Widget HTML Atas

Bersama Blogwalking Asyik Ngeblog Jadi Seru

blogwalking asyik


Bersama Blogwalking Asyik Ngeblog Jadi Seru. Sebuah Pepatah mengatakan berteman dengan penjual minyak wangi, maka akan ketularan wanginya. Berteman dengan pande besi, akan kecipratan apinya. Artinya, kita akan menjadi siapa tergantung kita berteman dengan siapa. Jika kita ingin serius dan eksis sebagai penulis, maka bertemanlah dengan para penulis. Begitu juga, jika kita ingin eksis dalam dunia blogging, maka salah satu tipsnya adalah bergabunglah dengan komunitas blog.

Nah, kali ini saya ingin sedikit berbagi cerita tentang komunitas blog yang saya ikuti yaitu komunitas blogwalking asyik. Sebuah komunitas blogger yang aktif dalam Whatsapp grup dengan nama Blogwalking asyik. Sering disingkat BWA.

Mengenal Komunitas Blogwalking Asyik

Komunitas BWA berdiri pada tahun 2019. Komunitas ini digawangi oleh mbak Rini, pemilik celotehdinihari.com dan mbak Hani, pemilik blog haniwidiatmoko.com. mereka berdua saat ini yang menjadi komandan sekaligus Admin grup BWA.

Saya bergabung dalam grup BWA sekitar tahun 2020. Bergabung dalam grup BWA karena dikenalkan salah satu teman di grup komunitas blogger Tuban. Awalnya masih ragu ikut gabung karena tidak banyak pengalaman dalam dunia blogging. Meskipun masih awam dalam dunia blog, saya nekat bergabung demi memenuhi rasa ingin tau. Dan betul, saya lebih banyak menjadi silent rider, menjadi penyimak aktif. Karena ternyata anggota grup berisi orang-orang hebat semua.

Biasanya komunitas blog didominasi oleh ibu-ibu atau emak-emak, tapi untuk BWA anggota lain, kaum adam masih bisa mengimbangi. Karena bapak-bapaknya ternyata adalah blogger-blogger senior dan keren, sehingga sering menjadi rujukan untuk menimba ilmu dan pengalaman bagi emak-emak blogger dan anggota grup lainnya. Sebut saja ada bang Doel, mas Arigetas, uda Fadli, mas Ilham, dan lain-lain.

Anggota Blogwalking Asik menjadi Langganan Juara

Anggota blogwalking asyik sering menjadi langganan juara blog. Setiap ada event lomba hampir dipastikan ada salah satu atau beberapa anggota dari BWA yang menjadi pemenang. Jadi, dalam grup BWA ada tradisi saling bertukar informasi lomba, kemudian para blogger akan bersaing dalam lomba, baik bersaing dengan blogger dari dunia lain maupun dengan teman sesama blogger di grup BWA. Jika ada diantara anggota yang menjadi juara, kita saling memberikan ucapan selamat. Ini menjadi spirit tersendiri bagi blogger pemula, yang belum pernah ikut lomba.

Dalam grup BWA ada beberapa blogger yang sering menjadi langganan juara. Ada uda Fadli (ajopiaman.com), Nur Ardi Handayat, mbak Jihan (jeyjingga.com), mbak Rini (celotehdinihari.com), pak Supadilah, mbak Mutia ramadhani, pak Wahid Priyono, bang Doel, Mas Ari, Mbak Hani, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Peraturan Mengikuti Blogwalking

Pada dasarnya grup BWA didirikan untuk saling berkunjung blog dan belajar blogging. Anggota diharapkan aktif untuk menulis blog, dan drop link ke grup serta wajib saling mengunjungi blog. Adapun drop link dijadwalkan setiap hari Senin, Kamis, dan Sabtu. Daftar link mulai jam 12.00 sampai dengan jam 20.00. List Link blog dibatasi maksimal 25 link. Bagi anggota yang ikut drop link berkewajiban untuk menyelesaikan kunjungan sebelum jadwal drop link berikutnya. Jika belum menyelesaikan BW yang sudah diikuti, maka di list selanjutnya tidak diperbolehkan mengikuti drop link sampai hutang BW lunas. Jika hutang BW belum lunas melewati satu bulan akan mendapatkan peringatan dari admin, dan siap-siap diremove dari grup. Jadi harus disiplin.


Manfaat dan Keuntungan Blogwalking


Bagi saya mengikuti atau bergabung dengan grup BWA memberikan banyak manfaat. Diantara manfaat atau keuntungan bergabung di blogwalking adalah:

Bertambah ilmu dan pengalaman

Anggota dari BWA adalah para blogger senior dan langganan juara blog, mereka tidak pelit berbagi ilmu dan pengalamannya tentang dunia blogging dan tips-tips menjadi juara. Permasalahan-permasalahan blogging yang disampaikan di grup bisa mendapatkan solusi. Dari masalah yang ringan hingga yang berat tentang teknis. akhirnya anggota yang lainnya, khususnya blogger pemula semakin bertambah ilmu dan pengalaman.

Bertambah saudara

Anggota BWA berasal dari berbagai daerah di Indonesia, ada juga beberapa yang tinggal di luar negeri. Jumlah anggota BWA sendiri beranggotakan lebih dari 100 blogger. Tentunya dengan banyaknya anggota BWA menjadikan bertambah teman atau saudara. Dimana-mana ada teman. Ini akan memberikan manfaat tersendiri bagi para blogger yang niche-nya travelling, informasi tentang daerah yang akan dikunjungi dan ditulis bisa terbantu dari teman-teman blogger yang tersebar di seluruh daerah.

Bertambah Rezeki

Dengan banyak teman tentunya akan menambah jaringan. Informasi semakin banyak. Hal ini akan membuka pintu-pintu rezeki. Misalnya, traffic pengunjung bertambah, informasi tentang lomba semakin banyak, saling membantu permasalahan blogging. Yang punya usaha jasa atau jualan, bisa saling membutuhkan dan menguntungkan. 

Demikian cerita saya tentang berbagi pengalaman mengikuti BWA. Kesimpulannya, dengan mengikuti blogwalking asyik akan memberikan banyak manfaat kepada kita tergantung seberapa aktif kita mengikuti grup BWA. Semakin aktif akan semakin dikenal, tidak malu bertanya, aktif droplink dan bw, maka page view blog kita akan semakin bertambah. Dengan aturan Blogwalking yang disiplin dan ketat, menjadikan ngeblog semakin seru. Menjadi sebuah challenge bagi saya untuk aktif menulis.


12 comments for "Bersama Blogwalking Asyik Ngeblog Jadi Seru "

  1. Saya member baru disana mbak salam kenal moga aja bisa betah dan share ilmu di grub tersebut. Salam kenal blogger lamongan mbak

    ReplyDelete
  2. Banyak banget aku belajar dari blogger-blogger di BWA. Makin banyak hal yang aku ngga tau jadi tau. Enggak pada pelit ilmu. Plusnya bisa berteman dengan blogger keren yang sering juara, jadi bisa banyak belajar juga dari mereka cara bikin deep content

    ReplyDelete
  3. Mengikuti komunitas blogger blokwalking asik memang pas buat nambah jejaring informasi biar tidak ketinggalan

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah bisa gabuing di BWA dengan orang-orang hebat, super keren, ngga pelit ilmu. Ngga cuma masalah blog aja dibahas tapi juga semua masalah bisa ada solusi. Hassekk. Semoga bisa terus bergabung dan mereguk banyak ilmu bersama di BWA.

    ReplyDelete
  5. Makasih lho udah menuliskan tentang BWA. Iya banget setuju, di sana banyak belajar ttg ngeblog. Trus lagi, ada aja temen-temen yg berbagi link ngejob nulis artikel. Uhuy banget kan itu...

    ReplyDelete
  6. sy baru bergabung, belum sebulan, seru ternyata di BWA, inspiratif, jadi penyemangat uny belajar ngeblog dan memperbaiki kualitas tulisan

    ReplyDelete
  7. Cinta bgt sama komunitas ini. tambah kawan dan tambah pengetahuan. trus bisa saling berkunjung dan dapat ilmu dr tulisan blogger lain hehe

    ReplyDelete
  8. Hai hai, selamat bergabung dengan blogger-blogger seru di BWA. Pembahasannya kadang suka absurd juga ya. Tapi ya itu justru daya tariknya. Berasa benar-benar kayak teman semua di sana.
    Wowow, namaku disebut. Terima kasih ya. Senang bisa gabung sama sesama blogger lifestyle n parenting.

    ReplyDelete
  9. Seneng banget ya punya banyak temen blogger jadi bisa saling sharing ilmu.

    ReplyDelete
  10. Anggota BWA nih asyik-asyik dan juara kalau bercanda. Untungnya juga banyak juara beneran, jadi ya bikin betah dan bikin semangat belajar. Banyak yang sangat baik mau jawab dan sharing.

    ReplyDelete
  11. Mas Masruhin ini termasuk bloger yang aktif ngelist juga di grup BWA ya, sering BW juga di artikel2nya. Moga kita tetep eksis dan bisa ngelist di grup BWA yahh ^^

    ReplyDelete
  12. Keren nih BWA, jadi tetap semangat buat jadi blogger meskipun kehidupan di dunia nyata menyeret-nyeret menjauh *halahhh
    Beruntung buat teman-teman yang bergabung dan bisa terus saling dukung. Tabik.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang positif. Mohon tidak meletakkan link hidup. Salam blogger!