Widget HTML Atas

Bagaimana Cara Preventif Mencegah Virus Corona?




Bagaimana cara preventif mencegah Virus Corona?- Sampai hari ini, dunia masih dilanda wabah virus bernama Corona. Termasuk di Indonesia. Cara dan upaya pencegahannya adalah dengan menjaga kebersihan. Baik kebersihan diri maupun lingkungan. Cara-cara lain yang lebih detail, juga sudah banyak disosialisasikan oleh pemerintah maupun swasta.

Sebenarnya, jika manusia mau merenung, upaya pencegahan virus yang saat ini digembor-gemborkan, ternyata dalam Islam, jauh sebelum ada Virus Corona, sudah melakukan upaya preventif tersebut. Melalui perintah dan larangan. Dibalik perintah ibadah dan aturan bermuamalah.
Berikut ini saya rangkumkan 4 perintah dan larangan dalam Islam sebagai upaya preventif menjaga kesehatan.

1. Menjaga Makanan dan Pola makan


Segala penyakit itu bersumber dari makanan dan pola makan. Pernyataan ini merupakan kesimpulan dari berbagai penelitian. Pola makan yang salah atau bahkan pola diet yang salah pun bisa menyebabkan penyakit. Makanan yang tidak baik atau tidak sesuai dengan kebiasaan (bukan makanan pokok), juga bisa menyebabkan timbulnya penyakit.

Hal ini sudah tersebut dalam Al Qur'an. Bagi umat manusia dianjurkan makan makanan yang halal lagi baik. “Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi” (QS. Al Baqarah:168)

Singkatnya, yang dimaksud makanan yang halal adalah makanan yang secara bentuk dan cara memperolehnya tidak diharamkan oleh syariat Islam. Termasuk bukan dari hasil mencuri atau korupsi.

Sedangkan jenis makanan yang baik, adalah makanan yang bergizi, sesuai adat kebiasaan, tidak termasuk jenis makanan yang diharamkan, benar dalam mengolah atau memasaknya, dan tidak menimbulkan kerusakan pada kesehatan tubuh. 

Jadi, pada dasarnya Islam membolehkan makan makanan dari jenis makanan apa saja selagi halal dan baik, asalkan tidak berlebihan. Inilah yang dipesankan dalam ajaran Islam terkait pola makan. “Makan dan minumlah kalian, tetapi jangan berlebihan” (QS. Al A’raf : 31)

2. Menjaga Shalat



Mengapa kok ibadah shalat? Sebenarnya dalam gerakan ibadah shalat itu sendiri, menyimpan rahasia penting untuk kesehatan tubuh. Sudah ada yang mengkaji soal ini. Tetapi saya tidak membahas ini.

Shalat merupakan ibadah yang wajib dilaksanakan bagi pemeluknya. Lima kali dalam sehari semalam. Nah, salah satu syarat sah shalat itu antara lain harus suci dari hadats dan najis. Seluruh anggota badan, pakaian, dan tempat dari najis.

Jadi sebelum melakukan shalat ada aktifitas yang harus dipenuhi yaitu bersuci. Dengan cara mandi dan atau berwudhu. Praktisnya, ketika ingin melaksanakan shalat maka harus melakukan wudhu. Terkecuali jika dalam keadaan hadats besar, maka harus mandi dan berwudhu.

Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah…” (QS. Al Maidah : 6)

Dari aktifitas sebelum dan pada saat shalat, ada rutinitas yang berimplikasi pada kesehatan. Bagaimana Islam memerintahkan untuk selalu menjaga kebersihan setiap saat, tidak sekadar mencuci tangan memakai sabun, tetapi lebih dari itu. Kebersihan tempat yang akan digunakan untuk shalat juga harus bersih dan suci

Ini otomatis dilakukan jika seseorang tersebut seorang muslim yang taat beribadah.

3. Menjaga Pola Tidur




Pola tidur yang benar akan mempengaruhi kesehatan. Sedangkan pola tidur yang tidak teratur akan mempengaruhi pola hidup yang lain berantakan. Misalnya orang yang begadang, maka dimungkinkan ia akan bangun kesiangan, akibatnya makan pagi tidak tepat waktu, mandi telat, olahraga lewat, dan pekerjaan pun juga telat.

Agar semuanya tidak berantakan, maka tidurlah lebih awal. Hal ini sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad SAW. “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membenci tidur sebelum shalat ‘Isya dan ngobrol-ngobrol setelahnya.” (HR. Bukhari).

Selain anjuran tidur lebih awal, Rasulullah juga mencontohkan pola tidur yang sehat seperti : memadamkan lampu ketika tidur, posisi tidur miring ke arah kanan, tidur dalam keadan suci, “Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu”. (HR. Bukhari dan Muslim), dan berdoa sebelum tidur.

4. Menjaga Kebersihan Lingkungan




Perintah dan anjuran untuk hidup bersih dan sehat, mungkin semua orang sudah tahu. Hidup dalam kondisi dan suasana yang bersih, semua orang pasti suka. Tetapi anehnya kesadaran untuk senantiasa menjaga kebersihan ini, tidak semua orang mau dan bisa melakukannya.

Baru ketika dihadapkan pada wabah virus corona, ramai-ramai giat kebersihan. Ramai-ramai cuci tangan cuci kaki. Padahal kakek nenek kita dulu juga sudah ‘ngajarin’ ini, di depan rumah ada gentong isi air, supaya sebelum masuk rumah bisa cuci kaki cuci tangan. Setiap pagi dan sore menyapu halaman. Namun, sepertinya kita sudah mulai lupa dan meninggalkannya.

Bukan tidak mungkin, kakek nenek kita dulu juga berpegang teguh ajaran Nabi. Karena Rasulullah SAW pernah berpesan “Kebersihan adalah sebagian dari iman”. Di pesan yang lain : “Sesungguhnya Allah itu baik dan mencintai kebaikan, Bersih (suci) dan mencintai kebersihan, Mulia dan mencintai kemuliaan, bagus dan mencintai kebagusan, bersihkanlah rumahmu….” (H.R.Tirmidzi dari Saad).

Itulah beberapa cara seorang muslim melakukan upaya preventif menjaga kesehatan dengan menjalankan apa yang diperintahkan oleh Allah. Kadang perintah tersebut menurut kita tidak enak, namun ternyata justeru baik untuk kita. Sebaliknya, menurut kita sesuatu itu nikmat, namun justeru merusak kesehatan.

Semoga empat hal ini bermanfaat dan menjadi renungan bersama. Bukan tidak mungkin pembaca juga memiliki pendapat yang berbeda atau bahkan lebih dari empat hal ini. Semua kembali kepada pembaca masing-masing. Silakan tuliskan via komentar di bawah ini. (JR/2020)


Sumber bacaan :
https://www.muslim.or.id
https://www.nu.or.id
https://www.almanhaj.or.id
http://suaramuslim.net
https://www.monitor.co.id

30 comments for "Bagaimana Cara Preventif Mencegah Virus Corona?"

  1. Itulah indahnya agama Islam. 14 abad yang lalu sudah dicontohkan oleh Rosululloh, tinggal kita sebagai umatnya aja yang mau mengikuti atau tidak.

    Keliatannya sih sepele ya, tapi memberikan efek yang luar biasa bagi kita pemeluknya.

    Semoga kita semua umat Islam tetap konsisten dan istiqomah untuk menjalankan sunnah-sunnah Nabi yang sudah dicontohkan sebelumnya...

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah, islam emang sudah mengajarkan dari sebelum Covid-19. Kalau sekarang di sebut PHBS maka di Islam sudah ada alquran dan sunnah.

    ReplyDelete
  3. Setuju semua 👍😀
    Pada prakteknya yang aku pribadi susah atur adalah pola tidur. Kadang tidur awal, kadang tdr malam. Hehehe

    ReplyDelete
  4. Pandemi covid-19 ini mengajarkan banyak hal kepada manusia, khususnya umat Islam. Semoga Allah memberikan hadiah terbaikNya kepada kita setelah pandemi ini berakhir, aamiin aamiin ya Rabbalamin

    ReplyDelete
  5. Lengkap dan sempurna. Itulah Islam yang sudah mengatur kehidupan kita sampai pada detail terkecilnya. Tapi sejak pandemic ini aku jadi tidur lebih malam, huhu..

    ReplyDelete
  6. Setuju banget kak. InsyaAllah keempat langkah ini sudah kami lakukan sebagai bentuk ikhtiar. Semoga Allah segera menurunkan rahmatNya kepada kita semua dan memberi kita kesehatan.

    ReplyDelete
  7. Eh iya bener, dulu di depan rumah atok (baca: kakek) saya pun ada gentong air, soalnya jalanan masih banyak yg belum beraspal sih berlumpur hihi... tp pesan menjaga kebersihannya dapet banget... suwun Mas

    ReplyDelete
  8. 4 cara tsb semuanya bener buat menghindari si virus corona..dan sdh sy lakukan juga.. semoga kita semua senantiasa sehat ya kak

    ReplyDelete
  9. Jaga kebersihan dengan wudhu & menjaga hati dengan sholat. Perpaduan yang sangat pas ya kak buat benteng virus covid ini

    ReplyDelete
  10. i agree with u mas, keempat cara tersebut insyaallah kalau diterapkan bisa mencegah kita dari virus corona, waspada dan g panik jg jadi kunci

    ReplyDelete
  11. Puasa kali ini waktu yang pas buat detoksifikasi racun dalam tubuh ya, sehingga virus bisa jauh dari kita.

    ReplyDelete
  12. Semoga kita dijauhkan dari sakit ini ya kak.. dan pandemi ini segera berlalu.. bumi sedang membutuhkan waktu untuk berhibernasi sesaat.

    ReplyDelete
  13. Betul wabah ini memang mengingatkan kita terhadap konsep toharoh dalam Islam ya k. Semoga kita makin menjaga kebersihan dan wabah segera berlalu aamiin.

    ReplyDelete
  14. 4 hal di atas benar benar bisa mencegah penularan covid 19. Mungkin anjuran kita buat di rumah aja juga bisa diambil positifnya supaya dapat mengurangi ghibah pada saat kumpul kumpul.

    ReplyDelete
  15. Ada hikmahnya wabah Corona sekarang ini, bahwa banyak yang sadar ajaran agama sangat baik untuk kehidupan.

    ReplyDelete
  16. semoga menjadi pengingat untuk diri sendiri dan orang lain. terima kasih atas komentar-komentarnya.

    ReplyDelete
  17. Sebenarnya sebelum ada pandemi, 4 hal di atas sudah saya lakukan. Tapi sejak ada pandemi, untuk urusan kebersihan rumah lebih saya tingkatkan. semoga kita semua dilindungi dari wabah ini

    ReplyDelete
  18. Di tengah pandemi seperti sekarang ini, kita umat Islam harusnya jeli membaca hikmah ya Mas, dengan demikian keimanan kita akan bertambah meski di tengah kesulitan. Artikel ini menarik, bahwa Islam sudah dari dulu menyuruh kita menjaga kualitas hidup supaya tetap sehat.

    ReplyDelete
  19. Sebenarnya apa yg dianjurkan islam sudah baik utk dilakukan ya kak, ada atau tidaknya wabah seperti ini. Ketika di timpa ujian yg sebenarnya, tinggal kitanya sendiri mau menerapkan atau tdk

    ReplyDelete
  20. Sebenarnya, apa yang dikatakan tindakan pencegahan covid itu adalah hal yang seharusnya dilakukan setiap hari.

    ReplyDelete
  21. Seperti yang diajarkan oleh agama kita, kebersihan memang sebagian dari pada iman. Nyata sekali, dengan selalu menjaga kebersihan, baik dari tubuh kita maupun lingkungan kita setidaknya itu merupakan awal pencegahan dari imbasnya wabah yang sekarang menjadi momok menakutkan dunia

    ReplyDelete
  22. sejak ada corona ini aku tiap pagi konsumsi vitamin kak, kmren beli satu botol isi 30 pil... skrg karna puasa, konsumsinya pas saur,, bismillah semoga aman dan sehat terus

    ReplyDelete
  23. Konsumsi sayur organik untuk memperkuat daya tahan tubuh kang. Di kami banyak kok sayuur organik. Wkkkk

    ReplyDelete
  24. Duh, kalau baca artikel tentang covid-19 ini bisa bergidik sendiri...
    Memang di tengah pandemi ini gaboleh cuek sama kebersihan. Harus bisa jaga kesehatan juga...

    ReplyDelete
  25. Islam memang mengajarkan cara hidup lengkap dari bangun tidur hingga tidur lagi. Dan faktor kebersihan dan kesehatan menjadi hal yang sangat diperhatikan dalam islam

    ReplyDelete
  26. Menjaga pola tidur nih beneran efektif. Bahkan pas kapan itu ada gerakan menambah 1 jam tidur malam, demi meningkatkan kualitas istirahat kita.

    ReplyDelete
  27. Pola tidur ,duh susah banget menjaganya. Apalagi bagi insomnia.

    ReplyDelete
  28. Islam memang mengajarkan banyak hal yang berguna bagi kehidupan, pedoman hidup sehat seperti rajin membersihkan diri dan menjaga makanan yang sehat adalah beberapa buktinya. Muslim yang taat pasti sudah terbiasa dengan anjuran pemerintah saat ini

    ReplyDelete
  29. terkadang memang benar loh kalau musibah itu datang untuk menegur dan menguji kita. si corona misalnya. mengingatkan kita untuk selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan. setuju sih saya dengan 4 hal dalam artikel ini. Seperti Allah menegur lewat corona. tandanya manusianya udah kebangetan. dikasih peringatan masih bandel juga. gitu gak sih

    ReplyDelete
  30. Setujuh banget nih, Islam telah mengajarkan kita untuk selalu bertaubat disaat musibah datang.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang positif. Salam blogger!

Berlangganan via Email