Widget HTML Atas

10 Perlengkapan Traveling ala Campervan Yang Wajib Dibawa

perlengkapan campervan


10 Perlengkapan Traveling ala Campervan Yang Wajib Dibawa.
Bagi pecinta traveling atau yang sering berkegiatan camping 
dengan membawa kendaraan pribadi tentu tidak lupa membawa perlengkapan. Perlengkapan yang dibawa menyesuaikan kebutuhan ketika perjalanan.


Traveling ala Campervan adalah kegiatan perjalanan keluar kota dengan tujuan tertentu dengan membawa kendaraan roda empat. Dimana kendaraan yang dibawa sudah dimodifikasi dan dilengkapi dengan perlengkapan camping atau perlengkapan berkemah.

Jika tujuannya camping maka lokasi yang dituju adalah lokasi yang memang aksesnya mudah dijangkau oleh kendaraan. Atau kadang-kadang bagi traveler ala campervan, mereka bisa camping dimana saja, membangun tenda dan istirahat dimana saja asalkan aman dan nyaman.

Lalu, perlengkapan apa saja yang dibutuhkan? Agar kegiatan traveling dan camping berjalan dengan lancar, aman, dan nyaman.

campervan 

10 Perlengkapan Traveling ala Campervan yang wajib dibawa

1. Tenda

Tenda merupakan perlengkapan yang wajib dibawa. Jenis tenda yang dibawa bisa berupa tenda dome atau tenda mobil (rooftop tent). Bisa juga dibawa dua-duanya.

Meskipun ada juga mobil yang sudah dimodifikasi ada tempat tidurnya, namun sebaiknya tetap disiapkan, untuk kebutuhan yang darurat atau ingin suasana yang berbeda.

2. Side Awning

Side Awning adalah perlengkapan aksesories yang berfungsi untuk melindungi diri dari panas matahari atau hujan. Yaitu berupa terpal yang dipasang di atap mobil dan diberi dua tiang penyangga. Side Awning bisa dibuka-tutup atau digulung jika selesai digunakan.

3. Perlengkapan Tidur

Menghadapi cuaca yang dingin, seorang traveler atau campers, wajib membawa perlengkapan tidur yang aman dan nyaman.

Perlengkapan tidur yang harus dibawa antara lain: Sleeping bag, Jaket, matras atau tikar, bantal dan kasur angin, dan selimut. Selain itu, agar tubuh stabil dari cuaca dingin, dapat juga membawa bandana atau skebo (penutup kepala), sarung tangan dan kaos kaki.

4. Perlengkapan Memasak dan Makan

Kegiatan camping yang seru biasanya adalah di kegiatan masak. Meskipun kadang makan dan minum bisa membeli, tetapi menurut saya kurang berkesan dan kurang hemat.

Jadi, agar hemat dan berkesan dibutuhkan perlengkapan untuk memasak sendiri. Perlengkapan tersebut antara lain: meja dan kursi lipat, kompor portable, tabung gas, panci/nasting, pisau dapur, gunting, wajan, grill, piring, gelas, sendok, mini blender, dan lain-lain, tergantung jenis makanan yang akan dimasak.

5. Perlengkapan Bersih Diri dan Lingkungan

Meskipun berada di perjalanan atau di tempat camping, anda harus tetap menjaga kebersihan. Baik kebersihan untuk diri sendiri dan juga lingkungan.

Apa saja yang perlu bawa?

Perlengkapan yang harus dibawa adalah baju ganti sesuai kebutuhan, handuk, sabun dan shampoo, hanger, sikat dan pasta gigi, sapu, trash bag/bak sampah, tisu basah dan kering, sunscreen/sunblock, dan lain-lain.

6. Perlengkapan Kesehatan dan Keselamatan

Perlengkapan kesehatan yang perlu dibawa adalah kotak P3K dan obat-obatan pribadi, seperti minyak kayu putih, minyak telon, minyak gosok, obat luka, plester, dan lan-lain. Termasuk perlengkapan untuk kesehatan dan keselamatan kendaraan yang dibawa. Seperti tabung pemadam kebakaran, tali derek mobil, dongkrak, ban serep, oli dan BBM cadangan, dan alat-alat perbengkelan.

7. Perlengkapan Bahan Makanan (Logistik)

Perlengkapan ini menyesuaikan kebutuhan dan waktu perjalanan. Setidaknya agar tetap aman dan mobil masih bisa diisi, sebaiknya membawa kebutuhan bahan makanan, seperti beras, roti tawar, gula, teh, kopi, bumbu dapur, gallon + air bersih, lauk pauk, makanan ringan, dan lain-lain.

8. Perlengkapan Tambahan.

Perlengkapan tambahan yang penting namun kadang terlupa adalah lampu emergency, senter, batrai, power bank, charger, kabel olor, korek api, jas hujan/mantel, lotion pengusir nyamuk, hammock, mukena, kacamata, buku bacaan, tali tambang, topi, dan sandal jepit.

9. Perlengkapan Dokumentasi

Bagi traveler, dokumentasi adalah sesuatu yang penting. Sehingga dibutuhkan perlengkapan untuk merekam perjalanan. Perlengkapan tersebut seperti kamera, kamera handphone maupun DSLR/Mirrorles, mic eksternal, tripod, gimbal, kamera holder, buku catatan dan alat tulis, dan bila perlu membawa notebook.

10. Perlengkapan Penyimpanan

Yang terakhir adalah storage atau tempat penyimpanan. Perlengkapan yang sudah disebutkan di atas tentunya membutuhkan tempat untuk menyimpan agar mobil tetap rapi dan aman selama perjalanan.

Maka diperlukan tempat penyimpanan. Tempat penyimpanan bisa berupa penyimpanan permanent (modifikasi interior mobil) atau berupa boks plastic (storage box)

Itulah 10 Perlengkapan Traveling ala Campervan yang harus dibawa. Semakin siap perlengkapannya akan semakin mantap perjalananya. Jika ada yang belum tercantum dalam daftar di atas, bisa dituliskan dalam kolom komentar. Semoga bermanfaat, have nice trip!

No comments for "10 Perlengkapan Traveling ala Campervan Yang Wajib Dibawa"