Widget HTML Atas

Serunya Rafting di Sungai Elo Magelang

Rafting elo Magelang

Serunya Rafting di Sungai Elo Magelang. Bagi yang suka berpetualang dan menyukai tantangan, pasti menyukai kegiatan outdoor yang satu ini yaitu Rafting. Rafting atau Arung jeram merupakan olahraga outdoor yang menantang adrenalin. Dengan perlengkapan utama perahu karet anda ditantang untuk bisa mengarungi jeram-jeram sungai yang berarus deras. Kegiatan ini selain menyenangkan juga melatih kekompakan tim.

Nah, kali ini saya ingin berbagi pengalaman rafting di Sungai Elo Magelang. Simak terus sampai habis.

Lokasi Sungai Elo Magelang

Sungai Elo merupakan sungai yang aliran airnya dari Gunung Merbabu menuju Yogyakarta melewati Magelang. Aliran airnya deras bahkan pada musim kemarau pun air sungai tidak pernah kering. Selain itu, sungai yang banyak batu-batu besarnya menjadikan aliran sungai penuh jeram. Banyaknya jeram inilah yang menjadikan Sungai Elo fantastis untuk diarungi.

Lokasi starting point rafting berada di Desa Pare Blondo, Kecamatan Mungkid dan berakhir di Elo river Mendut. Ohya, untuk bisa rafting, sebaiknya anda harus bersama operator rafting yang resmi, demi keamanan dan keselamatan. Rafting kami kali ini dipandu oleh Tim dari Magelang Adventure.

Denah Lokasi Rafting Elo Magelang (Magelang adv)

Titik awal pengarungan berada di Desa Pare, Blondo, Mungkid, Kabupaten Magelang. Jaraknya sekitar 11 Km dari Candi Borobudur atau sekitar 40 Km dari Malioboro Yogyakarta, dengan waktu perjalanan sekitar satu jam dalam kondisi lalu lintas normal.

Rafting di Sungai Elo Magelang

Karena rombongan kami berjumlah besar dan membawa kendaraan bus, maka kami diarahkan untuk start dan finish di area wisata Kolam Renang Mendut, Mungkid, Magelang. Setelah melakukan beberapa persiapan, kami diantar dengan mobil yang lebih kecil menuju starting point rafting di Desa Pare, Blondo.

Di starting point ini kami melakukan pengecekan dan memakai perlengkapan rafting. Perlengkapan utama yang harus dipakai adalah helm, jaket pelampung, dayung, dan perahu karet (boat). Di tempat ini pula kami mendapatkan breafing singkat dari pemandu rafting. Tentang fungsi perlengkapan yang dipakai dan cara menghadapi kondisi darurat keselamatan. Di tempat ini juga tidak lupa kami berfoto bersama.

image source: Magelang Adventure

baca juga : Sensasi River Tubing di Sungai Poncokusumo

Keseruan Arung Jeram di Sungai Elo Magelang.

Tepat jam 9.30 WIB petualangan mengarungi jeram Sungai Elo dimulai. Satu persatu perahu kami turun ke sungai. Setiap satu perahu diisi lima orang termasuk satu pemandu. Pemandu inilah yang akan memberikan arahan bagaimana kami harus mendayung dengan cepat dan tepat.

Di aliran sungai yang tenang kedalaman sungai sekitar 3-5 meter. Pada saat melewati air yang seperti ini pemandu membolehkan dan menyarankan untuk berenang atau bermain-main air. Anda tidak usah khawatir tenggelam, karena pelampung yang digunakan mampu mengangkat beban hingga 150 kg. Jadi anda tidak usah panik.

Ketika perahu akan mendekati jeram dan aliran sungai yang deras, kami harus duduk dan mendayung dengan gigih, kompak menjaga keseimbangan agar perahu kami tidak terbalik. Pengarungan semakin seru ketika kami saling beradu perahu dan berebut saling mendahului.

Belum lagi, ditambah keusilan pemandu dan teman-teman yang sengaja mencipratkan air. Jadilah aksi perang air. Kalau ada yang belum basah pakaiannya, siap-siap akan mendapatkan serangan secara tiba-tiba. He he…

Kelapa Muda dan Jajanan Pasar di Tengah Arung Jeram

Setelah hampir satu jam, atau sekitar jarak pengarungan sungai 6-7 km, kami berhenti dan beristirahat. Kami menikmati air kelapa muda dan jajanan pasar. Kami duduk santai di gubuk-gubuk yang disediakan sambil menikmati hidangan yang disuguhkan. Di pos istirahat ini kami beristirahat sekitar 15 menit.

kelapa muda dan rafting elo
Istirahat menikmati kelapa muda (Magelang Adv)

Setelah cukup beristirahat, kami melanjutkan pengarungan kembali, melewati jeram-jeram yang menantang. Selama hampir 1,5 jam, pengarungan kedua kami selesai dan berakhir. Total pengarungan kami menghabiskan waktu sekitar 2,5 jam dengan jarak tempuh sekitar 12 km. Tepat jam 12.30 kami sudah tiba kembali di Kolam renang Mendut untuk bersih diri dan berganti pakaian.

Ohya, kalau teman-teman ingin rafting, sebaiknya bersama teman-teman satu kelompok atau satu komunitas. Satu perahu bisa diisi maksimal 4-5 orang. Untuk paket biaya rafting masing-masing operator rafting bisa berbeda-beda, tergantung paket yang diambil dan fasilitas yang diberikan. Rata-rata biayanya Rp.600.000-750.000 per perahu.

Tips Rafting di Sungai Elo Magelang

Kalau teman-teman tertarik mencoba rafting, sebaiknya coba persiapkan hal-hal berikut ini:
  • Pastikan badan dalam kondisi sehat dan fit
  • Untuk pemula, pastikan didampingi pemandu rafting yang professional
  • Peralatan rafting yang digunakan aman dan berfungsi dengan baik. seperti perahu karet, pelampung, helm, dan dayung.
  • Mematuhi arahan pemandu atau guide rafting demi keselamatan
  • Tidak memakai perhiasan yang mudah lepas
  • Pakaian yang digunakan tidak berbahan jean atau tebal/berat.
  • Menggunakan sepatu basah/karet atau sandal gunung
  • Jika memakai kacamata harap diberi tali pengaman
  • Jika membawa handphone atau kamera pastikan terlindungi dari air.
  • Membawa pakaian ganti dan handuk
  • Membawa tas plastik untuk pakaian basah
  • Membawa perlengkapan mandi

Oke, teman-teman, itulah ulasan dan cerita keseruan kami rafting di Sungai Elo Magelang.  Meskipun Sungai Elo deras airnya, rasanya belum cukup memuaskan dahaga kami untuk terus berpetualang dan mengarungi jeram-jeram Sungai Elo hingga hilir. Semoga bisa rafting kembali di sungai-sungai yang lain.

3 comments for " Serunya Rafting di Sungai Elo Magelang"

1. Aku termasuk yang kurang berani main arum jeram tapi pengen ke sana karena pengen lihat pemandangannya. Lihat fotonya tampak adem banget

ReplyDelete
  2. Ternyata di Magelang ada tempat arung jeram ya. Seru ya kalau ikut arung jeram seperti ini, walaupun gak bisa renang tetep bisa ikutan arung jeram ya? Karena pakai pelampung tapi tetep ngeri juga ya kalau jatuh.

3. Anak saya baru saja piknik dari sini. Fotonya bagus bagus banget! Keren sekali. Dan dari foto, semua anak SMP itu benar2 bahagia.