Widget HTML Atas

Komunitas Pertanian SariAgri, Komunitasnya Petani Muda Sukses

komunitas pertanian sariagri
komunitas pertanian sariagri

Komunitas Pertanian Sariagri, Komunitasnya Petani Muda Sukses. Profesi Petani diakui atau tidak adalah profesi yang kurang diminati oleh masyarakat sekarang ini, khususnya kaum muda. Mereka lebih suka berprofesi selain sebagai petani. Padahal banyak orang tua dari mereka berprofesi sebagai petani. Orang tua mereka pun memiliki lahan yang subur dan luas. Tapi mereka lebih suka pergi ke kota-kota besar dan meninggalkan ladang dan sawah mereka dalam kondisi tandus dan tidak terurus. Ini sungguh disayangkan.

Kalau kita tanya tentang cita-cita kepada generasi sekarang, jawaban apa yang kita dapatkan? Mereka lebih suka bercita-cita sebagai dokter, pilot, guru, pengusaha, youtuber, content creator, blogger, selebgram dan lain-lain. Tidak ada yang bercita-cita menjadi petani. Kalaulah ada, mungkin sedikit sekali. Bahkan mungkin tidak ‘kepikiran’untuk bercita-cita menjadi petani. Lagi-lagi, ini menjadi ancaman bagi Indonesia kedepan akan kebutuhan regenerasi petani. 

Sumber daya alam Indonesia yang subur akan ‘nganggur’ karena tidak ada tenaga-tenaga ahli yang mengolahnya. Dan sangat mungkin, lahan-lahan pertanian di Indonesia akan diolah oleh tenaga-tenaga ahli dari luar. Atau bisa jadi komoditas pertanian akan banyak diimpor dari luar negeri. Sungguh Ironis.

Pertanyaanya kemudian, siapakah ke depan yang akan menjadi penyedia pangan di negeri yang potensi sumber pangannya melimpah?

Indonesia butuh regenerasi petani muda

Kekhawatiran di atas bukan tanpa data. Bahwa ternyata jumlah petani dari kalangan muda memang sangat rendah. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah petani per 2019 mencapai 33,4 juta orang. Adapun dari jumlah tersebut, petani muda di Indonesia yang berusia 20-39 tahun hanya 8% atau setara dengan 2,7 juta orang. Kemudian, sekitar 30,4 juta orang atau 91% berusia di atas 40 tahun, dengan mayoritas usia mendekati 50-60 tahun. Kondisi ini kian diperparah dengan penurunan jumlah regenerasi petani muda. Dalam data yang sama, dari periode 2017 ke 2018, penurunan jumlah petani muda mencapai 415.789 orang.

Dari data di atas perlu ada perhatian dari pemangku kebijakan dan juga kesadaran dari generasi muda itu sendiri. Generasi muda atau petani muda harus mendapatkan edukasi yang positif terhadap dunia pertanian. Pemerintah juga harus banyak memberikan perhatian di sektor pertanian. Pemerintah harus mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh petani dan memberikan solusi. Sehingga anggapan bahwa kehidupan petani dan pertanian masih memprihatinkan ini tidak benar-benar terjadi.

platform komunitas sariagri
Media Online Komunitas Pertanian Sariagri

Komunitas Pertanian Sariagri adalah solusi

Dalam rangka membangkitkan sektor pertanian maka perlu adanya pemahaman yang baik terhadap dunia pertanian. Bagaimana sektor pertanian dapat berperan besar dalam menyelamatkan perekonomian nasional di dalam berbagai situasi. Hal ini ditunjukan dengan gerakan untuk mengangkat derajat para petani dengan berkorporasi dan berkoperasi. Para petani harus berhimpun dalam sebuah kerja sama ekonomi sehingga bisa menjadi kekuatan yang kompetitif dan bankable. 

Adanya komunitas ini merupakan salah satu solusi mengatasi persoalan yang dihadapi bangsa terhadap kebutuhan regenerasi petani muda. Sekaligus solusi terhadap ketahanan dan ketersediaan pangan di negeri yang sumber daya alamnya subur dan melimpah.

Kesadaran bertani inilah yang menginpirasi lahirnya sebuah media khusus pertanian yang bernama Sariagri.id. Media yang diharapkan dapat menjadi jembatan dan penghubung antar pemangku kepentingan di sektor pertanian. Pemerintah yang ingin tahu tentang petaninya, petani yang ingin tahu tentang kebijakan dan perhatian pemerintahnya. 

Apa itu Komunitas Pertanian Sariagri ?

Sariagri.id merupakan media online yang khusus membahas segala hal tentang pertanian. Media yang menjadi jembatan dan penghubung antara pemangku kepentingan di sector pertanian.

Sariagri.id ini merupakan media terlengkap dan akurat di bidang pertanian, peternakan, perikanan, dan juga perkebunan. Dengan mengakses website ini anda akan mendapatkan beragam informasi, mulai dari artikel berita, video, infografis, visual stories, dan masih banyak program menarik lainnya.

Manfaat bergabung di Komunitas Pertanian Sariagri

Jika anda termasuk peminat tanaman hias, ikan hias, pecinta kucing, pecinta burung, reptile, petani buah, dan lain sebagainya anda dapat bergabung di Komunitas Pertanian Sariagri sesuai minat anda. Di sana anda dapat membangun jejaring dengan sesama petani yang lain sesuai bidangnya. Anda dapat saling bertukar informasi dan pengalaman. 

Dengan banyaknya jejaring di bidang pertanian, harapannya akan menumbuhkan semangat para petani dalam membangun ekonomi di sektor pertanian. Informasi akan mudah didapatkan dari hulu sampai ke hilir. Sehingga sektor pertanian akan terus tumbuh dan berkembang.

gagasan sariagri
Berbagi Gagasan di Komunitas Pertanian Sariagri

Berbagi Gagasan dan Dapatkan Cuan

Nah, bagi anda yang sudah malang melintang dalam dunia pertanian, memiliki banyak pengalaman,  anda dapat berbagi manfaat dengan menjadi bagian dari komunitas pertanian sariagri. yaitu dengan berbagi tulisan atau video. 

Jika tulisan atau video anda memiliki jumlah pengunjung yang banyak, berarti anda sudah berkontribusi terhadap kemajuan pertanian. Selain itu anda juga akan mendapatkan penghasilan tambahan dari Sariagri. Menarik bukan?

Bagaimana caranya? bagi anda yang punya ide mengenai dunia pertanian, berkebun, beternak, serta perikanan, anda dapat menuangkan ide anda melalui tulisan atau video dengan mengklik registrasi di kanal Gagasan.

Dengan beberapa ketentuan di bawah ini:

1. Kanal GAGASAN Sariagri.id diperuntukan bagi para paktisi, dunia kampus, pemerintahan dan masyarakat umum untuk menyampaikan gagasan tentang dunia pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, UMKM, agrowisata dan energi terbarukan.

2. Isilah formulir registrasi sesuai latar belakang dan data pribadi anda sebagai penulis atau pengunggah video/ foto Gagasan.

3. Gagasan berisi artikel tulisan (dilengkapi foto, grafis dan video) yang sesuai dengan topik yang ditentukan.

4. Tulisan/foto/ video yang diunggah tidak menyinggung SARA, tidak Plagiarisme, tidak ada unsur kampanye dan komersial.

5. Artikel tulisan minimal berjumlah 400 karakter.

6. Setiap akhir bulan, artikel dengan jumlah pembaca terbanyak akan mendapatkan hadiah uang sebesar 10 juta rupiah. Perhitungan jumlah pembaca ditutup di akhir bulan pada jam 24.00 WIB.

7. Redaksi Sariagri.id berhak tidak menaikan atau menurunkan artikel jika tidak sesuai dengan ketentuan-ketentuan di atas.

8. Pemenang Gagasan berdasarkan jumlah view terbanyak.

9. Pemenang Lomba Gagasan dibatasi hingga 2 (Dua) Kali. Pemenang diambil di urutan selanjutnya yang belum pernah menang atau menang tidak lebih Dua kali

Kesimpulan

Indonesia butuh regenerasi petani muda. Di sisi lain generasi muda lebih banyak terjun di sektor perindustrian, termasuk industri kreatif. Akibatnya jumlah petani muda menurun. Hal ini menjadi ancaman bagi bangsa Indonesia terhadap ketersediaan pangan secara mandiri.

Adanya Komunitas Pertanian Sariagri ini merupakan salah satu solusi mengatasi persoalan di atas. Yaitu sebuah upaya membangun kesadaran dan membangkitkan dunia pertanian saat ini. Menanamkan kepada generasi milineal bahwa petani saat ini tidak harus kotor dan ada peluang bisa kaya. 

So, petani muda harus bergabung bersama komunitas pertanian sariagri, biar semakin sukses!


Referensi : 

https://sariagri.id/

https://kedaulatanpangan.org/

https://psp.pertanian.go.id/


7 comments for "Komunitas Pertanian SariAgri, Komunitasnya Petani Muda Sukses"

  1. Bergaabung sebagai komunitas sektor pertanian berbasis online seperti pertanian akan membantu generasi peduli akan pertanian.

    ReplyDelete
  2. Emang benar, ya, Mba. Udah saatnya regenerasi petani dilakukan. Dengan adanya Sariagri.id semoga makin banyak kalangan yang teredukasi hingga pada akhirnya ketersediaan pangan secara mandiri bukan sekadar impian lagi.

    ReplyDelete
  3. Bagus nih ada komunitas sariagri, jadi para petani juga bisa menyampaikan gagasan ataupun inovasi dalam bidang pertanian yang sudah mereka praktikkan di lahan milik mereka

    ReplyDelete
  4. Para anak muda kadang lebih suka kerja di kantor yang adem dengan AC daripada harus menjadi petani. Yah. Urusan prestige sih akhirnya...

    ReplyDelete
  5. Setuju banget, Indonesia butuh regenerasi di sektor pertanian. Bagus lagi kalau pertanian maju, kita engga perlu import...

    ReplyDelete
  6. sebagai lulusan pertanian aku menyadari banget kalau minat anak muda dan masyarakat terhadap sektor pertanian emang kurang. lebih seru ke bidang lain, padahal sektor pertanian penting banget. udah lama nih aku nyari komunitas pertanian, aku bisa ikutan dong ya di komunitasnya Sariagri.id meski hanya orang awam, auto daftar dong

    ReplyDelete
  7. Keren bangett, aku juga baru tahu nih ada komunitas pertanian ini. Suka saama visi misinya juga

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang positif. Mohon tidak meletakkan link hidup. Salam blogger!