Widget HTML Atas

10 Tips Sebelum Membeli Rumah, Agar Untung Lebih Banyak

tips membeli rumah

10 Tips Sebelum Membeli Rumah, Agar Untung Lebih Banyak. Orang memutuskan membeli rumah, baik di perumahan maupun di perkampungan, baik di kota maupun di desa, sudah pasti memiliki pertimbangan yang matang. Ada banyak alasan dalam memutuskan membeli sebuah rumah.

Di sisi lain, banyak orang yang setelah membeli rumah merasa menyesal lantaran rumah yang dibeli ternyata banyak kekurangannya. Sebab yang paling banyak karena pertimbangan yang kurang matang dan tergoda dengan harga murah serta ikut-ikutan.

Nah, bagaimana tips membeli rumah yang menguntungkan dan tidak timbul penyesalan? Berikut tips dan panduannya.

10 Tips Sebelum Membeli Rumah, Agar Untung Lebih Banyak.

1. Menyiapkan Anggaran Dana

Menentukan anggaran dana ini penting. Dari alokasi anggaran dana ini anda dapat menentukan rumah yang akan dibeli. Mulai dari lokasi, type rumah, fasilitas, dan lain sebagainya.

Sebaiknya membeli rumah sesuai alokasi anggaran yang tersedia atau dari sumber dana yang ada, agar tidak mengambil dari alokasi lain yang lebih penting.

2. Lokasi rumah padat penduduk

Demi keamanan dan kenyamanan, sebaiknya memilih lokasi rumah yang akan dibeli dekat dengan pemukiman atau padat penduduk.

Jika harus memilih di perumahan, perumahan yang dipilih sudah banyak penghuninya. Sudah memiliki tetangga dan lingkungan yang baik.

3. Lokasi rumah dekat dengan tempat kerja

Selain rumah berada di lokasi padat penduduk, rumah dekat dengan tempat kerja. Salah satu alasannya adalah agar ketika pulang kerja tidak lelah di perjalanan. Selain itu, rumah yang dekat dengan tempat kerja juga akan menghemat waktu dan biaya transportasi.

4. Tersedia akses listrik dan air

Pertimbangan berikutnya adalah rumah atau perumahan yang dipilih memiliki akses listrik. Akses listrik mudah dan tidak butuh waktu yang lama untuk mendapatkan aksesnya. Selain akses listrik, yang terpenting adalah kemudahan mendapatkan air. Sumber airnya dari sumur atau membeli dari perusahaan air. Kualitas air yang sehat dan jauh dari pencemaran.

5. Memiliki akses jalan lebar

Mengapa harus memiliki akses jalan yang lebar? Karena rumah atau perumahan yang memiliki akses jalan lebar, minimal bisa dilewati kendaraan roda empat, akan memudahkan untuk melakukan mobilisasi. Memudahkan mengangkut barang-barang yang besar. Selain itu, rumah dengan akses jalan yang lebar akan memberikan banyak peluang keuntungan dari sisi bisnis.

6. Dekat fasilitas umum

Lokasi rumah atau perumahan yang strategis adalah lokasinya dekat dengan fasilitas umum. Seperti pasar, masjid atau tempat tempat ibadah, sekolah, kantor pemerintahan, rumah sakit dan layanan umum lainnya. Tempat-tempat layanan umum yang dekat akan memudahkan kita dalam hidup. Dalam kondisi darurat bisa teratasi dengan mudah. Tapi sebagian orang terlalu dekat dengan fasum juga tidak suka, alasanya tidak suka kebisingan.

7. Jauh dari potensi kerawanan

Lokasi rumah jauh dari potensi kerawanan. Seperti potensi rawan banjir, rawan kebakaran, rawan polusi, radiasi, dan lain-lain. Karena jika rumah dekat dengan area tempat pembuangan akhir sampah, maka rumah akan rawan kebakaran dan polusi udara. Di pinggiran sungai, akan berpotensi banjir atau meluap. Jika berada di dataran tinggi, akan berpotensi longsor. Jika berada di dataran rendah, berpotensi banjir. Hal tersebut perlu diantisipasi sejak dini.

8. Bukan bekas makam atau dekat makam

Rumah bekas makam atau dekat makam akan memberikan aura yang kurang baik. Sebaiknya menghindari lokasi-lokasi tersebut, hal tersebut tidak saja memberikan aura negatif tetapi juga mengurangi nilai jual. 

pesona perbon permai

9. Melakukan survey lokasi dan rumah

Nah, tips berikutnya adalah melakukan survey lokasi dan kondisi rumah. Survey ini untuk memastikan lokasi rumah sesuai dengan pertimbangan dan harapan anda. Setelah merasa cocok dengan lokasinya, selanjutnya cek kondisi rumah. Apakah sudah sesuai kebutuhan atau belum, denah dan desainnya. Kondisi material rumah masih kuat atau tidak. Jika rumah baru, bahan material yang dipakai berkualitas atau tidak. Anda dapat melihat beberapa sudut rumah mulai dari jumlah kamar tidur, kamar mandi, saluran listrik, saluran air, ruang tamu, ruang keluarga, dan lain-lain.

10. Rumah yang fungsional

Tips terakhir adalah rumah yang fungsional. Yaitu rumah yang akan dibeli dapat memudahkan hidup anda. Bukan sekedar untuk tempat tidur tetapi juga berfungsi sebagai rumah yang sehat, tempat yang nyaman untuk anggota keluarga yang lain dan juga sebagai tempat untuk mendukung pekerjaan. Misalnya anda seorang pedagang pakaian online, mungkin anda perlu tempat yang cukup untuk menyimpan stok barang, tempat display, dan lain-lain.

Demikian, beberapa tips membeli rumah yang akan menambah keuntungan. Keuntungan secara materi maupun non materi, baik secara langsung maupun tidak langsung. Potensi memberikan keuntungan inilah yang harus menjadi pertimbangan sebelum membeli rumah. Semoga bermanfaat!

Sumber gambar : Perumahan Pesona Perbon Permai - Kota Tuban. ( wa.me/62+81314135459 )

1 comment for "10 Tips Sebelum Membeli Rumah, Agar Untung Lebih Banyak"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang positif. Mohon tidak meletakkan link hidup. Salam blogger!