Widget HTML Atas

Menjadi Guru dan Orang Tua Hebat [Catatan Kecil Seorang Guru]

cover catatan kecil seorang guru

Perintah belajar itu tidak mengenal waktu dan usia. Belajar itu sepanjang masa. Sekalipun sudah menjadi guru dan sudah menjadi orang tua, harus terus belajar. Karena ketika guru berhenti belajar, seharusnya ia berhenti mengajar. Begitu pula ketika ia menjadi orang tua, harus terus belajar.

Dari guru-guru hebat dan orang tua hebat akan lahir anak-anak yang hebat pula. Hal ini tidak bisa dipungkiri. Jika ada anak yang hebat pasti ada guru atau orang tua yang hebat atau ada keduanya. Maka untuk mewujudkan anak-anak hebat, guru dan orang tua harus terus belajar menjadi guru dan orang tua yang terbaik dan hebat.

Belajar tentang apa? Belajar tentang mendidik anak. Orang tua dan guru harus memahami bagaimana cara mendidik anak yang baik. Bukan hanya itu guru maupun orang tua juga harus memahami beberapa hal, antara lain apa dan siapa guru atau orang tua, apa tugas dan kewajibannya, memahami hakikat anak, tujuan mendidik anak, pendidikan apa saja yang perlu diberikan kepada anak, hingga metode atau cara mendidik anak yang baik.

Kumpulan tulisan dalam buku di atas, terbagi hanya dalam dua bagian. Bagian pertama, berisi tema parenting, adalah catatan kecil penulis dalam proses belajar menjadi orang tua yang terbaik. Sedangkan bagian yang kedua, merupakan catatan ringan penulis dalam proses belajar dan bercita-cita menjadi guru inspiratif.

Buku ini juga mendapat apresiasi dari beberapa penulis. “Mendidik adalah ijtihad luar biasa. Ia adalah fondasi kehidupan. Kesuksesan mendidik ditentukan oleh guru. Buku karya Masruhin Bagus ini menguraikan bagian demi bagian proses mendidik dan hal-hal substansial yang penting dilakukan oleh seorang guru. Bahasa yang renyah mengalir membuat buku ini menarik untuk dibaca. Kandungannya yang signifikan menjadikan buku ini berada dalam posisi penting untuk ditelaah”. Komentar dari Dr. Ngainun Naim, Ketua LP2M UIN SATU Tulungagung.

Dr. M Arfan Muammar, M.Pd.I juga memberikan endorsement; “Membaca buku ini, mengingatkan saya pada perkataan Orson Scott Card “Setiap dari kita akan berjalan melewati ribuan ide cerita setiap hari. Penulis yang baik adalah yang mampu melihat dan menangkap lima atau enam dari ribuan ide cerita tersebut. Tapi sebagian besar tidak melihat sama sekali”. Masruhin Bagus merupakan penulis yang baik karena mampu menangkap lebih dari lima atau enam ide dari ribuan ide yang bertebaran setiap hari. Selamat atas terbitnya buku “Catatan Kecil Seorang Guru” semoga bermanfaat. Tulis dosen UMS yang juga Ketua Sahabat Pena Kita.

Akhirnya, semoga tulisan-tulisan dalam buku ini bermanfaat dan memberikan inspirasi bagi guru dan orang tua. Selamat membaca!

Catatan Kecil Seorang Guru

No comments for "Menjadi Guru dan Orang Tua Hebat [Catatan Kecil Seorang Guru]"