Widget HTML Atas

Siapakah Guru Hebat?

guru hebat
Siapakah guru hebat? 

William Arthur Ward berkata bahwa “Guru medioker (biasa-biasa saja/average) adalah guru yang hanya menyampaikan, guru yang baik adalah guru yang mampu menjelaskan, guru super adalah guru yang bisa mendemonstrasikan, dan guru hebat adalah guru yang menginspirasi”

Mengenal sosok guru-guru hebat

Tentu kita masih ingat, siapa guru yang paling disukai? Siapa guru yang paling berkesan? Atau guru yang paling dikagumi? Tidak luput guru-guru yang kita anggap “menyebalkan”, kita juga ingat. Bahkan kita sangat lancar menyebutkan sifat-sifat negatif guru, seolah-olah hanya kesan negatif saja yang diingat, sifat positifnya hilang sama sekali.

Hal yang demikian tentu tidak layak dilakukan oleh seorang murid kepada gurunya. Memberikan label-label negatif pada guru. Guru tetaplah guru. Selama kita pernah menimba ilmu darinya, kita hendaknya menghormatinya. Guru juga seorang manusia tentu tidak luput dari salah dan khilaf.

Saya masih teringat sekali dengan guru-guru saya ketika di sekolah dulu. Ada Pak Masram yang tegas dan disiplin. Beliau hampir tidak pernah telat masuk kelas untuk mengajar. Dan beliau juga paling tegas dalam kerapian. Sekali saja melihat muridnya yang terlambat datang ke sekolah atau terlambat masuk kelas, maka konsekuensinya si murid harus berdiri di depan kelas atau di pintu gerbang atau lari mengelilingi lapangan.

Demikian juga dalam hal kerapian, jika ada satu muridnya yang berambut gondrong maka beliau akan menegurnya, esoknya si murid harus sudah potong rambut rapi. Bila si murid belum potong rambut, beliau akan mengambil gunting dan memotongnya dengan potongan rambut tak beraturan. Dan si murid terpaksa harus potong rambut ulang untuk memperbaiki potongan rambutnya.

Selain Pak Masram ada Pak Abdurrahman, guru yang lihai dalam memberi semangat kepada murid-muridnya. Beliau sangat mahir dalam membangkitkan daya juang murid-muridnya, memberikan pencerahan dan motivasi.

Dalam setiap pertemuan pembelajaran, beliau selalu menyisipkan pesan motivasi yang membuat dada-dada muridnya bergemuruh untuk selalu belajar dan berjuang demi menggapai cita-cita dan hidup mulia dengan ilmu. Beliau adalah seorang guru dan juga motivator.

Dan tentu kita masih memiliki guru-guru yang lain, yang senantiasa kita kenang jasa-jasanya. Kita rasakan kemanfaatan ilmu yang diberikannya hingga saat ini. kita memiliki guru seperti Pak Masram dan Pak Abdurrahman lain dengan segala kelebihannya. Seperti merekalah sesungguhnya guru-guru yang hebat.

Siapakah guru hebat?

Hari ini atau suatu saat nanti kita akan menjadi guru atau menjadi orang tua, maka kita hendaknya merenung, apakah sebagai guru/orang tua akan dikenang oleh murid-murid atau anak-anak kita sebagai guru yang hebat atau guru yang penuh cela. 

Guru hebat adalah guru yang menginspirasi. Adalah guru hebat yang mampu menghebatkan murid-muridnya. Mampu menginspirasi murid-muridnya untuk melakukan perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik. Guru inspiratif tidak banyak kata tapi tindakan yang penuh keteladanan. Menjadi orang tua atau menjadi guru inspiratif bukan sekedar menyampaikan pengetahuan tapi mampu menggerakkan murid-muridnya untuk meneladaninya.

Menjadi guru inspiratif adalah guru yang terus berupaya menjadi diri yang lebih baik. Guru yang memiliki nilai-nilai kebaikan yang layak diteladani. Dari pengetahuannya, dari sikap dan kepribadiannya, dan juga keterampilannya. Dan inilah guru hebat.

Guru hebat menjadi teladan dalam segala hal

Anak saat ini tidak jauh beda dengan kita saat menjadi murid. Sangat mudah sekali mengingat dan merekam jejak guru-gurunya. Ketika guru yang terbiasa berpenampilan rapi saat mengajar, dengan baju yang licin, sisiran rambut yang rapi, hingga harum minyak wangi yang digunakan, maka murid akan sangat mudah merekam dan mengingatinya, bahkan menirunya. Secara tidak langsung, guru sudah menjadi teladan dalam berpakaian bagi muridnya. Bagaimana jika ada guru yang acak-acakan atau asal-asalan? 

Jika ada guru yang senantiasa membantu merapikan kelas, tidak gengsi untuk memungut sampah yang tercecer dan kemudian membuangnya ke tempat sampah, maka sesungguhnya guru tersebut telah memberikan teladan bagaimana hidup bersih. Tanpa banyak kata tapi contoh baik yang dimiliki guru tersebut. Dan inilah guru hebat dan inspiratif.

Guru inspiratif tidak sibuk memuji diri sendiri dan tidak sibuk mengharap pujian orang lain. Karena kebanggaan guru itu jika melihat anak didiknya menjadi anak yang baik. Menjadi anak yang berhasil melebihi harapan gurunya. Itulah kebahagiaan guru. 

Pertanyaan terakhir, Apakah anda sekarang sudah layak diteladani oleh anak-anak kita? 


No comments for "Siapakah Guru Hebat? "