Widget HTML Atas

Rekreasi Sejarah di Hotel Majapahit Surabaya



Rekreasi Sejarah di Hotel Majapahit Surabaya.- Surabaya adalah kota sejarah. Sejarah tentang kepahlawan arek-arek Surabaya. Tidak salah jika Surabaya juga disebut sebagai kota pahlawan. Bukti-bukti sejarah masih ada. Menjadi saksi heroik pemuda Surabaya dalam memperjuangkan kemerdekaan. Salah satu situs sejarah sekaligus situs budaya tersebut adalah keberadaan hotel Majapahit Surabaya.

accorshotel.com

Jika sobat sering ke Surabaya, pasti pernah melewati hotel ini. Hotel ini berada di Jalan Tunjungan Surabaya. Hotel bergaya kolonial ini termasuk kategori hotel bintang lima dan memiliki sejarah penting. Bagi 'generasi kolonial' tentu paham tentang keberadaan hotel ini. Tapi belum tentu bagi generasi milinieal saat ini.

accorshotel.com
Gaya arsitektur hotel ini, baik eksterior maupun interior memang sangat kuat dengan sentuhan gaya Belanda. Bukan sekedar bangunan yang meniru gaya Belanda tetapi memang ada akar sejarahnya. Di hotel yang berdiri satu abad lebih (Tepatnya dibangun sejak tahun 1910) inilah terjadi peristiwa sejarah perobekan bendera oleh arek-arek Surabaya. Saat itu nama hotelnya Hotel Yamato.

lobby hotel-jejakruang.com

Peristiwa sejarah di hotel ini terjadi pada tanggal 19 September 1945. Peristiwa itu bermula ketika sekelompok orang Belanda yang dipimpin Mr. Ploegman mengibarkan bendera Merah Putih Biru di puncak sebelah kanan hotel. Pada pagi hari para pemuda Surabaya melihat bendera itu berkibar. Sontak membuat darah juang pemuda Surabaya bergemuruh. Merasa belanda tidak menghargai kemerdekaan yang sudah diproklamirkan. Lalu para pemuda mendatangi hotel dan melakukan protes agar bendera Belanda itu diturunkan. Namun perundingan berakhir buntu. Terjadilah peperangan di lobi hotel. Hingga akhirnya sebagian para pemuda berhasil naik ke atas hotel dan melakukan perobekan bendera warna biru pada bendera Belanda. Bendera itu menjadi merah putih yaitu bendera Republik Indonesia. Insiden bendera itu juga mengakibatkan terbunuhnya Mr. Ploegman dan gugurnya seorang pejuang Surabaya bernama Sidik. Peristiwa ini juga termasuk yang memicu munculnya peristiwa 10 November 1945, yang kemudian hingga kini diperingati sebagai Hari Pahlawan.



baca juga : Keunikan Menginap di Hotel Kapsul Surabaya

Nah, demikian sekilas peristiwa sejarah di Hotel Yamato, yang kini berubah nama menjadi Hotel Majapahit. Kalau dilihat lebih dalam Hotel Majapahit Surabaya merupakan hotel yang menampilkan arsitektur klasik dan taman berpenataan cantik. Ideal bagi pelancong bisnis dan rekreasi, dengan akses mudah ke kawasan bisnis dan berbagai mal terbesar serta pusat konferensi. Hotel ini menyediakan 143 kamar, 2 restoran, lounge lobi dan bar, 8 ruang pertemuan, satu ballroom, kolam renang, Jacuzzi, pusat kebugaran, dan spa


Hotel Yamato

Hotel ini memang mewah dan nyaman. Nuansa tradisional dan antiknya membawa kita seperti berada pada tahun 1945. Pengunjung hotel ini serasa dibawa kembali ke masa 74 tahun silam. Setidaknya kita dapat merasakan aura perjuangan arek-arek Surabaya saat itu. Semoga kita dapat mewarisi semangat juang arek-arek Surabaya.

sumber foto : dok. pribadi dan dari accorshotel.com

21 comments for "Rekreasi Sejarah di Hotel Majapahit Surabaya"

  1. Saya sering banget nih lewat jalanan sekitar hotel majapahit. Tempatnya memang bagus sekali, desainnya sangat futuristik akan tetapi dominan nuansa tradisionalnya. Jadi berasa kayak nostalgia zaman dulu

    ReplyDelete
  2. Yaampun menarik sekali, gaya arsitekturnya mirip" sama lawang sewu Semarang mas. Desain interiornya dan kamarnya bikin saya takjub. Keren sih, jadi pengen nginep di sini

    ReplyDelete
  3. Wahhh sesuatu yang berkaitan dengan sejarah selalu menggelitik saya untuk merasakan suasananya. Semoga suatu hari nanti dapat menginap di sna😊

    ReplyDelete
  4. Pernah denger hotel ini tapi belum pernah lihat. Deskripsi dan foto yang disajikan dalam artikel ini bikin saya pengin kesana. Klasik banget kayaknya yahh. Kantonginn dulu untuk liburan besok besok setelah kondisi aman.

    ReplyDelete
  5. Hotel Majapahit aku baru dengar eh tapi Hotel Yamato kok berasa pernah dengar. Mungkin dulu ya saat pelajaran sejarah. Dihitung-hitung, usia hotel ini udah tua banget. Bangunan peninggalan Belanda memang dikenal kokoh dan tahan lama, sih. Makanya, jarang sekali terdapat kerusakan. Kalaupun ada, minor aja dan bisa direnovasi.

    Hotelnya memang terlihat klasik banget. Kok jadi membayangkan berfoto di sana pakai outfit klasik gitu ya? Hihihi ...

    ReplyDelete
  6. Ke hotel biasanya buat liburan. Kalo ini sekaligus rekreasi sejarah yaa.. mantapp

    ReplyDelete
  7. Hotel Majapahit, baru tahu nih. Ada kisah sejarah di balik hotel ini ternyata. Desain hotel dan nuansanya bikin penasaran.
    Semoga suatu saat bisa singgah dan mencoba menikmati panorama indah di hotel ini. Aamiin.

    ReplyDelete
  8. Hotelnya kira-kira angker enggak, ya? Hehehe. Bangunan Belanda itu punya ciri khas banget, jadilah bangunannya mirip-mirip. Yang gambar dari halaman, sekilas enggak kayak hotel malah, kayak sekolah.

    ReplyDelete
  9. Hotel bergaya antik. Peninggalan yg mesti dilestarikan ini mas. Serasa berada di jaman dulu.

    ReplyDelete
  10. Hotel yang nuansanya klasik, Belanda banget. Ada cerita sejarah juga didalamnya, liburan sekalian wisata sejarah. Pasti seru berkunjung ke sana.

    ReplyDelete
  11. Saya pernah nih saking udah bosannya karantina #dirumah aja, suatu malam minta suami jalan-jalan di mobil aja keliling kota. Kami baru 3 bulan di Surabaya, tapi belum pernah jalan-jalan karena begitu sampai sini langsung isolasi mandiri. Saya lewat ini kawasannya, mirip banget yaaa sama Braga di Bandung. Hihihi. Kesannya antik, klasik, hotelnya apalagi. Tapi apa benar mas katanya ini hotelnya sedikit kental aroma mistisnya? Hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya pengen membuktikan juga, tapi belum dapat jawabannya.

      Delete
  12. Hotel yang menampilkan arsitektur klasik seperti ini cukup jarang kan ya. Lebih banyak yang konsep modern gitu. Kayaknya seru staycation di sini

    ReplyDelete
  13. Harusnya saya tahun ini ke Surabaya loh huhu
    Blm rizki, moga bisa kesana nantinya πŸ’–πŸ™

    ReplyDelete
  14. Pernah nginep.di hotel Majapahit tapi cuma semalem dan.langsung check.out paginya.krna ngejar pesawat...next timw hrs extend lebih lama nih..Hotelnya bagus dan.besar khas bangunan Belanda..etapi konon ada misterinya gitu ya? untung pas nginep ga ada apa2 hehe

    ReplyDelete
  15. Sudah pernah dengar sih tentang hotel Majapahit Surabaya ini, tapi belum pernah kesana.

    Kesan arsitektur bangunan masa kolonialis itu kental bgt dengan aroma mistik, tapi hal mistik itu tersisihkan karena keindahan bangunannya

    ReplyDelete
  16. Waah jadi pengin main kesana gan. Apalagi mendengar kata 'majapahit' jadi menambah rasa keinginanku.

    ReplyDelete
  17. wah baru tahu ada hotel majapahit. jadi lebih seru nih ya. menginap sekalian bisa tahu sejarah, kalau anak-anak sekolah kesini pasti lgs nangkep semua sejarahnya deh hehe. makasih sharingnya.

    ReplyDelete
  18. Saya ga terlalu sering ke lewat surabaya pusat jadi ga sering lewat hotel majapahit. Tapi emang sekilas bagus ya hotelnya. bangunannya lawas juga

    ReplyDelete
  19. Semoga bisa jalan ke Surabaya suatu hari nanti, dan soan ke Hotel Majapahit.

    ReplyDelete
  20. Arsitektur klasiknya masih dipertahankan ya Mas. Tapi saya penasaran apakah semuanya masih original, pasalnya usia hotel sudah se abad lebih, kayaknya memang ada interior baru yang dibuat dengan gaya klasik ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang positif. Salam blogger!

Berlangganan via Email