Widget HTML Atas

15 Tips Menjaga Kelestarian Air

pelestarian air

15 Tips Menjaga Kelestarian Air. Bagi anda yang di rumah menggunakan air dari perusahan air minum, pasti pernah mengalami yang namanya air macet atau tidak keluar. Apalagi jika tidak mengalirnya lama, pasti kita kebingungan. Air yang tersisa pasti akan digunakan dengan sangat hemat dan untuk yang sangat penting.

Bersyukur atas Nikmat Air

Ya, air adalah sumber kehidupan. Berdasarkan hasil sebuah penelitian, diketahui bahwa manusia bisa bertahan hidup tanpa makanan selama 10 sampai 14 hari . Namun, manusia hanya bisa bertahan tanpa air hanya 3 sampai 5 hari. Keberadaan air bagi hidup kita sangatlah penting. Termasuk bagi kehidupan semua makhluk yang ada di bumi.

Karenanya kita patut bersyukur, Allah SWT telah memberikan air dan mengalirkannya ke bumi dengan segala manfaatnya. Sebagaimana firman Allah SWT : “Dan Kami turunkan air dari langit menurut suatu ukuran; lalu Kami jadikan air itu menetap di bumi, dan sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa menghilangkannya. Lalu dengan air itu, Kami tumbuhkan untuk kamu kebun-kebun kurma dan anggur; di dalam kebun-kebun itu kamu peroleh buah-buahan yang banyak dan sebahagian dari buah-buahan itu kamu makan,”(QS. Al Mu’minun: 18-19)

Dari ayat di atas, bahwa Allah SWT berkuasa atas adanya air dan berkuasa pula menghilangkannya, semua makhluk di bumi akan kehausan dan mati. Oleh karena itu, kita sebagai khalifah di muka bumi harus dapat melestarikan air dengan sebaik-baiknya. Agar air tidak menjadi bencana dan mencemari kesehatan makhluk hidup.

15 Tips Menjaga Kelestarian Air

Berikut beberapa tips dan cara menjaga kelestarian air agar dapat menjaga kelangsungan hidup makhluk hidup :

1. Menjaga lingkungan

Dengan menjaga lingkungan, maka air di sekitar kehidupan kita tidak akan mudah tercemar. Sehingga, air yang dipakai dan yang dikonsumsi tidak tercemar dan kotor srta aman untuk digunakan. Sampah-sampah yang ada di sungai, diselokan, maupun di jalanan sangatlah berpengaruh bagi kelestarian air yang dikonsumsi bagi makhluk hidup, sebab dapat mencemari air dan mempengaruhi kebersihan air sebelumnya.

2. Mengurangi penggunaan air

Penggunaan air yang digunakan secara boros dan tidak bertanggung jawab akan mengakibatkan kekeringan. Kebiasaan ini sering dilakukan oleh masyarakat seperti mandi yang terlalu lama, lupa untuk mematikan air keran setelah mandi atau memakainya atau juga setelah menyiram bunga dan membersihkan kendaraan. Ini sangat perlu diperhatikan, karena dengan berbagai kelakuan manusia tersebut akan dapat megurangi jumlah air dan mengakibatkan kebutuhan air yang sangat tinggi serta menjadi salah satu dampak kekeringan.

3. Membuang sampah pada tempatnya

Seperti halnya menjadi penyebab salah satu bencana banjir dan terjadinya pencemaran air adalah sampah yang ada dimana-mana. Dengan sampah tersebut, maka airpun akan sangat mudah tercemar dan kotor serta dapat menyumbat aliran sungai dan selokan, sehingga dapat merusak kelangsungan hidup manusia dan air akan susah untuk dikonsumsi seperti biasanya.

4. Meminimalisirkan penggunaan bahan kimia

Meminimalkan penggunaaan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari merupakan salah satu cara yang sangat tepat untuk melindungi perairan global saat ini. Karena, ketika bahan-bahan kimia yang telah dipakai larut ke dalam air, maka mereka akan dapat merusak ekosistem air tersebut. contohnya saja seperti zat-zat kimia yang ada di air akan dapat menghancurkan alga-alga yang merupakan makanan plankton.

5. Membuang bahan kimia dengan benar

Bahan-bahan kimia tersebut sangatlah berbahaya bagi kelestarian air dan merusak lapisan atmosfir di kehidupan ini. Bahan berbahaya seperti cat, oli, oli motor atau bahan kimia lainnya jika dibuang dengan sembarangan seperti membuang bahan-bahan tersebut ke dalam sungai atau selokan serta sumber-sumber air akan dapat mencemari air disekitarnya. Dampaknya akan kembali ke manusia itu sendiri. Air akan tercemar dan susah untuk dicari dan dikonsumsi.

6. Mendaur ulang bahan bekas

Barang-barang yang dapat didaur ulang biasanya sering sekali tidak terpikirkan oleh manusia saat ini dan membuangnya sembarangan seperti membuang barang tersebut ke sungai atau ke laut. Contohnya saja seperti botol mineral yang dapat didaur ulang menjadi mainan anak-anak, plastik-plastik bermerek yang bisa didaur ulang menjadi alas atau tas, dan lain-lainnya.

7. Mengadakan penyuluhan

Hingga saat ini, masih banyak masyarakat yang belum sadar akan pentingnya dalam menjaga kelestarian air. Maka dari itu, sangat diperlukan adanya penyuluhan tentang pentingnya menjaga kelestarian air di lingkungan masyarakat saat ini. Hal ini sangat diperlukan agar masyarakat saat ini sadar bahwa air sangatlah penting dalam kehidupan. Penyuluhan-penyuluhan tersebut bisa berupa seminar-seminar tentang pentingnya menjaga kelestarian air. Selain itu, bisa juga dilakukan dengan cara mengajak masyarakat untuk gotong royong dan kerja bakti bersama untuk membersihkan sampah-sampah yang berkeliaran yang dapat mencemari kelestarian air.

8. Mencegah adanya penebangan pohon secara liar

Hal ini sangat perlu diketahui dan dicegah, sebab dengan adanya penebangan pohon secara liar atau menebang phon-pohon yang ada dihutan akan mengakibatkan tercemarnya sumber-sumber mata air yang ada disekitarnya. Ini akan mengakibatkan sumber-sumber tersebut akan tercemar dan tidak dapat dikonsumsi lagi oleh makhluk hidup, bahkan akan menimbulkan pengaruh pada kesehatan makhluk hidup itu sendiri. Selain itu, ekosistem yanng ada disekitarnya akan menjadi tidak seimbang.

9. Mengadakan reboisasi pada hutan

Dengan adanya reboisasi akan mengurangi dampak akibat kerusakan hutan, pohon-pohon tersebut akan terjaga kelestariannya yang juga mempengaruhi kelestarian ekosistem sumber-sumber air yang ada di sekitarnya. Sehingga sumber-sumber air terebut tidak tercemar dan bersih serta dapat dikonsumsi oleh makhluk hidup.

10. Tidak membuang limbah pabrik sembarangan

Biasanya, pabrik-pabrik yang berada di sekitar perairan seperti sungai, danau dan laut, akan membuang limbah pabriknya ke perairan tersebut. ini akan menyebabkan pencemaran air. Air sungai dan laut akan menjadi kotor dan tercemar. Setidaknya, jangan membuang limbah-limbah tersebut ke perairan yang ada di dekat pabrik tersebut, karena dapat merusak kelestarian air dan akan berdampak pada masyarakat yang ada di daerah tersebut.

11. Pengecekan saluran pipa air secara rutin

Pengecekan pipa air secara rutin sangatlah penting. Karena jika pipa-pipa air tersebut bocor, air akan mengalir keluar, maka akan menyebabkan terjadinya pemborosan air. Ini akan mengakibatkan pelestarian air berkurang sehingga nanti akan terjadi kebutuhan air yang sangat tinggi di kalangan masyarakat.

12. Menjaga stabilitas ketersedian air bersih di sumber-sumber air

Hal ini sangat dipentingkan dalam menjaga kelestarian air. Dengan menjaga stabilitas ketersediaan air bersih di berbagai sumber-sumber yang mengandung air, maka ketersediaan air tidak berkurang, sehingga masyarakat tidak perlu kebingungan terhadap air bersih karena banyaknya air bersih di sumber-sumber air.

13. Menciptakan lingkungan yang asri

Dengan lingkungan yang asri, maka lingkungan di sekitarnya dan ekosistem di sekitarnya akan terjaga dengan baik. Perairan pun tidak mudah untuk tercemar dan bersih. Dalam menciptakan lingkungan yang asri tersebut, bisa dilakukan melalui rumah kita sendiri. Lingkungan rumah yang asri akan menciptakan lingkungan hidup tersebut menjadi bersih, begitu juga dengan sektor air yang dipakai dan dikonsumsi. Pemakaian air untuk kegiatan sehari-hari menjadi bersih dan pengkonsumsian air menjadi bersih dan tidak tercemar akibat lingkungan rumah yang bersih dan asri.

14. Menggunakan shower ketika mandi

Ketika mandi, sebaiknya menggunakan shower atau hal-hal yang tidak mengakibatkan pemborosan air. Hal ini sangat perlu diperhatikan bagi kalangan masyarakat yang biasanya mandi dengan cara berendam. Dengan berendam, maka air yang dipakai untuk berendam tersebut akan terbuang sia-sia, sehingga terjadi pemborosan air dan mengurangi kelestarian terhadap air.

15. Tidak mengambil air sumur secara berlebihan

Masyarakat saat ini ketika mengambil atau menggunakan sumur-sumur yang ada seperti sumur resapan, mereka mengambilnya secara sangat berlebihan tanpa memikirkan betapa pentingnya dalam menghemat sumber air. Sebab, jika air bersih yang ada di sumur-sumur tersebut dikuras atau diambil secara berlebihan, maka sumber air tersebut akan berkurang dan kering, sehingga akan terjadinya kekeringan air dan masyarakat akan kebingungan dalam mencari air bersih. 

Demikian 15 Tips menjaga pelestarian air. Semoga melestarikan air ini bagian dari bentuk syukur kita pada Allah SWT atas anugerah air yang sudah diturunkan kepada manusia. Semoga kita termasuk hamba yang bersyukur atas nikmat air.

7 comments for "15 Tips Menjaga Kelestarian Air"

  1. Aq termasuk Makai air yang bukan sumur nih, semenjak di desa ada semur besar buat warga sama buat sawah, aliran sumur makin kecil air nya.. terpaksa pasang deh

    ReplyDelete
  2. Bersyukur sekali Allah memberikan rezeki berupa air . Tinggal bagaimana kita bersyukur dengan menjaga kelestariannya. Cara-cara di atas sebenarnya sangat simpel tapi banyak manusia yang malas menerapkannya

    ReplyDelete
  3. pernah ngalamin kekurangan air. Gak bs mandi. makanya kalau liat keran ngucur terbuang, suka sayang airnya..

    ReplyDelete
  4. saya paling ribut kalau air kran lupa dimatikan, kasihan air yang terbuang begitu saja, apalagi udah berapa kali pernah rasakan kekurangan air bahkan harus beli segala demi untuk mandi sekalipun huhuhuuh.
    semoga orang semakin sadar akan pentingnya menjaga kelestarian air ya.

    ReplyDelete
  5. Baru tahu jika penggunaan air sumur secara berlebihan dapat membuat kelestarian air terancam. Kalau di desa saya enggak ada PDAM, jadi kebutuhan air dari sumur. Meskipun begitu wajib hemat ya kak. Biar sumber air tidak kering atau bermasalah.

    ReplyDelete
  6. Sejak punya rumah sendiri, saya memang pakai shower dibanding bak mandi. Karena bak mandi malah kebanyakan airnya kalau ga habis dalam bbrp hari malah lumutan. Lebih hemat juga.

    ReplyDelete
  7. Kalo semua tips tadi dilaksanakan dengan baik bakal berdampak baik juga untuk lingkungan kita dan pastinya bisa jadi warisan untuk anak cucu kelak

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang positif. Mohon tidak meletakkan link hidup. Salam blogger!