Widget HTML Atas

15 SMA Swasta Islam Terbaik Se-Jawa Tengah, Sekolah Ini Perlu Dipertimbangkan!

sma islam terbaik jawa tengah

15 SMA Swasta Islam Terbaik se-Jawa Tengah, Sekolah Ini Perlu Dipertimbangkan!.- Sebagian orang cenderung memilih sekolah untuk putra-putrinya adalah sekolah berbasis agama. Salah satu alasannya adalah agar anak memiliki nilai-nilai agama yang kuat. Dengan landasan agama yang kuat harapannya anak tidak mudah terpengaruh oleh lingkungan yang buruk dan anak dapat menjalankan prinsip-prinsip agama dengan baik.

Jumlah sekolah berbasis agama jumlahnya sangat banyak. Termasuk sekolah berbasis Islam. Dengan kekhasan dan keunggulannya masing-masing.

Nah, memilih sekolah untuk jenjang SMA yang berbasis asrama atau sekolah berbasis Islam, sekaligus unggul dalam mengantarkan siswanya masuk perguruan tinggi tentu menjadi pertimbangan penting  bagi para orang tua. Terbaik dalam bidang agama dan unggul dalam membimbing siswa menuju PTN atau PTS favorit, atau bahkan perguruan tinggi luar negeri.

Berikut 15 SMA swasta berbasis asrama atau berbasis Islam Terbaik se-Jawa Tengah berdasarkan nilai rerata UTBK pada tahun 2020.


1. SMAIT IBNU ABBAS KLATEN

Nilai rerata nilai TPS : 551, 662

2. SMAIT NURHIDAYAH SUKOHARJO

Nilai rerata nilai TPS : 543, 042

3. SMAIT IHSANUL FIKRI MAGELANG

Nilai rerata nilai TPS : 538, 492

4. SMA SCIENCE BAITUL QUR’AN SRAGEN

Nilai rerata nilai TPS : 536, 694

5. SMA TRENSAINS MUHAMMADIYAH SRAGEN

Nilai rerata nilai TPS : 534, 637

6. SMA MUHAMMADIYAH KOTA BARAT SURAKARTA

Nilai rerata nilai TPS : 531,143

7. SMA AL ABIDIN BILINGUAL BOARDING SCHOOL SURAKARTA

Nilai rerata nilai TPS : 526,933

8. SMAS ALITHISOM GRABAG MAGELANG

Nilai rerata nilai TPS : 526, 807

9. SMAS AL IRSYAD AL ISLAMIYAH BANYUMAS

Nilai rerata nilai TPS : 524, 708

10. SMAS INSAN CENDEKIA AL MUJTABA SUKOHARJO

Nilai rerata nilai TPS : 521, 89

11. SMAS ASSALAM SUKOHARJO

Nilai rerata nilai TPS : 521, 405

12. SMAIT AL HIKMAH KARANGGEDE BOYOLALI

Nilai rerata nilai TPS : 519, 756

13. SMA AL AZHAR 14 SEMARANG

Nilai rerata nilai TPS : 518, 567

14. SMA SYUBBANUL WATHON MAGELANG

Nilai rerata nilai TPS : 517, 958

15. SMA AL AZHAR 15 SEMARANG

Nilai rerata nilai TPS : 515, 865


Demikian daftar 15 SMA Swasta Islam Terbaik Se-Jawa Tengah berdasarkan nilai rerata UTBK tahun 2020. Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). LTMPT adalah satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia. Pelaksanaan UTBK oleh LTMPT memiliki keunggulan karena hasil tes kredibel, terstandar dan nilai diberikan secara individu kepada peserta. 

Bagi para orang tua dan adik-adik kelas 9 SMP sederajat, semoga informasi ini bermanfaat. Tertarik dengan salah satu sekolah di atas, silakan ditelusuri lebih jauh, bila perlu silakan disurvei ke lokasinya langsung. Semoga bermanfaat !

Sumber : top-1000-sekolah.ltmpt.ac.id
sumber gambar : PPTQ Ibnu Abbas Klaten

13 comments for "15 SMA Swasta Islam Terbaik Se-Jawa Tengah, Sekolah Ini Perlu Dipertimbangkan!"

  1. INformasi ini sangat bermanfaat mas terutama orang tua yang ingin memasukkan anaknya ke SMA namun masih bingung. Semoga tahun ajaran baru ini bisa memotivasi calon siswa SMA menjad lebih semangat belajar

    ReplyDelete
  2. Wah yang sragen ini dekat banget dengan rumah ortu, bisa nih ku rekomendasikan buat para ponakan. Trims infonya kak

    ReplyDelete
  3. Masyaallah baru tahu nih, thanks yang udah bikin 15 besar SMA it se Jateng. Anakku baru masuk salah satunya :) ikut bangga. Bismillah.
    Artikel yang sangat bermanfaat! Makasih

    ReplyDelete
  4. Niat yang bagus dari orang tua untuk memasukkan anaknya ke dalam pesantren atau sekolah berbasis Islam. Namun, sebelum hal itu dilakukan mesti ada dialog dulu dengan anak. Sebab, anak kadang termakan informasi yanh tidak benar tentang pesantren. Kalau perlu, ajak anak untuk melihat langsung di sekolah tersebut. Jadi, dia punya gambaran seperti apa nanti di sana.

    ReplyDelete
  5. Semua orang tua pasti menginginkan anaknya masuk ke sekolah terbaik ya kak, agar kelak ia dapat meraih ilmu seperti apa yang diharapkan.

    Tapi disamping itu, sebelum memasukkan anak ke sekolah tersebut,ada baiknya diskusi dulu.
    Karena yang akan menjalani nya anak,bukan orang tua. Dan sebagai orang tua hanya mendoakan yang terbaik.

    ReplyDelete
  6. Di Jateng ada Ibnu Abbas juga? Apa satu lembaga ya dengan Ibnu Abbas di Raha, Sulawesi Tenggara. Soalnya Ibnu Abbas juga di sini jadi sekolah favorit.

    Sekolah-sekolah Islam emang semakin banyak pilihan dan menyesuaikan dengan kebutuhan zaman now. Semoga semua itu jadi tanda perbaikan peradaban.

    ReplyDelete
  7. Sangat bermanfaat untuk menemukan sekolah terbaik di Jawa Tengah. Sekolah berembel-embel internasional tentu saja harus membuktikan kualitasnya. Hehe..

    ReplyDelete
  8. Di daerah saya juga ada sekolah menengah dengan embel-embel "Insan Cendikia", apakah semua institusi itu ada hubungannya? Terlepas dari itu, kualitas pendidikan yang mereka tawarkan memang di atas rata-rata

    ReplyDelete
  9. Masya Allah.. Al Abidin Bilingual ini sekolah anakku. Ga nyangka termasuk 15 besar di Jawa Tengah. Alhamdulillah.. semoga bisa jadi partner belajar anakku, supaya jadi anak beradab dan berilmu

    ReplyDelete
  10. Sebagai Muslim, saya tentu menginginkan sekolah berbasis agama pula untuk anak saya. Zaman sekarang, diajarin agama pun, anak masih saja malas urusan agama. Hehehe. Saya suka SMAIT. Semua yang masuk daftar di atas tinggi juga ya nilai rerata TPS-nya.

    ReplyDelete
  11. Dulu saya sekolah di MTs. Gak pengen sih sebenarnya karena gak populer. Namun sekolah berbasis agama dapat membentuk karakter siswa jadi lebih baik secara moral. Oiya, tulisan arab anak sekolah agama itu bagus-bagus ketimbang sekolah umum kayak SMP.

    ReplyDelete
  12. Artikel yang menarik. Bisa jadi referensi nih buat orang tua maupun anak yang lagi cari referensi sekolah islam swasta terbaik di Jawa Tengah sana. Saya juga kalau anak2 udah masuk usia sekolah pengennya mereka bisa menuntut ilmu di sekolah islam walaupun swasta tapi pastinya juga tidak kalah saing ya dengan sekolah negeri

    ReplyDelete
  13. artikel swasta kalau di kota besar identik dengan sekolah mahal ya mbak, tapi kualitasnya bagus bagus, kalau di kota kelahiranku, rasanya sedikit banget bahkan hampir nggak ada sekolah swasta yang jadi kebanggaan, kenapaa yaaa

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang positif. Mohon tidak meletakkan link hidup. Salam blogger!