Widget HTML Atas

5 Cara Menciptakan QualityTime dalam Keluarga


quality time
pixabay.com

5 Cara Menciptakan QualityTime dalam Keluarga.- Beberapa kasus rumah tangga tidak harmonis salah satu sebabnya adalah kualitas komunikasi dan kolaborasi yang kurang baik. Komunikasi dan kolaborasi yang tidak baik menyebabkan hubungan antar pasangan merenggang, anak jarang di rumah, suami tidak betah, dan istri juga mulai merasa lelah. Akibatnya, bangunan bernama keluarga akan menjadi rapuh dan berpotensi ‘ambyar’.

Salah satu upaya membangun keluarga harmonis dan bahagia adalah dengan menciptakan dan menyediakan waktu yang berkualitas. Quality time sangat diperlukan dalam keluarga. Sayangnya, kesibukan masing-masing anggota keluarga melewatkannya. Padahal kebiasaan ini sangat bermanfaat untuk menjaga agar rumah tangga tetap hangat dan intim.

Quality time bukan hanya tersedianya waktu luang tetapi bagaimana menciptakan waktu-waktu luang menjadi berkualitas. Karena bisa jadi masing-masing anggota keluarga memiliki waktu luang tetapi tidak termanfaatkan dengan baik. Waktu lebih banyak dihabiskan untuk urusan masing-masing. Ada di rumah tetapi masing-masing masih sibuk dengan pekerjaan yang dibawa ke rumah. Atau lebih memilih sibuk dengan gadgetnya daripada ‘ngobrol’ dengan anggota keluarga yang lain. Jasad ada dalam satu rumah tetapi ruh dan hati tidak terjalin dekat dan akrab.

Quality time itu tidak harus bersifat terpenuhinya materi tetapi tersedianya waktu untuk menjalin hubungan antar anggota keluarga lebih dekat dan lebih hangat. Tidak harus mahal-mahal liburan ke luar negeri untuk bisa menikmati quality time. Cukup luangkan waktu untuk bicara dari hati ke hati setiap malam menjelang tidur. Meski terkesan sepele, kebiasaan ini akan makin mempererat cinta kasih antara Anda dengan pasangan, dengan anak, juga anggota keluarga yang lain.

Selain itu, ada beberapa cara menciptakan quality time dalam sebuah keluarga. Kali ini saya akan menyajikan lima cara bagaimana menyediakan waktu atau menciptakan waktu yang produktif dan berkualitas.

1. Ada Waktu untuk Keluarga

happy holiday

Bagi pegawai kantoran atau pun yang tidak, hari libur itu harus direncanakan. Karena kadang ‘tanggal merah’ tidak ada hubungannya dengan libur kerja. Tanggal merah atau tanggal hitam, tetap masuk kerja atau masih sibuk bekerja. Sehingga hari libur harus direncanakan. Libur yang sebenarnya. Libur secara lahir dan bathin. Tidak disibukkan dengan urusan yang lain. Libur untuk keluarga.

Waktu untuk keluarga sangat penting. Perlu direncanakan dan diusahakan. Tinggalkan sejenak urusan pekerjaan. Rencanakan waktu bersama keluarga yang produktif dan berkualitas. Ciptakan komunikasi yang hangat. Saat-saat santai bisa digunakan untuk berbicara dengan pasangan. Berbicara dari hati ke hati.  Jauhkan dan off-kan benda-benda elektronik. Termasuk handphone atau gadget.

2. Memasak Bersama

memasak bersama keluarga


Tujuan dari quality time adalah terbangun komunikasi yang hangat. Maka untuk mencapai tujuan tersebut perlu diciptakan momen-momennya. Ciptakan dan pilihlah momen yang paling pas menurut anda untuk mencapai tujuan tersebut. Termasuk memasak bersama.
Biasanya tugas di dapur adalah tugasnya para wanita. Maka sekali waktu luangkan waktu khusus untuk memasak bersama. Luangkan waktu yang semua anggota keluarga dapat bersama-sama. Jenis masakan tidak harus istimewa, sederhana tidak apa-apa. Karena yang istimewa adalah kebersamaanya.

3. Menata Rumah



Kesibukan bekerja kadang menjadikan hubungan rumah tangga berantakan dan terbengkalai. Tidak hanya itu, pekerjaan rumah juga tidak terjamah. Rumah menjadi tidak terurus. Jendela kotor, kamar mandi berlumut, rumput liar dimana-mana, ruang tamu jarang disapu, dinding kusam, genteng bocor, dan lain-lain. Rumah terbengkalai seperti rumah tidak berpenghuni.


Nah, agar hubungan rumah tangga tidak berantakan, rumah juga tidak terbengkalai, rencanakanlah untuk bersama-sama memperbaikinya. Siapkan waktunya, bagilah tugas seluruh anggota keluarga, dan mulailah dari pekerjaan rumah yang ringan, yang semua anggota bisa melakukannya. Mulai dari kamar masing-masing, ruang tamu, dapur, hingga halaman rumah.

Akhirnya rumah menjadi bersih dan rapi. Hubungan rumah tangga menjadi manis dan harmonis.  

4. Mengunjungi Keluarga

kunjungan keluarga


Hubungan keluarga yang kurang harmonis karena komunikasi yang tidak lancar kadangkala diperlukan mediasi. Agar hubungan menjadi lancar dan cair. Mediator yang nyaman biasanya adalah orang yang masih ada hubungan keluarga. Bisa orangtua, saudara, atau lainnya.

So, jadwalkan waktu berkualitas anda dengan berkunjung ke keluarga atau sanak saudara. Tidak usah menunggu hubungan keluarga merenggang. Sering-seringlah bersilaturrahim bersama pasangan anda. Khususnya berkunjung ke orang tua. Karena hal ini dapat merawat dan mempererat hubungan keluarga.

5. Berwisata

wisata pantai bali indonesia


Wisata bersama keluarga sekali waktu perlu direncanakan dan dijadwalkan. Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri tetapi di tempat wisata yang dekat dan tidak berbayar itu pun bisa. Sekali lagi, yang terpenting adalah kebersamaanya.

Rencanakan liburan bersama keluarga ke pantai, ke sawah, dan tempat-tempat indah lainnya. Alam Indonesia masih luas dan indah, yang bisa dinikmati dengan gratis. Sederhana namun berkualitas.

Dari kelima hal di atas, anda dapat mencoba salah satunya atau dicoba satu persatu. Pilih yang menurut anda efektif. Semua anggota keluarga menyukainnya. Jangan sampai kegiatan yang dilakukan justeru menjadi sebab rusaknya komunikasi dan renggangnya hubungan keluarga. Jika terjadi demikian, ingatlah kembali tujuan dari kegiatan tersebut. Selamat menikmati quality time. (MB/19)

baca juga : Wisata Camping di Bukit Dandaun Lombok

No comments for "5 Cara Menciptakan QualityTime dalam Keluarga"

Berlangganan via Email