Widget HTML Atas

Bagaimana Rasanya Makanan Ekstrim Belalang Goreng?

belalang goreng gurih


Pada suatu siang, setelah adzan dhuhur berkumandang, tiba-tiba handphone saya berdering. Sebuah panggilan dari seorang teman. Ia ingin mengajak saya untuk acara makan-makan. Supaya saya tertarik untuk datang, ia menyebut salah satu menu. Menu yang mungkin akan membuat saya suka dan menikmatinya. Menu itu adalah belalang goreng.

Sempat ragu untuk mengiyakan. Karena memang saya belum pernah makan menu tersebut. Kalau ditawari bakso atau mie ayam, saya pasti nggak nolak. Eh, jadi pengen ngrasain bakso dan mie ayam Balikpapan seperti yang diulas mbak Aisyahdian. Semoga bisa jalan-jalan ke Balikpapan.

Kembali ke cerita, akhirnya antara ragu dan penasaran, saya pun mengiyakannya. Khawatir, teman saya kecewa kalau saya menolaknya. Saya pikir mungkin ada menu lain yang disajikan kalau saya tidak cocok nanti.

Bagaimana rasanya belalang goreng?

Setelah sampai di TKP, ternyata sudah ada beberapa teman yang sudah sampai duluan. Dan sudah mulai makan. Sambil lesehan di ruang tamu, mereka mengelilingi menu yang dihidangkan. Ada nasi jagung, satu nampan belalang goreng berwarna kecoklatan, dan sambal ijo. Mereka begitu lahap menyantap makanan tersebut. Hingga akhirnya saya juga tertarik untuk mencicipinya. Ternyata rasanya luar biasa. Saking enaknya, tidak hanya mencoba tapi melahap habis beberapa puluh belalang goreng.

Penasaran ingin tahu bagaimana rasanya? Tentu saja rasanya enak. Rasanya gurih hampir sama, seperti udang yang digoreng. Lebih nikmat lagi jika dimakan dengan sambal ijo, sambal yang dibuat dengan menggunakan cabe hijau. Sayang, waktu itu saya lupa mendokumentasikannya. Karena saking asyiknya makan. Pokoknya rasanya lezat dan nikmat. Kamu harus mencobanya.

Kandungan gizi Belalang Goreng

Selain enak untuk dijadikan menu makan, belalang ini ternyata juga memiliki kandungan gizi yang baik. Belalang goreng tidak kalah bergizi dibandingkan dengan sumber protein lainnya seperti daging sapi. Beberapa pakar gizi menyatakan bahwa belalang memiliki beragam jenis kandungan nutrisi penting seperti protein, vitamin, asam lemak esensial dan mineral. Maka tidak salah kalau di sebagian wilayah Indonesia, belalang menjadi sumber pangan alternatif.

Bagaimana dengan kehalalan belalang?

Mayoritas ulama sepakat bahwa belalang halal untuk dikonsumsi. Hal ini berdasarkan hadits Nabi Muhammad SAW “Dihalalkan bagi kami dua bangkai dan dua darah. Dua bangkai yaitu belalang dan ikan. Adapun dua darah yaitu ati dan limpa” (HR. Ahmad dan ibnu majah). Dari hadits di atas, tentunya kita tidak perlu khawatir dan ragu untuk mengkonsumsinya. Halal dan sehat.

Cara memasak belalang goreng

Saya sempat bertanya bagaimana cara memasaknya? Katanya biar aman dan enak, belalang harus terlebih dulu dicuci dengan air hangat. Kemudian membuang kotorannya dengan cara menarik kepala dari badannya. Selesai dibuang kotoranya, belalang direbus bersama bumbu-bumbunya. Setelah 30 menit dan belalang berwarna coklat kemerahan, belalang diangkat dan ditiriskan. Selanjutnya belalang siap digoreng hingga matang dan renyah. Belalang goreng siap dinikmati.

baca juga : makanan ekstrim welut cemplon  

Oh ya, belalang yang enak adalah belalang sawah, biasanya berwarna hijau, dengan ukuran sebesar jari telunjuk bayi atau sebesar jari kelingking orang dewasa. Kalau saya lebih suka yang tidak terlalu besar, sehingga satu belalang goreng dapat dimakan dengan sekali suapan. Dan Alhamdulillah, selesai makan belalang goreng, saya merasa aman-aman saja, tidak seperti yang saya takutkan sebelumnya. Selamat mencoba !

sumber gambar : chirpstory.com

15 comments for "Bagaimana Rasanya Makanan Ekstrim Belalang Goreng?"

  1. Memang halal sih mas.. saya belum pernah coba.. cuma dengar kata orangtua saja katanya memang enak.

    ReplyDelete
  2. Belum pernah coba. Untuk cara ngolahnya ada cara khusus ga, kak? Penasaran tapi masih ragu pengen coba.

    ReplyDelete
  3. Liatnya ajah aku udah geli mas heheh apalagi mau cobaiin eeee

    ReplyDelete
  4. aku lebih baik kelaparan daripada harus makan belalang goreng wkwkwk. ngerih banget perasaan mah, tapi kalo yang doyan mah enak enak aja yak. haha. duh saya tetap gak mau lah, haha.

    ReplyDelete
  5. anakku nanya,itu cara nangkepin belalangnya satu-satu apa gimana mas? haha

    ReplyDelete
  6. Belum pernah makan belalang sih , tapi kalau masih ada ayam, ikan, buah2an lebih baik itu saja yang aku makan.

    ReplyDelete
  7. Ini belalang ternak ya mas? Kalau nggak nggak mungkin kan nyari di kebun wkwkwk. Seru nih meski nggak yakin sanggup memakannya. Hihihi kebayang wajah melow nya belalang seolah berkata... "sungguh teganya memakan diriku :p "

    ReplyDelete
  8. Waduh belalang di makan hihi, jadi ingat laron waktu kecil kata mama aku, tetangga dia sewaktu mama masih kecil juga suka makan laron sama belalang katanya krispi dan enak, tapi membayangkan ga pernah apalagi real makan ya hihi, geli pastinya

    ReplyDelete
  9. Kalau belalang saya masih mau makan deh. Tapi kalau belut saya nyerah. hehehe

    ReplyDelete
  10. Jaman kecil suka banget berburu belalang. Kalo yang warna hijau dan sedang bertelur lebih mantap lagi rasanya Mas. Ih jadi pengen belalang deh lama sekali belum makan.

    Dulu Indonesia pernah kan diserang pasukan belalang ya, itu bisa puas makannya. Dibikin peyek juga enak. Kayak peyek udang

    ReplyDelete
  11. Ini bukan belalang yg coklat ya mas? Jadi inget temenku pernah nyoba belalang goreng, habis itu gatel-gatel sebadan

    ReplyDelete
  12. Dulu pas jaman SD bapak saya pernah balik dari sawah bawa banyak belalang, terus digoreng emak, enak banget gurih gitu. Kali pertama dan kayaknya terakhir deh itu makan, karena setelah itu gak ada makan lagi

    ReplyDelete
  13. Penasaran sebenarnya... tapi agak ngeri ngeri sedap untuk mencobanya

    ReplyDelete
  14. Saya belum pernah mencobanya. Tapi sering dengar cerita orang tua waktu masih tinggal di Jawa. Btw, ada menyebabkan alergi gak mas untuk yang sensitif?

    ReplyDelete
  15. Wkt kecil saya pernah makan belalang tapi dianggang, enak banget. Kl digoreng belum pernah nyobain sih. Kayanya enak banget nih kak

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang positif. Salam blogger!

Berlangganan via Email