Widget HTML Atas

Belum ke Lombok Kalau Belum Snorkling di Gili Nanggu


Gili Nanggu lombok
 Foto by Witho Utomo-jejakruang.com

Belum ke Lombok Kalau Belum Snorkling di Gili Nanggu.- Pulau Lombok memiliki destinasi wisata yang sangat banyak. Seperti tiada habisnya untuk dijelajahi. Salah satunya adalah keindahan pantai dan pesona bawah lautnya. Pulau-pulau kecil sekitar Pulau Lombok laksana kepingan surga. Keindahannya sulit terdeskripsikan. Hiks!

Beberapa gili (pulau) di sekitar Lombok menjadi wisata andalan pemerintah setempat. Gili Terawangan misalnya, hampir tidak pernah sepi dari wisatawan asing.

Bukan berarti gili yang lain sepi dan tidak indah gaes?

Justeru di gili yang belum ramai pengunjung, kita bisa menikmati keindahan alam secara purna. Tidak terganggu kebisingan manusia. Dapat men-tafakkuri dan men-tadabburi alam semesta anugerah Allah sang maha pencipta.

Kalo sobat ingin berkunjung ke gili yang masih 'sepi' tetapi keindahannya tak ternilai, diantaranya ada Gili Nanggu, Gili Kedis, dan Gili Sudak. Semuanya ada di Lombok Barat.

Nah, kali ini, saya akan berbagi cerita sedikit, tentang pengalaman saya ketika berada di Gili Nanggu.

Apa saja kelebihan dari Gili Nanggu?


Gili Nanggu Lombok
Foto by Witho Utomo-jejakruang.com

Gili Nanggu Lombok
Foto by Witho Utomo-jejakruang.com

Gili Nanggu adalah sebuah pulau kecil yang bersebelahan dengan gili Tengkong. Butuh sekitar 45 menit untuk mengelilinginya. Konon pulau ini merupakan pulau pribadi (private island). Karena sudah dibeli oleh pengusaha asal Jakarta.

Di atas pulau tersebut sudah berdiri cottage dan bale-bale khas rumah suku sasak. Sempat ditutup untuk pengunjung umum dan hanya diperuntukkan untuk tamu hotel.
Ketika sampai di Desa Batu Kijuk, mata saya sudah dimanjakan pemandangan laut yang indah. Warna alam yang didominasi tiga warna, biru, putih, dan hijau. Pantai yang putih bersih, kadang tampak kilauan pasir yang terkena sinar matahari. Air laut di tepi pantai yang bening kebiruan, semakin jauh memandang semakin berwarna biru. Di seberang laut nampak pulau kecil berwarna hijau. Panorama yang sangat indah.

Bagaimana rute menuju Gili Nanggu?


boat menuju gili nanggu
jejakruang.com

Biasanya untuk penyeberangan menuju Gili Nanggu berangkatnya dari Desa Batu Kijuk. Di sepanjang pantai Desa Batu Kijuk terdapat banyak penyewaan boat menuju gili. Ada yang dikelola perorangan ada juga yang dikelola semacam paguyuban. 

Paguyuban-paguyuban tersebut menyewakan boat, pelampung, dan juga perlengkapan snorkling lainnya. Sama pengemudi tentunya.

Ohya, untuk menuju Desa Batu Kijuk, dari Kota Mataram sekitar 1-1,5 jam. Atau kurang lebih jaraknya sekitar 25 km. Setibanya di Desa Batu Kijuk, menyeberang menuju Gili Nanggu sekitar 15 menit.


baca : Senja di Pantai Losari Makassar

Jika sobat menggunakan jasa travel atau guide, sobat juga akan diajak menikmati makan siang dengan menu khas olahan ikan laut dan minuman kelapa muda. Sederhana tapi nikmatnya luar biasa. Karena menikmati makannya di alam terbuka, di tepi pantai, di sebuah pulau. Syahdu gaes !

Berapa biaya sewa boat dan snorkling di Gili Nanggu?


boat gili nanggu
Pantai Desa Batu Kijuk-jejakruang.com

Kebetulan pengalaman saya, ketika di Gili Nanggu menggunakan jasa tour & travel, sehingga rincian biayanya tidak tahu detailnya. Tetapi dari hasil tanya-tanya sama pengemudi boat yang mengantar saya dan rombongan, harganya terbilang murah dan terjangkau.

Kalo dari Kota Mataram, sobat bisa menggunakan jasa taksi online. Untuk ke gili, harga sewa boatnya, sekitar 350 ribu/boat. Bisa diisi 5-8 orang. Pulang dan pergi. Sewa alat snorkling sekitar 30ribu/orang. Jika tujuannya sampai ke Gili Sudak dan Gili Kedis harga paketnya sekitar 600-750 ribu/boat, untuk 5-10 orang. Dengan durasi hampir seharian full. 

Snorkling, menikmati keindahan bawah laut.


snorkling di gili nanggu lombok NTB
snorkling gili nanggu - jejakruang.com

Setelah sampai di Gili Nanggu, selain menikmati keindahan pantai dan semilir angin di bale-bale, kita bisa langsung turun untuk berenang dan ber-snorkling. Jangan lupa, siapkan kamera anti air dan makanan untuk ikan. 

Karena di bawah laut, kita dapat menyaksikan keindahan biota laut. Terumbu karang dan ikan yang berwarna-warni dari jarak yang sangat dekat. Ikan-ikan sudah jinak. Apalagi jika kita menyemprotkan makanan, ikan-ikan berbagai jenis akan mendekat. Laksana berada dalam sebuah aquarium yang super besar dan indah. Pokoknya nyesel kalau sudah tiba di Gili Nanggu nggak snorkling.

biota laut gili nanggu
keindahan dasar laut gili nanggu

Ohya, nitip pesan, kalau sobat sedang melakukan snorkling dan berada di laut yang dangkal sebaiknya sobat tetap berenang. Tidak berjalan. Karena kalau sobat berjalan akan menginjak-injak terumbu karang. 

Selain kaki sobat sakit, juga akan merusak terumbu karang. So, usahakan tetap berenang dengan pelampung yang dipakai.

Sayang kan gaes… kalau terumbu karang pada rusak semua, kita nggak bisa menikmatinya lagi. Ikan-ikan juga akan pergi dan menjauh karena rumah-rumah mereka dirusak.

Oke gaes! Mari kita jaga alam semesta, keindahan yang telah Tuhan berikan untuk kita. 

Kalo sobat punya pengalaman dan update terbaru tentang Gili nanggu, silakan komen dan berikan saran yg positif. Terima kasih(Jr/2020)  
  

18 comments for "Belum ke Lombok Kalau Belum Snorkling di Gili Nanggu"

  1. Dari postingan ini jadi tau artinya gili (pulau). Apakah beberapa gili yang sepi tersebut memang sengaja meminimalkan pengunjung, biar tetap terawat dan terjaga dengan baik?

    Saya masih sebatas ngeliat postingan di internet tempat wisata di Lombok, belum kesampaian ke sana. Hiks hiks 100x

    ReplyDelete
  2. seru banget bisa snorkling di Lombok. Aku belum kesampean untuk kesini. Tapi suamiku sudah pernah kesini touring naik motor, hihihi. Memang pemandangannya bagus banget

    ReplyDelete
  3. Pemandangan pantainya bagus dan bersih. Pemandangan bawah laut juga bagus. Perjalanan kesana dengan boat pasti seru banget ya. Bisa menikmati pemandangan alam yang indah selama perjalanan. Jadi penasaran, ingin ke sana juga. .

    ReplyDelete
  4. Airnya tampak bersih pasti seger banget, deh. Lagi2 aku harus menata harap biar bisa main ke Lombok. 😂😂

    ReplyDelete
  5. Pantainya bersih dan airnya jernih banget yaa. Jadi pengen liburan trus cobain cobain snorkeling di sana. Semoga pandemi segera berakhir deh bisa bisa liburan hehehe

    ReplyDelete
  6. saya belum pernah ke Lombok. Ternyata bagus sekali ya Gili Nanggu itu..sepertinya penggiat wisata dan wisatawan saling menjaga keindahan Gili Nanggu. Duh jadi pengen mantai nih..

    ReplyDelete
  7. Wilayah paling timur Indonesia saya baru nyampe ke Bali, belum pernah ke Lombok. Saya infokan ke anak saya aja, supaya dia sempat jalan-jalan ke Gili Nanggu di Lombok ini :)

    ReplyDelete
  8. Duh, terbayang syahdunya menikmati hidangan laut dengan minum kelapa muda, di tepi pantai yang ada di sebuah gili atau pulau. Hmmm jadi pengin.

    ReplyDelete
  9. Waduh pantainya bersih-bersih dan tidak ada sampah sedikitpun. Jadi pengen nginjakan kaki dilombok nih, menelusuri sejarahnya dan plus pantai-pantainya yang indah.

    ReplyDelete
  10. Kalo aq punya pintu kemana saja nya doraemon. Tiap kali jiwa ini penat dan ingin berontak aq mau ke Gili Nanggu ah.. pantai yg indah dan bersih.. perpaduan sempurna setitik surga Sang Maha Kuasa..

    ReplyDelete
  11. Beberapa kali ke lombok belum sempat snorkling padahal pengen banget. Kayanya ini tempatnya bagus dan terjangkau y k harganya. Kapan-kapan harus banget di cobain.

    ReplyDelete
  12. bucket list banget ini lombok... pengeeen bangettttt snrokling ke sana ya Allah

    ReplyDelete
  13. Saya pernah tanya ke istri, apa artinya Gili. Waktu itu dia nggak tau. Setelah baca artikel ini, saya jadi tau. Hehe..
    Lomba penuh pesona ya. Kaya dengan Gili. Sepakat dengan berhati-hati menjaga terumbu karang

    ReplyDelete
  14. Baca ini jadi ingat perjalanan ke Lombok belum semua aku tulis, termasuk pengalaman jelajah 3 Gili dan snorkeling

    Eh tapi aku belum ke Gili Nanggu nih
    Mupeng euy lihat pantainya. Cakep bangeeeet. Kayaknya perjalanan ke Lombok harus diulang deh nanti

    ReplyDelete
  15. Baca ini jadi inget teman saya dlyg rumahnya lombok. Dulu pernah punya rencana untuk maen kesana. Sudah ngobrol ngalor ngidul tapi sampai sekrang belum keturutan dan ga tahu gimana kabar teman saya pulak hiks

    ReplyDelete
  16. Masyaa Allah indahnyaaa. Rugi sekali rasanya sebagai WNI tapi ga menjejakkan kaki di tempat yang seindah ini. Semoga suatu saat ada rezeki untuk pelesiran ke Lombok, biar bisa eksplor tempat wisata yang menakjupkan ini.

    ReplyDelete
  17. Aku pernah ke Gili Trawangan, indah banget. Apalagi Gili Nanggu yang belum tersentuh pasti keindahannya alami banget.

    ReplyDelete
  18. tempatnya bagus sekali, pengen sekali aku pergi ke tempat wisata seperti itu. berenang sambil lihat ikan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang positif. Salam blogger!

Berlangganan via Email