4 SD/MI Swasta Favorite dan Recommended di Kota Tuban




Saat ini, lembaga pendidikan khususnya jenjang sekolah dasar swasta atau yang sederajat di Kota Tuban terus mendapatkan apresiasi yang baik di mata masyarakat.  Hal ini dikarenakan sekolah-sekolah swasta senantiasa meningkatkan kualitas dan mutu sekolah. Prestasi SD/MI swasta secara umum sudah mampu bersaing dengan sekolah-sekolah lainnya, termasuk dengan sekolah negeri. 

Dari segi jumlah siswa, rata-rata sudah memenuhi kuota standar rombongan belajar. Artinya kepercayaan masyarakat terhadap SD/MI swasta cukup tinggi. SD/MI Swasta mana sajakah yang berkualitas, bermutu, dan tingkat pertumbuhannya sangat cepat? Mari kita kupas dan telisik bersama ! 




Sekolah yang berdiri pada tahun 2010 ini termasuk sekolah yang berumur paling muda di antara yang lainnya. Namun demikian, sekolah ini mengalami pertumbuhan yang sangat cepat. Hal ini bisa dilihat dari jumlah siswanya yang pada tahun pelajaran 2018/2019 total 736 siswa. Jumlah siswa terbanyak di antara sekolah swasta di Kota Tuban.

Sekolah yag berlokasi di utara gedung olahraga Kota Tuban ini memiliki visi : Berprestasi Unggul, Kreatif dan Berakhlaqul Karimah. Untuk mewujudkan visi tersebut madrasah memiliki program unggulan antara lain : pembelajaran AlQur’an, ibadah praktis, outbound, integral learning, outdoor learning, pembiasaan adab Islami, pemantauan tumbuh kembang anak, beasiswa yatim/dhuafa, pendidikan karakter, dan pengembangan diri. 

  



SDIT Al Uswah Tuban bisa dibilang adalah sekolah Islam pelopor di Kota Tuban. Karena SDIT Al Uswah merupakan satu-satunya dan pertama kali di Kota Tuban yang menerapkan sistem pembelajaran fullday school. Bahkan hingga hari ini sekolah ini tetap mendapatkan kepercayaan yang baik dari masyarakat Kota Tuban. Jumlah murid tahun pelajaran ini sekitar 689 siswa.

Sekolah ini memiliki segudang prestasi. Dalam berbagai bidang siswa-siswa SDIT Al Uswah Tuban selalu hadir di panggung deretan para juara. Dalam berbagai lomba SDIT Al Uswah selalu turut serta. Dan hampir semua event lomba yang diikuti selalu pulang membawa piala. Tidak salah jika sekolah ini memiliki slogan “Bermutu dan Berprestasi”.

Sekolah ini memiliki visi : Mewujudkan generasi muslim yang sholih, cerdas, kuat, dan berwawasan lingkungan. Sedangkan jaminan kualitas lulusan siswa SDIT Al Uswah adalah : memiliki aqidah yang lurus, sadar melaksanakan sholat, terbiasa ibadah sunah, tartil dan tahfidz qur’an, berprestasi optimal, berbudaya bersih dan sehat, disiplin, mandiri dan percaya diri, serta peduli dan berbudaya lingkungan.
Untuk lebih detailnya, silakan observasi langsung ke TKP !




Sekolah yang beralamat di Jalan Mutiara Bukit Karang Kembangbilo Kecamatan Tuban ini adalah sekolah Islam yang juga menerpakan sistem pembelajaran fullday school. Sekolah ini memiliki keunggulan di bidang kreatifitas proses pembelajaran. Pembelajaran yang diterapkan adalah pembelajaran berbasis proyek. Karena pendekatan yang diterapkan adalah contextual teaching and learning.

Sekolah ini memiliki visi : Terwujudnya generasi muslim unggul, kompetitif dan berbudaya lingkungan. Untuk mencapai visi tersebut sekolah menerapkan dan memadukan kurikulum 2013, kurikulum pondok pesantren dan kurikulum khas insan kamil, dengan harapan siswa mendapatkan pengetahuan secara utuh menyeluruh

SD Insan Kamil juga melakukan inovasi-inovasi pembelajaran baik intra kurikuler maupun ekstra kurikuler, salah satu contoh adalah dengan mengajarkan anak belajar pada obyek nya langsung (out door learning), membuat karya disetiap semester (proyek pembelajaran), berwirausaha (entrepreneur), membatik, dan masih banyak kegiatan yang lain.

 

Sebagaimana jenjang yang lain di bawah naungan Yayasan Bahrul Huda, SD Bina anak Soleh adalah sekolah yang menonjol dalam standar sarana prasarana. Tentunya standar yang lain juga terpenuhi. Animo masyarakat terhadap sekolah ini juga tinggi. Terbukti pada tahun pelajaran 2018/2019 jumlah siswa mencapai 713 siswa. Bisa dikatakan jumlah siswa terbanyak untuk kategori SD/MI Swasta di Kota Tuban.

Sekolah yag berdiri pada tahun 2006 ini memiliki visi : Berkepribadian Muslim yang berbudaya lingkungan dan berprestasi Optimal. Untuk mendukung tercapainya visi tersebut sekolah memiliki program pendukung kurikulum yaitu : Sukses Ujian Sekolah (Try Out, Refresh, Relaksasi, Kisah Sukses Seorang Model, Jalasah Ruhiyah, Spiritual Building, Bina Ruhiyah, Istighosah, Presentasi Tugas Akhir). TADARLING, Dering Telpon & SMS Ananda, Home Visit, Jalasah Ruhiyah, Business Day, Field Trip, Jum’at Bersih, Keputrian, Integral Learning Berwawasan Lingkungan, TPDS (Tim Penegak Disiplin Sekolah), TIWISADA/Dokter Cilik, Pengembangan Live Skill, PHBI & PHBN, dan lain-lain. Serta Bina Anak Sholeh Assessment and Counseling Center (BAS ACC)

Ingin lebih tahu sekolah ini seperti apa, silakan kunjungi sekolahnya yang beralamat di jalan Wahidin SH Tuban.

0 Comments