Widget HTML Atas

9 Tips Membeli Mobil Bekas Agar Anda Tidak Kecewa

mobil bekas


9 Tips Membeli Mobil Bekas Agar Anda Tidak Kecewa.-  Alasan membeli mobil bekas bukan semata masalah keuangan tetapi bisa jadi karena mobil yang dipilih adalah mobil langka. Anda seorang penghobi mobil klasik atau antik yang sudah tidak diproduksi kembali alias limited edition. Atau bisa juga karena mobil yang dicari banyak penggemarnya dan banyak komunitasnya.

Apapun alasan membeli mobil bekas, yang penting anda tidak kecewa setelah membelinya. Karena namanya juga membeli mobil bekas. Rasa kecewa itu biasanya terjadi ketika mobil yang dibeli diluar ekspektasi. Kecewa boleh tapi jangan berlarut-larut ya guys!.

Kalau sedang beruntung, membeli mobil akan sangat menguntungkan jika anda jeli dan pintar dalam membelinya. Anda akan dapat barang bagus dengan harga murah. Ini yang semua orang inginkan. Nah, kali ini saya akan berbagi tips agar anda tidak kecewa dalam membeli mobil bekas.

9 Tips membeli mobil bekas agar anda tidak kecewa

1. Tentukan mobil dan budgetnya.

Sebelum anda membeli mobil, pasti anda sudah memiliki beberapa pilihan. Pertimbangannya mulai dari model, merk, bahan bakar, transmisi, tahun, termasuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Setelah menentukan pilihan, selanjutnya gali informasi lebih dalam terkait mobil yang akan dibeli. Termasuk perbandingan harga di pasaran. Hal ini untuk menyiapkan anggaran dananya.

2. Hati-hati dengan harga murah

Jika anda mendapatkan penawaran harga mobil dibawah kisaran harga pasar, anda patut curiga, tetap hati-hati dan teliti. Karena biasanya ada ‘sesuatu’ yang kurang dari mobil yang ditawarkan. Anda harus tetap melakukan langkah-langkah atau tips membeli mobil bekas berikutnya.

3. Cek Mesin Mobil

Caranya dengan menyalakan mesin, dengarkan suara mesin, apakah ada suara-suara yang tidak wajar. Cek fisik mesin, apakah ada bekas rembesan oli yang bocor atau tidak, bisa juga melihat asap yang keluar dari knalpot. Jika anda kurang faham tentang mesin mobil, sebaiknya anda membawa teman montir yang mengerti mesin. Hal ini untuk memastikan bahwa mobil yang akan dibeli memiliki performa mesin yang sehat. Seandainya jadi dibeli, mobil tidak banyak perawatan. Bisa juga dicek atau ditanyakan riwayat perawatan mobil dari pemiliknya langsung. Agar lebih yakin dengan kondisi mesin mobil.

4. Cek bodi mobil

Mobil bekas tabrakan biasanya kurang disukai. Bukan sekadar mitos, tetapi mobil bekas tabrakan kurang nyaman, karena dalam kecepatan tertentu, mobil menjadi ‘gloyor’ alias tidak stabil. Sehingga perlu dipastikan bahwa bodi dan rangka mobil masih asli. Belum pernah servis bodi dan cat. Selain itu, eksterior dan interior juga perlu dipastikan original, tidak KW.

5. Cek dokumen atau surat-surat

Untuk menghindari penipuan anda perlu mengecek keabsahan surat-surat kendaraan. STNK, BPKB, termasuk pajak kendaraan. Pastikan surat-surat tersebut resmi dan masih berlaku. Selain itu, anda juga perlu mencocokan kondisi fisik, nomer mesin dan nomer rangka dengan surat-surat yang ada. Nomer yang tertera di mesin dan rangka harus sama.

6. Cek riwayat kendaraan

Untuk cek riwayat kendaraan, anda perlu memastikan beberapa hal, misalnya apakah mobil dari tangan pertama, asal kendaraan, plat nomor, mobil bekas perusahaan atau pribadi, bekas rental atau taksi, riwayat pemakaian, berapa kilometernya dan riwayat servis berkala.

7. Membeli di tempat yang terpercaya

Bagi sebagian orang yang tidak ingin ribet, bisa langsung datang ke showroom jual beli mobil bekas yang terpercaya. Untuk mengetahui apakah penjual mobil atau showroom tersebut bagus atau tidak, anda bisa mendengar testimoni dari orang-orang yang pernah bertransaksi di showroom tersebut. Showroom yang hanya menjual mobil-mobil berkualitas. Bahkan ada yang berani memberikan jaminan dan garansi untuk mobil-mobil yang dijualnya.
Tapi sekali lagi, tahapan dan poin-poin di atas menurut saya tetap dilakukan. Biar semakin mantap.

8. Test drive

Jika sudah mantap dengan mobil yang akan dibeli, jangan langsung dibayar, pastikan anda mencobanya dulu. Lakukan test drive. Buat perjanjian, jika menurut anda ada yang tidak, jual beli bisa dibatalkan. Penjual yang baik pasti menyuruh calon pembeli untuk mencobanya. Kalau ada kekurangan sedikit-sedikit biasanya dianggap wajar. Jika ada kekurangan yang tidak wajar, biasanya terjadi negosiasi ulang, yang berujung harga diturunkan.

9. Siapkan dana cadangan

Dana cadangan digunakan untuk perbaikan mobil. Biasanya kalau membeli mobil bekas, baru akan ketahuan minusnya setelah beberapa hari pemakaian. Sehingga dana cadangan perlu ditambahkan, untuk antisipasi jika ada kerusakan-kerusakan ringan atau servis pertama kendaraan. Pengalaman saya, untuk dana cadangan ditambahkan sekitar 10 % dari harga mobil. Selain itu, dana cadangan bisa digunakan untuk ganti oli, cek kendaraan, dan perbaikan-perbaikan kecil.

Itulah beberapa tips membeli mobil bekas agar anda tidak kecewa. Bagi anda yang berniat membeli mobil bekas, dan ingin kecewa atau bahkan ketipu, anda harus ekstra hati-hati. Tetap sabra, tidak usah terburu-buru. Jika beruntung, anda akan mendapatkan mobil impian anda. Semoga bermanfaat.

6 comments for "9 Tips Membeli Mobil Bekas Agar Anda Tidak Kecewa"

  1. Kadang mesti hati-hati juga ya dengan membeli mobil yang sudah banyak perubahan dari originalnya. Takutnya tidak sesuai kapasitas atau malah menutupi kerusakan sebelumny.

    ReplyDelete
  2. Setuju dengan "jangan cari yang murah" artinya harga seharusnya menjadi alasan nomor dua setelah kualitas. Kalau kita dapat kualitas bagus, pasti mau bayar lebih mahal, kan? Daripada dapat murah tapi masuk bengkel melulu, ya kan?

    ReplyDelete
  3. Saya ada rencana membeli mobil bekas, kata keluarga, bawa orang yang mengerti mesin untuk mengecek kondisi mobil. Soalnya, kalau saya mungkin merasa mobilnya bagus-bagus saja, tapi khawatirnya setelah pindah tangan justru malah sering ke bengkel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, setuju. Bawa orang yg ngerti mesin, insyaAllah lebih aman

      Delete
  4. Iya, nih. Beli mobil bekas juga buuh uang cadangan. Kadang selama test drive itu ada saja minus yang tidak terlihat. Atau saat beli kita tahu apa saja yang musti diganti.

    ReplyDelete
  5. Sering tertarik beli barang karena harganya murah. Tapi sering kecewa karena kualitas yang jelek. Setuju bahwa harus hati-hati dengan harga murah.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang positif. Salam blogger!

Berlangganan via Email