Widget HTML Atas

Ayam Panggang Legendaris Bu Setu Gandu Magetan

pengunjung Bu Setu Gandu

Pecinta kuliner mungkin sudah pernah merasakan berbagai jenis ayam panggang. Tapi ayam panggang yang satu ini mungkin berbeda. Dari cara mengolahnya, cara penyajiannya, hingga rasanya. Nah, kali ini masih dalam rangka menjajal trek C1000 Bike Park Magetan, saya akan sedikit mengulas rumah makan yang satu ini.

Keunikan Ayam Panggang Bu Setu Gandu Magetan

Ya, namanya ayam panggang Bu Setu Gandu. Sebuah rumah makan yang menyajikan menu spesial olahan ayam kampung panggang. Rumah makan ini berdiri sejak 1991 dan masih tetap eksis hingga sekarang. Tak heran kalau rumah makan ini memang melegenda.

Ayam Panggang Bu Setu ini memiliki dua rasa yang khas yaitu original asam manis dan ayam panggang bumbu pedas atau asin gurih. Dua-duanya memiliki rasa yang maknyus. Ayamnya yang empuk dan bumbunya yang merasuk hingga ke tulang. Lezatnya membuat pecinta kuliner tidak mau berhenti melahap ayam panggang hingga ke tulang-tulangnya.

Ayam Panggang Bu Setu Gandu
Ayam Panggang Bu Setu

Disajikan dengan tambahan urapan sambel kelapa, lalapan, sambel terasi, dan sambel bawang, juga hampir membuat saya khilaf, tidak mau berhenti untuk makan. He he ..

Keunikan lainnya adalah dari cara mengolahnya. Cara memasak ayam panggang Bu Setu masih menggunakan cara tradisional ala wong ndeso. Mungkin karena cara yang ndeso inilah ayam panggang Bu Setu memiliki cita rasa yang khas dan nikmat.

Cara mengolah Ayam panggang Bu Setu masih menggunakan dapur tradisional dan memakai tungku kayu bakar. Proses singkatnya, ayam yang sudah dibumbu, kemudian diungkep, dipanggang, dibumbui lagi, dan dipanggang lagi di atas tungku hingga empuk dan matang.

ayam panggang Bu Setu Magetan
Tungku Pemanggangan ayam

Meskipun disediakan meja kursi, tapi pengunjung lebih banyak memilih tempat lesehan. 

Pada saat rombongan kami ke sini pada hari Sabtu, pengunjung rumah makan ini sangat ramai. Hampir semua tempat yang disediakan penuh oleh pengunjung.

Sedangkan untuk harga, satu ekor ayam panggang dibanderol sekitar 85ribu – 90ribu (maklum saya gak ikut bayar). Tapi dari informasi yang saya dapatkan harganya memang segitu. Tergantung pesanannya. Harga tersebut belum termasuk nasi dan minumannya.

lesehan ayam panggang bu setu
lesehan di RM Bu Setu Gandu

Lokasi Rumah Makan Ayam Panggang Bu Setu, Lokasi Ndeso, Rejeki Kutho

Lokasi rumah makan ini sebenarnya menurut saya jauh dari strategi bisnis. Ya, tempatnya masuk ke perkampungan di Desa Gandu, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Magetan. 

Dengan jalan yang sempit dan area parkir yang tidak terlalu luas. Tapi kalau sudah rejeki, rasa sudah di hati, dimanapun tempatnya pasti dicari. Meskipun masuk ke pelosok desa, tapi pengunjung yang datang luar biasa. Berasal dari mana-mana. Bahkan dari berbagai kota.

lokasi ayam panggang bu setu gandu

Untuk sampai ke rumah makan ini juga cukup mudah. Dengan panduan GPS, teman-teman akan dituntun sampai ke dapur. Eh, sampai ke lokasi. 

Lokasi tepatnya, sekitar 14 Km dari alun-alum Magetan atau sekitar 23 menit perjalanan dengan kendaraan roda empat. Atau kalau teman-teman dari arah Ngawi, dari alun-alun Kota Ngawi sekitar 22 Km atau sekitar 40 menit jika berkendaraan roda empat dan lalu lintas normal.

Kalau teman sudah sampai ke lokasi, biar tidak penasaran. Teman-teman boleh kok mengintip dapur pengolahan ayam panggangnya. Foto-foto juga boleh. Tapi ingat, jangan lupa pesan makanan, jangan hanya foto doang! He he...

Bagi saya rumah makan ini juga recommended. Sayang kalau ke Magetan tidak mampir ke rumah makan ini. Selamat mencoba! (06/21) 

14 comments for "Ayam Panggang Legendaris Bu Setu Gandu Magetan"

  1. Wow ini dipanggang dengan tunggu tradisional gitu ya
    Kebayang udah, ini pasti enak bangeeeet
    Kangennya ngerasain masakan yang diracik dengan bumbu tradisional dan dimasak seperti ini. Mengingatkan masa kecil dulu euy.
    Seandainya deket, pengen langsung kusamperin deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bumbu dan masaknya tradisional. Jadi semakin enak..

      Delete
  2. Wah tungku panggangannya gede gitu ya matengnya pasti merata deh, rombongan bisa dilayani sekali panggang juga ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, penyajian nya juga cepat. Jadi semakin puas

      Delete
  3. Sejak 1991 dan masih eksis, berarti memang lezat sekali dan sangat banyak penggemarnya. Salah satu warung makan yang rekomended memang yang dapurnya bersih dan boleh dikunjungi pembeli, ya

    ReplyDelete
  4. Aku aku aku, sukaaaaa banget sama ayam panggang. Apalagi kalo ayam panggang bumbu kalasan. Adududu, bisa abis 2 potong sekali makan.

    Ayam Panggang Bu Setu Gandu Magetan ini bisa jadi oleh-oleh lokal nih ya. Kalo wisata ke Magetan, pulangnya bawa buah tangan ayam panggang.

    ReplyDelete
  5. Catat dulu nih.. Lumayan jadi alternatif kulineran saat jalan-jalan ke Magetan. Makasih rekomendasinya..

    ReplyDelete
  6. Ayam panggang Bu Setu Gandu berdiri sejak 1991. Wah, udah 30 tahunan. Keren. Cara masaknya pun masih tradisional. Itu yang bikin rasanya khas. Sukses selalu ayam panggang Bu Setu Gandu....

    ReplyDelete
  7. Kalau udah bahas makanan, saya terbayang2 dan pengen cobain. Karena saya suka makan, jd suka juga baca review makanan hehe.
    Ayam Panggang Legendaris Bu Setu Gandu Magetan ini wajib aku coba kl ksana hehe

    ReplyDelete
  8. Emang ya kalau masaknya masih dapur tradisional dan memakai tungku kayu bakar tuh masakan jadi makin nikmat dan wangi. Aku selalu suka makan yang seperti warung bu setu gandu ini.

    ReplyDelete
  9. Ayam panggang Bu Setu Gandu ini memang pas disebut sebagai ayam panggang legend ya Mas Masruhin. Karena untuk mempertahankan cita rasa, diolahnya tetap menggunakan cara-cara tradisional. Hmm, kapan2 jalan ke Magetan mau mampir juga ahh

    ReplyDelete
  10. tungku sampai jejer 4 gitu ya. Bayangin ayam di panggang di atas bara itu udah kerasa sedapnya.
    Catat ah, suatu saat klo ke Magetan mesti ukutin jejaknya nih, berfoto di depan tungku sambil berakting memanggang ayam

    ReplyDelete
  11. Wah ini mah deeket banget dengan rumah bulik Saya... Hihihi dulu suka dikasih oleh-oleh ayam panggangnya kalau pas pulang ke ngawi. Rasanya memang luar biasa nikmat... Jadi pengen pulkam...

    ReplyDelete
  12. Ayam panggangnya menggoda selera banget, sayang banget nih lokasinya sangat jauh, coba kl ada buka cabang dsini bisa kucobain juga

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang positif. Mohon tidak meletakkan link hidup. Salam blogger!