Widget HTML Atas

Contoh Kata Sambutan di Buku Tahunan SMA

contoh kata sambutan buku tahunan
Contoh Kata Sambutan 

Menjelang akhir tahun di sekolah jenjang SMP atau SMA kelas akhir, siswa sibuk menyusun buku album kenangan atau buku tahunan sekolah. Buku tersebut berisi foto siswa dan biodata singkat siswa, termasuk pesan dan kesan siswa selama sekolah. Tidak lupa mereka juga memasukkan foto para guru dengan biodata singkat, ditambah kata-kata motivasi. Selain guru, biasanya juga dilengkapi dengan kata sambutan dari wali kelas atau kepala sekolah.

Nah, kali ini saya akan menuliskan contoh kata sambutan di buku tahunan SMA. Teman-teman bisa mengembangkannya.

Contoh kata sambutan buku tahunan SMA (1)

Assalamualaikum wr wb

Hamdan wa syukron lillah, ama ba’du.


Segala puji bagi dzat yang telah melimpahkan rahmat kepada kita semua, shalawat dan salam tetap tercurah kepada baginda Nabi Muhammad SAW, yang telah membimbing dan menunjukkan kita jalan kebenaran yakni addinul Islam. Dan Semoga kita kelak mendapatkan syafaatnya, Aamiin.

Sebelumnya saya ucapkan Selamat dan sukses atas kelulusan Ananda, lulusan angkatan ke 4 … (nama sekolah) setelah melewati masa suka dan duka selama kurang lebih tiga tahun.

Saya hanya bisa mendoakan, semoga selepas dari kelulusan Ananda dari … (nama sekolah), Ananda semakin saleh, semakin cerdas, dan siap memimpin. Dijalur apapun dan dibidang apapun semoga diberikan kesuksesan dan mendapat ridho dari Allah SWT. Aamiin.

Saya juga menyampaikan permohonan maaf kepada Ananda Siswa-Siswi Angkatan 4, atas nama pribadi dan wali kelas (atau kepala sekolah), bila dalam berinteraksi selama tiga tahun ada kesalahan dan kekhilafan, baik yang disengaja atau tidak disengaja. Dan semoga Allah mengampuni kesalahan kita semua. Aamiin

Yang terakhir, dimana saja antum berada, selepas dari (nama sekolah), tetaplah menjadi orang-orang yang bertaqwa. Karena dengan pintu ketaqwaan inilah kesuksesan demi kesuksesan akan mudah diraih. Teruslah memperbagus adab dan akhlaq (kredibilitas), menambah ilmu pengetahuan, dan memperbanyak teman yang baik (networking), insya Allah kesuksesan sejati akan mudah dicapai.

Selamat menghadapi dunia nyata, dunia yang penuh ujian dan tantangan. Semoga engkau mampu melewatinya dengan baik.

Wassalamulalaikum wr wb.

(Nama Guru)

Contoh kata sambutan di buku tahunan SMA (2)


Assalamualaikum Wr Wb

Hamdan wa syukron lillah… ama ba’du. Anak-anakku yang saya cintai…

Melalui tulisan singkat ini saya hanya ingin menitipkan pesan, sebagaimana sudah dipesankan Rosululloh SAW, dan tentu kalian juga sudah sangat hafal dengan pesan ini, “Bertaqwalah kepada Allah dimanapun engkau berada, dan hendaknya setelah melakukan kejelekan engkau melakukan kebaikan yang dapat menghapusnya. Serta bergaulah dengan orang lain dengan akhlak yang baik‘” (HR. Ahmad dan Tirmidzi)

Berkaitan dengan pesan di atas, bahwa kunci hidup itu ada tiga yaitu selalu bertaqwa dimanapun berada, selalu beramal soleh, dan yang ketiga adalah berakhlak yang baik. Jika kalian melanjutkan untuk menuntut ilmu, maka letakkanlah adab daripada ilmu. Jangan pernah terbersit niat memperdalam ilmu agar mampu mendebat orang lain. Pada akhirnya kalian terjebak kedalam sifat sombong dan meremehkan orang lain. Janganlah mudah menyesatkan orang lain yang berbeda pemahaman, karena bisa jadi kebenaran ada pada mereka.

Sekali lagi, berakhlaklah yang baik, utamakanlah adab. Sebagaimana hadits nabi : “Sesungguhnya orang yang paling aku cintai di antara kalian dan yang paling dekat kedudukannya denganku di hari kiamat kelak adalah orang yang terbaik akhlaknya. Dan orang yang paling aku benci dan paling jauh dariku pada hari kiamat kelak adalah tsarsarun, mutasyadquun dan mutafaihiqun. Sahabat berkata : Ya Rasulullah, kami sudah tahu arti tsarsarun dan mutasyadiqun, lalu apa arti mutafaihiquun? Beliau menjawab, orang yang sombong” (HR. Tirmidzi)

Akhirnya, semoga pesan ini dapat kalian jadikan pegangan dalam mengarungi kehidupan setelah ini (pasca purna siswa). Selamat mengarungi samudera kehidupan. Tetaplah dijalan Allah… Wal afwu minkum. 
Wassalamualaikum Wr. Wb.
(Nama Guru)

 

Demikian dua contoh kata sambutan buku tahunan atau buku album kenangan sekolah SMA (Mohon maaf contoh di atas untuk SMA berbasis Islam) Teman-teman bisa mengembangkannya sendiri sesuai sekolahnya. Semoga contoh di atas dapat memberi gambaran bagi teman-teman yang akan menuliskan kata sambutan. Semoga bermanfaat.

8 comments for "Contoh Kata Sambutan di Buku Tahunan SMA"

  1. Ini membuatku kembali mengenang masa putih abu-abu. Kebetulan dulu aku jadi tim pembuatan buku ini bersama berapa teman seangkatan. Seru banget deh, jadi kami yang sendiri yang layout bentuknya.

    ReplyDelete
  2. Seringkali berlatih dan pentas dalam suatu forum akan membiasakan diri berkalimat dengan menggunakan kata pembuka

    ReplyDelete
  3. makasih nih, kadang perlu panduan buat kata sambutan, karena sebagai untuk kenangan masa masa indah di sekolah

    ReplyDelete
  4. Bermanfaat banget nih, kalo diinget-inget dulu buku tahunan kelasku waktu SMA dibikin seadanya, gk pake kata sambutan, wkwk

    ReplyDelete
  5. jadi ingat buku tahunan saat SMA, waktu itu sudah dihandle sekolah, jadi kata sambutannya juga dari guru sepertinya, kami tinggal foto-fota aja

    ReplyDelete
  6. Bisa jadi acuan kalo mau bikin kata sambutan pelepasan siswa, nih.
    Jadi nggak perlu cari referensi lainnya.

    ReplyDelete
  7. Postingan yang membantu dan memudahkan... terutama utk yang grogian dan masih bingung harus ngomong apa ketika memberikan sambutan... tinggal print... dan sesuaikan dgn kebutuhan...πŸ‘πŸΎπŸ‘πŸΎ

    ReplyDelete
  8. kok mirip sama yang ada di beberapa buku tahunan yang pernah tak lihat ya.
    Apakah sumbernya sama? hahaa

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang positif. Mohon tidak meletakkan link hidup. Salam blogger!