Widget HTML Atas

6 Wisata Pantai Terpopuler di Tuban, Manakah yang Pernah Anda Kunjungi?


pantai sowan tuban

6 Wisata Pantai Terpopuler di Tuban, Manakah yang Pernah Anda Kunjungi?
- Sobat Traveller yang berbahagia, bersantai ke tempat wisata memang menjadi salah satu alternatif melepas penat dan jenuh dari kesibukan bekerja. Di akhir pekan, akhir bulan, atau hari libur adalah waktu yang tepat untuk bersantai di tempat-tempat wisata.

Destinasi wisata yang dipilih pun kadang bermacam-macam. Ada yang berwisata sampai ke luar negeri. Tetapi tidak sedikit pula yang merencanakan wisata cukup di dalam negeri atau cukup wisata lokal saja. Misalnya berkunjung ke pantai di Tuban. Tergantung isi dompet juga sob!

Nah, ngomong-ngomong tentang wisata dalam negeri, Kabupaten Tuban ternyata menyimpan banyak destinasi wisata yang menarik. Dari mulai wisata alam hingga wisata buatan. Semuanya keren dan menarik untuk dikunjungi.

Kali ini saya akan mengulas 6 Wisata Pantai Terpopuler di Tuban, wisata pantai di Tuban yang keren dan menarik yang wajib sobat kunjungi.

6 Wisata Pantai di Tuban yang harus Anda Kunjungi

1. Pantai Boom Tuban

Pantai Boom Tuban Jawa Timur
image : jejakruang.com

Pantai Boom Tuban merupakan pantai bersejarah. Dulu merupakan sebuah dermaga atau pelabuhan, tempat bersandarnya kapal-kapal pada masa Kerajaan Majapahit. Dermaga ini panjangnya sekitar 800 meter dari daratan. Di Pantai ini juga terdapat 2 sumur yang di bangun dengan bangunan berarsitektur Jawa yang uniknya mengeluarkan air tawar.

Nah, pantai ini sekarang sudah disulap menjadi Wisata Pantai yang cantik dan menarik. Karena bernilai sejarah, di dinding bangunan sumur ini ada prasasti yang menceritakan sejarah pantai Boom. Agar kita tidak lupa sejarah tentunya, sob!

Pantai Boom Tuban ini berada di Kelurahan Kutorejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban. Lebih tepatnya berada di utara Alon-alon Kota Tuban.

Bagi sobat traveller yang berkunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp6000 untuk orang dewasa dan Rp4000 untuk anak-anak. Untuk weekend dan hari libur, Rp8000 untuk dewasa dan Rp6000 untuk anak-anak.

Di tempat wisata ini, sobat bisa menikmati keindahan pantai, beristirahat di gazebo-gazebo. Sobat juga dapat berswafoto di spot-spot selfie, dan juga mencoba beberapa wahana permainan anak, seperti becak gowes, odong-odong, komedi putar, dan lain-lain. Tempat wisata ini juga sudah dilengkapi fasilitas toilet dan juga musholla.

baca : Snorkling di Pulau Gili Nanggu

2. Pantai Kelapa Panyuran

Pantai Kelapa Panyuran Jawa Timur
image : gotravelly.com

Sesuai dengan namanya, Pantai Kelapa Panyuran ini memiliki keunggulan berupa hamparan pasir pantai yang luas yang tepi pantainya berderet-deret pohon kelapa. Ibarat lukisan, pantai ini indah dan menarik, ada laut yang berwarna biru dan pantai dengan pasir putihnya, pohon kelapa yang daunnya melambai-lambai, dan beberapa perahu nelayan yang bersandar. Panorama yang indah dan menarik.

Lokasi Pantai Kelapa Panyuran ini berada di Desa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Tepatnya di Jalan Tuban-Gresik.

Bagi sobat traveller yang berkunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp5000. Tiket tersebut belum termasuk wahana permainan yang ada didalamnya.

Di tempat wisata ini, sobat bisa bermain pasir yang bersih dan luas, serta bisa menikmati fasilitas wisata lain yang menarik seperti kolam renang anak, area playground (berkuda, ATV, dan Flyingfox), area spot selfie (ayunan, dermaga, dan lain-lain)

Sobat traveller juga menikmati Es Kelapa Muda di kedai-kedai makanan da minuman sekitar pantai. Wisata ini juga sudah dilengkapi sarana bersih diri, kamar mandi dan toilet.

baca : Senja di pantai Losari Makassar

3. Pantai Sowan

Pantai Tuban Jawa Timur
image: Pantenesia.com

Berbeda dengan Pantai Kelapa Panyuran yang dipenuhi dengan pohon kelapa, Pantai Tuban yang satu ini hampir tidak ada pohon kelapa tetapi dipenuhi dengan pohon klampis, akasia, dan mahoni. Ditambah dengan batu-batu karang yang menjadi ciri khas tersendiri.

Pohon-pohon besar dan rindang menjadikan tempat ini nyaman untuk berteduh bersama keluarga. Sambil menikmati makanan dari rumah atau yang tersedia di kedai-kedai sekitar area wisata. Seperti rujak, dawet siwalan, es legen, dan menu yang lain.

Lokasi Pantai Sowan berada di Desa Bogorejo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban. Cukup mudah untuk datang ke pantai ini karena lokasinya persis di Jalur Nasional Surabaya – Semarang.

Untuk biaya masuk wisata Pantai Sowan, sobat traveller cukup menyiapkan uang Rp10.000,. Tiket tersebut sudah termasuk biaya parkir kendaraan.

Fasilitas yang ada di tempat wisata ini terbilang lengkap. Misalnya kalau sobat traveller dari luar kota, sobat traveller nggak usah bingung-bingung cari penginapan, karena di area wisata sudah tersedia homestay dan camping ground.

Selain itu, di sini juga sudah terdapat fasilitas seperti kamar mandi, mushola, gazebo-gazebo, area outbound, flying bike, area bermain anak, koleksi satwa, dan juga kedai-kedai makanan dan minuman. Lengkap kan sob!

baca : Segarnya Pemandian Sumber Air Silowo Tuban

4. Pantai Cemara

Pantai Cemara Tuban Jawa Timur
image: eastjava.com

Wisata ini tergolong baru. Wisata yang awalnya adalah program penganggulangan abrasi pantai dengan penanaman pohon cemara sepanjang pantura. Ternyata program tersebut berhasil dan menjadi kawasan konservasi pantai.

Tidak hanya menjadi kawasan konservasi, pantai tersebut berubah menjadi pantai yang indah. sehingga mengundang masyarakat untuk menikmati pantai sambil berteduh di bawah pohon-pohon cemara.

Hingga akhirnya masyarakat menyebutnya dengan Pantai Cemara. Kawasan pantai yang penuh dengan pohon cemara. Sebagian pengunjung juga menyebutnya dengan Pantai Kute (kulone terminal/baratnya terminal). Karena lokasinya di sebelah barat Terminal Wisata Kambang Putih Tuban.  

Lokasi wisata ini berada di Desa Sugihwaras dan Desa Jenu, Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban. Persisnya berada di Jalur Nasional, jalan Surabaya – Semarang.

Untuk bisa menikmati Wisata Pantai Cemara, sobat traveller cukup membayar biaya parkir saja. Biaya parkirnya sekitar Rp3000-10.000, tergantung jenis kendaraanya.

Wisata ini belum banyak sentuhan kreatif pengelolanya. Sehingga terkesan masih sangat alami. Namun, jangan khawatir sob, tempat wisata ini sudah menyediakan fasilitas utama pengunjung. Misalnya, kamar mandi/toilet dan juga kedai-kedai makanan dan minuman.

5. Pantai Pasir Putih Remen

Pantai di Tuban Jawa Timur
image: pantainesia.com

Masih dengan wisata pantai. Berikut ini adalah pantai yang memiliki butiran pasir berwarna putih. Yang terhampar luas di utara Desa Remen namanya Pantai Pasir Putih Remen. Dipinggir pantai berderet pohon cemara. Di tengah hamparan pasir terdapat cekungan yang berisi air. Seperti oase di gurun pasir.

Biasanya di cekungan air ini, pengunjung anak-anak berenang dan bermain air. Sebagian pengunjung bermain pasir, seperti membuat istana pasir atau yang lainnya.

Pantai Pasir Putih merupakan pantai yang lagi hits, yang terletak di Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

Untuk bisa menikmati wisata pantai ini, sobat traveller cukup membayar parkir saja. Biaya parkirnya sekitar Rp3000-10.000, tergantung jenis kendaraanya.

Untuk melepas dahaga karena terik matahari, sobat traveller bisa berteduh di kedai-kedai sekitar pantai sambil menikmati rujak khas Tuban dan es kelapa muda. Mantap gaes !

6. Wisata Pantai Mangrove

Pantai Tuban Jawa Timur

Pantai Mangrove merupakan wisata pantai sekaligus bumi perkemahan. Cemara-cemara yang sudah besar menjadi peneduh. Kerindangan dan keteduhannya menjadikan Pantai Tuban ini sangat nyaman untuk bersantai dan berkemah.

Lokasi Pantai Mangrove berada di Jalan Surabaya – Semarang. Tepatnya di Desa Jenu, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

Untuk bisa menikmati rindangnya pantai cemara di wisata mangrove ini, sobat traveller cukup membayar biaya parkir saja. Biaya parkir sekitar Rp3000-10.000, tergantung kendaraanya.

Namun kalo sobat ingin melakukan kegiatan di area wisata ini, seperti camping atau gathering, sobat traveller bisa langsung menghubungi pengelolanya.

Fasilitas di Wisata Mangrove cukup lengkap dan representative. Baik untuk kegiatan dengan skala kecil maupun besar. Fasilitas Toilet/Kamar mandi dengan jumlah cukup banyak, jaringan listrik, homestay, guest house, Panggung, pendopo, musholla, camping ground, area pembibitan tanaman, parkir luas, gazebo, koleksi satwa, dan kedai-kedai makanan dan minuman, serta pusat oleh-oleh. Pokoknya asyik gaes!

Oke, sobat traveller, semoga informasi ini bermanfaat. Saran dan masukan pembaca silakan tulis di kolom komentar. Salam travelling!

27 comments for "6 Wisata Pantai Terpopuler di Tuban, Manakah yang Pernah Anda Kunjungi?"

  1. Belum pernah ke Tubah, hehe
    Tapi kalau wisata pantai di Indonesia itu memang memukau-memukai karena Indonesia merupakan negara kepulauan. Bangga deh sama Indonesia

    ReplyDelete
  2. Waaaahhh pantainya, padahal tuban deket dari semarang ya, tapi belum pernah sama sekali kesana.. Cuma pernah tau kemaren anak-anak UNESA pelantikan UKM mreka di salah satu pantai tuban itu

    ReplyDelete
  3. MasyaAllah cantiknya πŸ‘☺. Mohon maaf kakak, saya belum pernah ke tuban. Semoga suatu saat saya bisa berkunjung ke pantai-pantai yang indah ini ☺

    ReplyDelete
  4. Pantainya banyaaaaaak. Jadi ingat Bali. Hehehe. Menarik-menarik ya mas Tuban. Mumpung udah pindah ke Surabaya, kayaknya someday harus traveling ke sini nih bareng suami anak.

    ReplyDelete
  5. Belum pernah ke Tuban.hiihi. Padahal saudara ada di sana. Kemarin sih katanya pas lebaran orang2 rumah pada mampir ke Pantai Boom, yang lain baru tahu dari baca blog ini😍

    ReplyDelete
  6. Biaya masuknya murah, ya. Terjangkau banget dan sesuai buat traveler yang budgetnya terbatas. Aku penasaran sama pantai boomnya. Kira-kira sumurnya masih ada apa ngga ya

    ReplyDelete
  7. Hampir merata ya di negara kita wisata pantai menjadi salah satu daya tarik. . . Tapi untuk yang tuban belum pernah kesana...dari gambar yang ditampilkan bagus2.. jadi pengen liburan...etapi ga boleh kemana mana dulu ya

    ReplyDelete
  8. Aku belum pernah satu pun mas. Tapi asyik banget ya wisata di pantai sekitaran Tuban .harganya ramah di kantong. Tinggal bawa bekal dari rumah, bentang tikar di bawah pohon Cemara.. mhhhh enaknya

    ReplyDelete
  9. Lihat pantai gini jadi kangen pantai. Belum pernah ke sana. Tapi terakhir ke pantai di Surabaya. Lagi surut sih waktu itu hehe

    ReplyDelete
  10. Saya paling ingin ke pantai mangrove dan pantai Turban. Semoga ada rejeki ke sana. Aamiin

    ReplyDelete
  11. kebetulan aku belum pernah nih main-main ke Tuban kak, kalo pengen malah mau kesemuanya ini, apalagi saat pandemi covid-19 berakhir

    ReplyDelete
  12. Saya suka Pantai dan saya jatuh cinta lihat foto pantai Sowan. Semoga kelak saya bisa main2 ke Tuban.

    ReplyDelete
  13. baru tau Tuban pnya pantai begitu bnyk. Itu pantai2 nya masih bersih sptinya ya kak. wah hrs kesana nih.. semoga cepat berakhir deh corona ini

    ReplyDelete
  14. Aku pernah ke pantai boom sama pantai remen... Udah aku tulis di artikel juga.. Hehe

    Aku suka pantai remen... Pasirnya putih.. Ada danau ditengahnya..byk pohon cemaraaa

    .. Cuman emang panas bgt pantai Utara itu ya kaaaakkkk

    ReplyDelete
  15. belum pernah semua masss...saya suka banget liat pantai remen, cantik banget. semoga bisa lihat dengan mata ini langsung ya Allah

    ReplyDelete
  16. belum pernah satu pun. huhuhu.. tapi pengen ke mangrove. kayak teduh gitu lihatnya. semoga suatu saat bisa ke sana. Aamiin

    ReplyDelete
  17. Aku belum ke semuanya kak.. Kalau disuruh milih, aku pengen ke yang pantai Mangrove itu... suka aja lihatnya.

    ReplyDelete
  18. Waw bnyak pantai keren ya di Tuban. Dulu sering lewat2 doang pas mau ke Jateng dr Jatim. Next deh kalau lewat lagi insha allah mampir. Belum ada yg aku kunjungi dr pantai yg ada dilist, hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jalur pantura, jalur surabaya-semarang, pasti melewati pantai2 ini

      Delete
  19. belum ada satupun pantai di list tersebut yang pernah saya kunjungi. itu tandanya harus traveling lagi dan ke pantai lagi dan snorkeling lagi, haha. duh nunggu pandemi segera hilang biar segera traveling lagi. kangen banget sama pantaaai.

    ReplyDelete
  20. Duh Belum pernah ke Tuban tapi masuk wishlistku hehe bisa di coba deh ntar. jiwa pantai ku meronta-ronta sudh lama gk ngepantai.. Sejak lulus kuliah

    ReplyDelete
  21. Mas, nama2 pantainya kok unik2 ya. Ada Pantai Sowan... jd inget pas mondok dulu sowan dulu ke pak yayinya hehe... smoga aja saya dan keluarga bs nyampe ke Pantai2 ini ya Mas. aamiin

    ReplyDelete
  22. Cantik-cantik ya pantainya, tapi memang sepi gitu ya? Atau rame saat tertentu aja?

    ReplyDelete
  23. Belum pernah ke Tuban jadi belum pernah juga mampir ke pantainya. Kalo diberi kesempatan kesana, saya pengin melihat Pantai Sowan. Ya unik aja, kalo pantai ditumbuhi pohon yang bukan bakau dan kelapa.

    ReplyDelete
  24. semua pantai belum saya kunjungi apalagi daerah Tuban sana.. namun saya baca satu per satu pantainya memiliki sejarah dan cerita yang unik apalagi pemandangannya sangat keren

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang positif. Salam blogger!

Berlangganan via Email