin tahun ini akan sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya
    Karena adanya wabah Covid-19

    Semoga lancar ibadahnya buat teman-teman semua yang menjalankan

    ReplyDelete
  2. Dari kutipan di awal paragraf begitu menohok bahwasanya jika puasa tidak dijalankan sungguh-sungguh, maka hanya lapar dan begadang saja tanpa ada pahala.

    ReplyDelete
  3. Waktu berjalan begitu cepat, bentar lagi Ramadhan akan menghampiri. Karena pandemi, ramadhan tahun ini pasti jauh berbeda dengan ramadhan sebelumnya. Semoga kita diberi kesehatan dan bisa menjalankan ibadah Ramadhan dengan tenang

    ReplyDelete
  4. Ramadhan berkualitas tahun ini bagi saya bisa upgrade ibadahnya. Minimal shalat 5 waktu sellau tepat waktu dan khatam Quran, insya Allah.

    ReplyDelete
  5. Makasih, tampaknya harus aku jalankan nih, biar fokus ibadah ramadhannya hehe

    ReplyDelete
  6. Ramadhan tahun ini, walaupun dalam kondisi yang mencekam, tetap harus lebih baik daripada ramadhan tahun kemarin.

    ReplyDelete
  7. Nggak terasa sebentar lagi puasa. Harus terus berusaha untuk mengamalkannya secara maksimal. Artikelnya menginatkan untuk menjaid lebih baik dari bulan kemaren. , terima kasih

    ReplyDelete
  8. Terkadang rencana sudah disusun dengan rapi, tetapi untuk menjaga kedisiplinan itu yang sulit. Semoga ramadan ini saya bisa lebih istiqomah dan disiplin terhadap rencana yang sudah saya buat. ..

    ReplyDelete
  9. Bakalan kangen tadarusan di masjid-masjid nih, apa lagi i'tikaf bakalan ditunda dulu dan bakalan hanya dirumah saja.

    ReplyDelete
  10. Puasa ini kita harus bersabar buat gak bukber di luar, cukup bukber sama keluarga di rumah aja. Semoga puasa kita diberikan kelancaran. Aamiin

    ReplyDelete
  11. 2 minggu lagi ya, udah mulai ramadahan. Kemarin ngobrol sama anak-anak, membahas persiapan menyambut bulan ramadhan. Semoga tahun ini ramadhan tetap berkesan, terutama buat anak-anak, walau ada pembatasan keluar rumah

    ReplyDelete
  12. jaangan samp ramadhan ini berlalu seperti hari2 biasa ya, ayo kita persiapkan dengan baik!!!

    ReplyDelete
  13. Terkadang untuk beribadah di Ramadhan terasa lebih ringan malahan mas .yang sulit itu adalah Istiqomah ketika ramadhan sudah berakhir.
    Kalau saya biasanya ramadhan punya target biar ibadah semakin nyaman

    ReplyDelete
  14. Ramadhan sudah di depan mata, jangan sampai lupa, di tengah situasi seperti ini semoga kita semua lebih mempersiapkan yang terbaik meski keadaannya tak sama seperti ramadhan di tahun kemarin

    ReplyDelete
  15. Kalau saya bikin jadwal pasti gak jalan sesuai jadwal..jadinya ya yang penting berusaha mdlakukan kebaikan disela sela kesibukan

    ReplyDelete
  16. Ramadhan kali ini berbeda dengan sebelum sebelumnya..tetap semangat ya kak menjalani ibadahnya

    ReplyDelete
  17. Jadi mesti dirancang resolusi Ramadhan gitu ya Mas. Pasalnya Ramadhan adalah bulan yang istimewa, jangan sampai kita melaluinya tanpa mendapatkan ampunan dan derajat taqwa dari-Nya

    ReplyDelete
  18. yes setuju banget, sudah seharusnya dari beberapa bulan yang lalu kita mempersiapkan diri lebih baik untuk bulan ramadan tahun ini. meskipun di tengah-tengah pandemi kita tetap semangat menjalani ramadan. aamiin

    ReplyDelete
  19. Semoga Ramadhan kali ini kita semua diberikan kesehatan dan kemudahan walaupun ditengah situasi yg TDK kondusif. Amin YRA

    ReplyDelete
  20. Saat ramadhan memang penting banget nih menjaga kesehatan psikis dan fisik. Belajar doa-doa juga perlu ya kan biar makin banyak amalannya. Duh,gak sabar bentar lagi sudah mau ramadhan tapi pasti berbeda dari sebelumnya nih.

    ReplyDelete
  21. Ya Allah kak , banyak banged dosaku sama Allah padahal Allah selalu memberikan segala keinginan , semoga masih bisa dipertemukan dengan bulan suci ramadhan dalam keadaan sehat dan lebih khusyu dalam beribadahnya. Maafkan segala salah khilafku ya kak. Semoga kita semua selalu sehat dan dirahmati Allah SWT

    ReplyDelete
  22. saatnya untuk me time dengan gusti Allah. gak ada yg sia sia termasuk Ramadhan nanti. yuk siapin diri

    ReplyDelete
  23. Tak terasa ya, sebentar lagi ramadhan. Walaupun kondisi ramadhan tahun ini berbeda dgn ramadhan sebelumnya. Semoga kita sehat selalu ya 😊

    ReplyDelete
  24. Terima kasih atas kunjungan dan komennya.., bagi umat muslim semoga dapat menjalankan ibadah Ramadhan dengan maksimal di tengah kondisi yang kurang ideal.

    ReplyDelete
  25. Betul mas, meskipun amaliyah ramadhan kita tercapai dengan maksimal, tapi kita harus senantiasa bermuhasabah. Jangan sampai rimbul pada hati kita sifat riya’ dan sombong

    ReplyDelete
  26. Ramadan kali ini akan menjadi Ramadan yang sangat berbeda bagi semua Muslim di dunia. Saya baru ada di tahap perencanaan aktivitas utk Ramadan terutama untuk ABG saya yang sudah mulai jenuh dengan aktivitas di rumah yang monoton

    ReplyDelete
  27. Perencanaan yang matang, perlu disusun dengan target yang realistis. Kadang, aku menemukan teman yang terlalu muluk nargetin buat ramadhan. Ya selesai sih, tetapi kurang dalam dalam memahaminya.

    ReplyDelete
  28. Bagiku yang terpenting ketika beribadah di bulan ramadhan itu konsisten sih, apapun yang ingin kita lakukan yang penting konsisten pasti hasilnya baik. Daripada kita ngegas pengen cepet khatam quran tapi ternyata khatam sebelum ramadhan kelar, eh pas udah khatam malah gak baca quran. Mending pelan-pelan, tapi selama ramadhan terus tadarus

    ReplyDelete
  29. Alhamdulillah gak berasa udah mendekati Ramadhan ya, bulan yg ditunggu2 semua umat muslim. Smg bisa jalani ibadah puasa dgn khusyu

    ReplyDelete
  30. Setiap kali Ramadhan, saya selalu merasa tidak maksimal. Tau-tau Ramadhan udah mau berakhir aja. Semoga kita masih bertemu Ramdhan tahun depan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang positif. Salam blogger!

Berlangganan via Email