Widget HTML Atas

Pengertian, Manfaat, Teknik Menulis Endorsement dan Contoh Endorsement Buku

contoh endorsement buku
Contoh Endorsement buku

Lazimnya susunan sebuah buku adalah terdapat judul buku, nama penulis, kata pengantar dari penerbit, prakata penulis, daftar isi, isi buku, penutup, daftar pustaka atau referensi dan biodata narasi penulis. Selain itu di beberapa buku seringkali kita jumpai penulis buku juga mencantumkan beberapa komentar dari orang lain. 

Komentar-komentar tersebut biasanya disebut endorsement. Endorsement biasanya diletakkan di sampul buku. Endorsement tersebut biasanya dari seorang tokoh yang terkenal atau public figure

Nah, kali ini saya ingin sedikit membahas tentang endorsement buku. Apa pengertian endorsement buku? Apa manfaat mencantumkan endorsement buku? Bagaimana cara menuliskan endorsement buku? dan seperti apa contoh endorsement buku? 

Mari kita bahas !

Pengertian Endorsement Buku

Endorsement dalam kamus bahasa inggris berarti pernyataan promosi atau tindakan pendukung. Pernyataan dukungan publik untuk seseorang, produk, atau layanan.

Sedangkan menurut Much. Khoiri (Penulis dan dosen sastra Inggris Unesa) Endorsement buku memuat statemen ringkas dari pakar tertentu tentang sebuah buku. Lazimnya, ia menonjolkan kekuatan dan keunikan isi buku itu. Ada juga yang menyatakan tentang kelebihan tertentu dari penulisnya. Kerap juga endorsement menampilkan apresiasi atas teknik penulisan yang digunakan di dalam buku. Semuanya dimaksudkan untuk mempromosikan penulis dan isi buku kepada publik pembaca.

Jadi, endorsement buku merupakan pernyataan singkat untuk mendukung atau mempromosikan buku dari seorang yang dianggap berpengaruh atau public figure kepada pembaca. Dengan tujuan untuk mendongkrak dan mempromosikan penulis dan isi buku kepada pembaca.

Manfaat Adanya Endorsement Buku

Endorsement memang bukan hal yang wajib ada dalam sebuah buku tetapi dengan adanya endors ini buku menjadi semakin menarik dan berbobot.

Meringkas dari penerbitdeepublish, ada beberapa manfaat dari endorsement buku yaitu:

1. Memperkuat tema buku.

Dengan adanya endors dari seorang tokoh atau pakar yang berkaitan dengan tema, buku akan semakin berbobot. Secara tidak langsung para pakar yang memberikan endorsement sudah membaca dan mendukung isi buku tersebut. 

2. Mendapatkan jaringan baru

Endorsement dari seorang tokoh atau yang sudah terkenal otomatis akan menambah jaringan baru dalam bidang menulis dan tema yang diangkat. Secara tidak langsung juga akan menambah wawasan dan ilmu baru. Tidak menutup kemungkinan aka nada peluang-peluang baru.

3. Menarik perhatian orang lain

Buku-buku dengan endorsement yang banyak dari public figure akan menarik perhatian pembaca. Bahwa buku tersebut mendapatkan banyak dukungan dari orang-orang terkenal dan terpercaya. Branding sebuah buku semakin baik dan menarik.

4. Ajang promosi

Manfaat lain dari adanya endorsement adalah mendongkrak bobot sebuah buku dan promosi buku kepada pembaca. Hal ini cukup jitu dilakukan namun kualitas penulis dan intensitas penulis dalam menulis buku tetap menjadi pertimbangan. Penulis buku yang sudah dikenal namanya dan karyanya mungkin sudah tidak lagi membutuhkan endorsement.

Teknik menulis endorsement buku

Jika anda seorang public figure atau sedang diberikan kepercayaan untuk memberikan endorsement sebuah buku, dan ternyata anda belum pernah menuliskan sebuah endorsement buku, anda tidak perlu khawatir. Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Membaca isi buku atau ringkasan buku

Sebaiknya anda membaca buku untuk menemukan feel dari buku tersebut. Jika anda sangat sibuk, minimal ringkasan isi buku atau biasanya membaca kata pengantarnya. Dengan membaca buku anda juga dapat memutuskan menerima atau menolak memberikan endorsement.

2. Mengetahui kekuatan dan keunikan buku

Setelah membaca dengan baik, anda akan mengetahui kekuatan dan keunikan dari buku. Dengan mengetahui keunikan dari buku, anda dapat menjadikannya sebagai bahan untuk berpendapat atau berkomentar terhadap buku tersebut.

3. Mengetahui kelebihan dari penulis

Jika anda sudah cukup yakin dan mengenal penulis dengan buku yang ditulis, anda juga dapat memberikan komentar secara personal. Kelebihan penulis dengan tema buku yang ditulis.

4. Mengapresiasi teknik menulis dari penulis

Anda juga dapat memberikan komentar dari sisi proses kepenulisan. Teknik menulis yang unik dari penulis akan menjadi komentar yang menarik dan perlu diapresiasi. Misalnya: sebuah buku novel dengan tebal 500 halaman ditulis hanya dalam satu bulan. Ini perlu diapresiasi dalam bentuk endorsement.

Beberapa contoh endorsement buku

Berikut saya cantumkan beberapa endorsement buku, anda dapat mengembangkan atau merangkai kembali sesuai buku yang akan diendors.

1. Endorsement dari buku “Catatan kecil seorang Guru”

Membaca buku ini, mengingatkan saya pada perkataan Orson Scott Card, “Setiap dari kita akan berjalan melewati ribuan ide cerita setiap hari. Penulis yang baik adalah mampu melihat dan menangkap lima atau enam dari ribuan ide cerita tersebut. Tapi sebagian besar tidak melihat sama sekali”. Masruhin Bagus merupakan penulis yang baik karena mampu menangkap lebih dari lima atau enam ide dari ribuan ide yang bertebaran setiap hari. Selamat atas terbitnya buku “Catatan Kecil Seorang Guru" semoga bermanfaat. (Dr. M. Arfan Muámar, M.Pd.I – Dosen UM Surabaya/Ketua Sahabat Pena Kita)

2. Endorsement dari buku “Menyiapkan Generasi Milineal di Era Digital”

Era digital, dengan berbagai perubahan dahsyat, menuntut inovasi dan keteladanan guru, agar mampu mendidik siswa milineal secara optimal. Tulisan-tulisan dalam buku ini bukti kreativitas guru, sekaligus menjadi sumber inovasi dan keteladanan. Selamat memetik inspirasinya. (Much. Khoiri, dosen, penggerak literasi, dan penulis 34 buku dari Unesa Surabaya)

3. Endorsement dari buku “Menyiapkan Generasi Milineal di Era Digital”

Ragam tulisan yang ada dalam buku ini berisi nasihat dan motivasi, khususnya ditujukan pada kalangan milineal, agar menjadi generasi bangsa yang tangguh, ulet, disiplin, tanggungjawab, dan memiliki rasa nasionalisme dengan berlandaskan pada pokok-pokok ajaran agama. Inspiratif dan recommended (Haidar Musyafa, Penulis Novel Biogarafi, penulis Novel Hamka)

4. Endorsement dari buku “Generasi Quráni Pengukir Peradaban”

Buku antologi parenting ini ikhtiar menghadirkan simfoni Al Qurán tentang hidup bertakwa, berkeadilan, berkeseimbangan, berkeadaban, berpendidikan, bercita-cita mulia, berbakti kepada orang tua, dan berdidikasi kepada sesame. Selamat membaca. (Prof. Dr. H. Muhammad Chirzin, M.Ag- Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

5. Endorsement dari buku “Marketing 4.0”

Tidak ada orang yang sedemikian paham akan pemasaran seperti Phil Kotler. Kemampuannya untuk menidentifikasi serta menafsirkan tren dan perkembangan pemasaran yang baru sungguh mencengangkan. Sekali lagi, dengan Marketing 4.0, Kotler dan rekan penulisnya membantu melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya untuk kesuksesan pemasaran. Ini sudah pasti merupakan buku pemasaran yang harus and abaca tahun ini. (Kevin Lane Keller, E.B. Osborn Profesor Pemasaran, Tuck School of Business)

Demikian pengertian endorsement, manfaat, cara atau teknik menulisnya dan contoh-contoh endorsement buku. Dari beberapa contoh di atas anda dapat mengembangkannya. Semoga bermanfaat.

4 comments for "Pengertian, Manfaat, Teknik Menulis Endorsement dan Contoh Endorsement Buku"

  1. Walaupun saya seorang penulis blog biasa aja, haha.. Tapi nggak ada salahnya donk bermimpi bakal dipercaya menulis endorsment buku. 😃

    ReplyDelete
  2. saya juga mau jadi endorse buku hehehe, sy biasanya hanya buat resensi aja sih

    ReplyDelete
  3. Terimakasih mbak sharingnya, menarik nih menulis endorsement buku. Untuk menjadi endorsemen harus punya karakter yang kuat dulu ya kak? branding diri, kira kira seorang blogger bisa gak ya

    ReplyDelete
  4. Endorsement buku ngefek banget bikin penasaran orang lain perihal gimana cerita di dalam bukunya. ...

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang positif. Mohon tidak meletakkan link hidup. Salam blogger!