Widget HTML Atas

C1000 Bike Park Magetan, Trek Sepeda yang Asyik dan Menantang

cemoro sewu bike park magetan
Adventure 530 

Bagi para penghobi sepeda gunung, siapa yang tidak kenal dengan trek sepeda C1000 alias trek Cemoro Sewu. Trek sepeda yang sebagian merupakan trek pendakian menuju puncak Gunung Lawu.  Bagi yang belum pernah ke sini, rasanya anda musti mencobanya.

C1000 Bike Park Andalan Kabupaten Magetan

Nah, teman-teman bikers, setelah sukses Jelajah Bromo bersama  Komunitas MTB Adventure 530 Tuban, kali ini saya akan berbagi pengalaman mencoba jalur trek C1000 Bike Park Magetan. Tentunya masih bersama komunitas Adv. 530. 

C1000 Bike Park diresmikan pada Januari 2021. Konon sejak Bike Park ini diresmikan, hampir setiap pekan ada rombongan yang datang untuk mencoba dan merasakan sensasi trek C1000 Bike Park. Alasannya karena C1000 bike Park udaranya sejuk, treknya asyik dan juga menantang adrenalin.

Bike Park ini sendiri merupakan Bike Park yang masih dikelola oleh komunitas di lahan milik perhutani. Berkat support dari berbagai pihak, termasuk ISSI Magetan, jalur sepeda gunung ini resmi digunakan sebagai Bike Park.

c1000 bike park magetan
start c1000 bike park

C1000 Bike Park ini memiliki dua jalur yakni jalur downhill dan jalur enduro. Menurut Mas Ikhwan, salah satu pengurus C1000 Bike Park, bahwa jalur downhill C1000 Bike Park merupakan jalur yang dibuat untuk latihan para atlit downhill, yang pada bulan Juli mendatang juga akan digunakan sebagai ajang kejuaraan olahraga downhill tingkat provinsi.

anggota 530 Adventure
Senior Adv 530

Perjalanan Menuju C1000 Bike Park

Dalam rangka merayakan Ulang Tahun Adventure 530 Tuban yang ke- 6 (Berdiri 24 Juni 2015), komunitas yang diketuai Captain Agus M ini menyelenggarakan acara Nglencer bareng di C1000 Bike Park Magetan.

Setelah melakukan persiapan yang matang, pada Sabtu, 19 Juni 2021, rombongan Adv 530 berangkat Nglencer bareng menuju C1000 Bike Park Magetan. Dengan motto “Ora usah mikir sangu, senengno rogomu, ben krasan nyowomu”, rombongan yang terdiri 32 orang ini meluncur dari Bumi Wali Tuban menuju Magetan.

Rombongan dibagi dalam 6 kendaraan. Terdiri dari dua mobil dauble cabin, dua minibus hiace, dan dua mobil pickup untuk sepeda. Jarak yang akan ditempuh sekitar 165 km atau sekitar 4 jam dengan menggunakan kendaraan roda empat dan dalam kondisi lalu lintas normal.

pengunjung ayam panggang bu setu gandu
Mampir makan di Bu Setu Gandu

Sekitar pukul 12.30 rombongan tiba di rumah makan ayam panggang Bu Setu Desa Gandu. Rumah makan legendaris di Kota Magetan. Soal rasa, ayam panggang Bu Setu memang maknyus banget! Sepertinya saya harus mampir ke rumah makan ini lagi kalau ke Magetan.

Telaga Sarangan

Pada pukul 15.00, kami tiba di hotel Mulia. Tempat kami bermalam dan beristirahat sebelum besok pagi gowes. Hotel yang kami tempati ini berada tidak jauh dari Telaga Sarangan. Sehingga kami menyempatkan untuk jalan-jalan di Telaga Sarangan. 

Ini adalah kali pertama saya berada di Telaga Sarangan. Jadi kesempatan ini tidak saya sia-siakan untuk menikmati keindahan telaga. Lake to remember. Tidak lupa foto bersama dan selfi. 

Sekali lagi, ini benar-benar nglencer. kuliner, jalan-jalan, nginap hotel, dan gowes. Paket lengkap! He he…

hotel mulia sarangan
hotel mulia sarangan

Merayakan Ulang tahun Adventure 530 Ke-6

Setelah istirahat dan shalat isya, kegiatan diisi dengan Gala Dinner. Kegiatan makan malam dan dilanjutkan dengan merayakan hari ulang tahun Adventure 530. Dengan rangkaian acara ramah tamah, sosialisasi kesehatan oleh dr. Miko, game indoor, berbagi doorprize, dan hiburan. Sebelumnya acara juga diisi dengan doa bersama untuk anggota tim Adv 530 yang sudah tiada.

“Acara ini bertujuan untuk meningkatkan keakraban antar anggota, dan dengan motto “Ora usah mikir sangu, senengno rogomu, ben krasan nyowomu”, semoga semua member Adv 530 mempunyai jiwa raga sehat dan kuat, semakin bertambah imun dan imannya serta bahagia”. Demikian ungkap Captain Agus dalam beberapa sambutannya.

trek c1000 bike park magetan
trek C1000 Bike park

Eksplore Cemoro Sewu Bike Park Bersama Adventure 530 Tuban

Setelah sarapan pagi, kami lalu bersiap untuk gowes bersama. Dari hotel kami masih harus naik menuju start point Bike Park.

Taman sepeda cemoro sewu atau C1000 Bike Park ini berada di kaki gunung lawu. Berada di atas Telaga Sarangan. Sekitar 4,5 KM atau sekitar 15 menit dari Telaga Sarangan.

Sesampainya di lokasi, kami melakukan breafing bersama marshal dan rider. Kami mengecek sepeda dan perlengkapan keamanan lainnya. 

Di area Bike Park sendiri diterapkan peraturan yang ketat. Diantaranya harus menggunakan sepeda standart di area pegunungan, diutamakan sepeda full suspense, memakai alat pelindung seperti helm, pelindung badan, siku dan dengkul dan wajib bersepatu. Bagi anak dibawah 15 tahun harus bersama pendamping atau dibawah bimbingan. Selain itu juga harus berdoa sebelum melakukan trekking.
 
safety rules c1000 bike park
safety rules

Selain persiapan di atas, ada persiapan lainnya yaitu sering bersepeda rutin. Hal tersebut dalam rangka melatih fisik, mental, dan mengenal sepeda. Dan yang paling penting pada saat berada di jalur trek harus hati-hati, safety first dan mentaati safety rules.

C1000 Bike Park berada pada ketinggian sekitar 1500 Mdpl, jadi suhunya sangat dingin dan segar. 

Jarak tempuh juga lumayan panjang, sekitar 16 KM. Sehingga sepanjang jalur, mata kita juga dimanjakan dengan pemandangan sejuk Kota Magetan dari ketinggian. 

Finish terakhir di Desa Sumber Dodol, namun sayang, saya tidak sampai selesai. So far so good, C1000 Bike Park recommended untuk para pecinta gowes. (06/21)

10 comments for "C1000 Bike Park Magetan, Trek Sepeda yang Asyik dan Menantang"

  1. Jarak tempuhnya jauh banget kak tapi pasti nggak berasa ya kalau dilakuin bareng temen-temen. trek sepedanya juga keren banget apalagi bulan besok bakal di laksanain lomba di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu jarak tempuh sedang kak, biasaya hinga 20km..

      Delete
  2. 16 km lumayan juga. No, itu berat menurutku yang tidak pernah bersepeda dan hanya suka berolahraga ringan dengan jalan kaki saja. Tapi sepertinya worth it melalui track sepanjang itu dengan panorama Magetan dari ketinggian. Sukses selalu adventure 530 Tuban....

    ReplyDelete
  3. C1000 bike park ini berarti terhitung baru ya, diresmikan Januari 2021.
    Saya suka nonton tayangan TV bersepeda di jalur pegunungan gini, kayaknya asyik banget gitu. Tapi kalau untuk menjalani sendiri, belum berani

    ReplyDelete
  4. Perjuangan banget ya mas, untuk sampai ke sana karena harus menempuh perjalanan 4 jam dengan roda 4. Oh ya, kalau treknya begitu, berarti ban sepedanya harus khusus dong ya?

    ReplyDelete
  5. Selamat ulang tahun Adventure 530. Semoga seluruh anggotanya sehat selalu.

    Keren banget rangkaian acara ultahnya. Dapat sehatnya, dapat doorprizenya. Ditambah lagi pemandangan alam dari ketinggian. 16 km bagi para expert gak bakal berasa.

    ReplyDelete
  6. wah gak kerasa sudah ulang tahun aja nih Adventuer 530, semoga seluruh anggotanya sehat selalu dan baik" saja. Keren banget tempat jelajah kali ini pengen banget aku kesana

    ReplyDelete
  7. Serunyaaa rame-rame sepedaan di gunung begini. Sayangnya saya ga bisa naik sepeda. Tapi penginnn banget ke Cemoro Sewu, dari dulu belum kesampaian.

    ReplyDelete
  8. Pehobi sepeda serasa ketemu surga ya masuk C1000 Bike Park ini. Biasanya cuma nyempil di pinggir jalan, campur sama kendaraan lain. Kalo ini mah serasa milik sendiri, plus suasananya alami bangettt. Keren banget format fotonya di rooftop Hotel Mulia Sarangan. Pake baju oranye semuanya.

    ReplyDelete
  9. C1000 Bike Park menarik sekali ya, berada di daerah pegunungan jd k keringetan pun suasananya tetep seger ya... seru banget acaranya ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang positif. Mohon tidak meletakkan link hidup. Salam blogger!

Berlangganan via Email