Widget HTML Atas

9 Sikap Positif Menghadapi Pandemi Covid 19

sikap positif mengahadapi pandemi

9 Sikap Positif Menghadapi Pandemi Covid 19. Pandemi Covid 19 merupakan musibah yang dihadapi seluruh masyarakat dunia. Hampir semua aspek terdampak. Tatanan hidup semua berubah. Dari kondisi normal menjadi new normal. Masing-masing mengatur strategi agar tetap bertahan hidup. Termasuk cara mengatur keuangan. Sebagaimana ditulis kak Marlina Journey.

Menghadapi kondisi pandemi saat ini tentu dibutuhkan sikap positif. Agar tetap ‘waras’ menghadapi kenyataan. Dapat berpikir dan bertindak sehat. Karena saat ini kesehatan adalah hal yang paling penting dan utama.

9 sikap positif menghadapi pandemic Covid 19

1. Menjaga kesehatan dan tidak meremehkannya

Menjaga kesehatan sebenarnya tidak hanya dalam kondisi pandemic covid tetapi dalam kondisi normal kita juga harus selalu menjaga kesehatan. Mulai dari pola makan yang sehat, pola tidur yang benar, pola hidup yang bersih, dan hidup yang teratur. Apalagi pada kondisi pandemic, menjaga kesehatan perlu ditingkatkan lagi dan tidak meremehkannya. Sikap meremehkan itu misalnya tidak peduli dengan kesehatan diri dan lingkungan, kemana-mana tidak memakai masker, tidak peduli protocol kesehatan, bahkan tidak peduli dengan pola hidup sehat. Ini yang tidak dianjurkan.

2. Banyak Berdoa

Berdoa merupakan senjata bagi seorang muslim. Dalam kondisi pandemi seperti ini, berdoa bisa jadi senjata yang paling ampuh menangkal segala penyakit. Termasuk wabah virus corona. Maka yang bisa dilakukan adalah terus melangitkan doa agar kita dijauhkan dari virus corona. Karena jika Allah sudah berkehendak, tidak ada satu pun manusia yang dapat terhindar dari corona. Begitu juga sebaliknya. Bukankah tidak ada satupun daun kering yang jatuh ke bumi tanpa kehendak-Nya?

3. Olahraga teratur

Berdoa merupakan ikhtiar meningkatkan iman. Sedangkan olah raga merupakan ikhtiar meningkatkan imun. Olahraga ini penting dilakukan agar kekebalan tubuh meningkat. Seseorang yang kurang olahraga (kurang gerak), imunitas akan menurun. Imunitas yang menurun dapat mengakibatkan mudah terserang penyakit. Apalagi pada masa pandemi, aktifitas di depan gadget atau didepan laptop semakin meningkat, sedangkan aktifitas olahraga menurun. Hal ini yang dikhawatirkan, orang menjadi malas bergerak atau kurang berolahraga. So, tetap berolahraga yang teratur. Pilihlah olahraga yang tepat dan aman.

4. Makan Teratur

Pola makan ini juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Agar stamina tubuh tetap terjaga, maka pola makan juga harus dijaga. Dijaga gizinya, nutrisinya, kebersihannya, dan juga kehalalannya. Sebaiknya menghindari makan makanan instant dan makanan yang mengandung 5 P (pewarna, pengawet, pengenyal, pemanis, dan penyedap rasa). Karena salah satu sumber penyakit adalah dari makanan. Jadi, pola makan dan jenis makanan harus dijaga dengan baik agar tubuh tetap sehat dan kuat.

5. Menambah makanan dan minuman untuk kesehatan

Selain pola makan dan jenis makanan yang dijaga, sebaiknya menambah makanan atau minuman untuk kesehatan. Suplemen ini harapannya dapat memperkuat kekebalan tubuh. Makanan dan minuman yang dianjurkan seperti kurma dan madu. Dapat juga ditambah dengan habbatussauda’. Tambahan suplemen ini sebaiknya tetap dikonsultasikan ke ahlinya. Agar lebih aman dan tepat.

6. Tetap semangat belajar dan menambah ilmu

Pandemi Covid19 hampir menghentikan aktifitas pembelajaran, khususnya pembelajaran yang berlangsung di sekolah-sekolah. Disadari atau tidak, malas dan bosan menjadi penyakit mental, yang tumbuh dan berkembang bersamaan berlangsungnya masa pandemi. Anak malas bergerak, tidak berani bersosialisasi, bosan terkurung di rumah, akhirnya muncul kaum yang bernama ‘kaum rebahan’. Kaum yang identik dengan malas dan tidak memiliki semangat. Inilah yang dikhawatirkan. Jadi, sebaiknya kita mulai menyadari bahwa pandemi ini bukan sebuah penghalang untuk tetap belajar dan menambah ilmu. Banyak cara dan media untuk tetap bisa terus belajar, menambah ilmu dan ketrampilan. Tetap semangat mengembangkan diri di tengah pandemi.

7. Tetap Semangat Bekerja

Bagaimanapun caranya 'dapur harus tetap mengepul.' Begitu kira-kira kata yang tepat untuk saat ini. Kalimat heroik lainnya seperti “Kita harus tetap bekerja, karena bisa jadi kita mati bukan karena Corona tetapi karena kelaparan. Kelaparan karena tidak ada yang dimakan”. Saya sangat menghargai statement tersebut, karena memang seperti itulah kondisi kita. Belum ada yang berani menjamin jika kita dirumah saja ada yang memberi makan. Maka tetaplah bekerja, bekerja dari rumah atau pun di luar rumah. Jika tidak dapat menghindari kerumunan, sebaiknya mentaati protokol kesehatan, demi keamanan diri sendiri dan orang lain.

8. Banyak bersedekah 

Mengapa harus banyak bersedekah? Salah satu keutamaan sedekah adalah menolak bala’ (marabahaya). Selain itu, kondisi pandemi saat ini banyak orang yang kehilangan pendapatannya, berkurang penghasilannya, bahkan ada yang kehilangan pekerjaan atau mata pencahariannya. Sehingga dengan banyak bersedekah, harapanya dapat menjauhkan diri dari marabahaya (covid19) dan dapat membantu dan saling meringankan beban orang lain. Tentu ini sangat dibutuhkan pada masa pandemi saat ini.

9. Menjaga Kebersihan diri dan lingkungan

Yang terakhir ini juga tidak boleh diremehkan, kita harus meningkatkan kebersihan diri. Mulai dari mandi, gosok gigi, dan juga pakaian yang dipakai, serta rajin mencuci tangan dimanapun berada. Sebaiknya selalu membawa handsanitizer. Selain itu, kebersihan lingkungan juga harus ditingkatkan. Mulai dari kamar tidur hingga ruang kerja. Kebersihan rumah dan juga tempat kerja. Harapannya di tempat yang bersih dan steril, virus tidak akan bertahan hidup dan menempel ke manusia.


Demikian beberapa sikap positif yang bisa dilakukan agar kita tetap bangkit dan bertahan pada masa pandemi saat ini. Tetap sehat dan selamat. Syukur-syukur, jika pada masa pandemi ini kita semakin kreatif dan produktif, maka pandemi covid19 bukanlah penghalang yang berarti. Keep spirit and Keep healthy.

16 comments for "9 Sikap Positif Menghadapi Pandemi Covid 19"

  1. Penting banget nih menerapkan 9 sikap positif kala pandemi ini...apalagi kita semua gak tau sampai kpan pandemi usai..jadi dengan menerapkan sikap positif semoga daya tahan tubuh tetap terjaga ya kak

    ReplyDelete
  2. Benar sekali kak, 9 sikap positif dalam menghadapi pandemi ini ya, untuk menjaga agar pikiran
    tidak stress ya kak sehingga dapat menurunkan imun juga , sehat selalu buat kita semua ya .

    ReplyDelete
  3. Kita nggak tahu ya mas kapan pandemi ini berakhir, namun yang pasti dengan tetap berpikir positif segalanya akan lebih mudah dijalani.

    ReplyDelete
  4. Banyak bersedekah juga membantu menolak bala ya mas. Apalagi covid seperti hantu yang tak tahu ada dimana. Kalau tahu dimana kita tinggal menjauhi saja

    ReplyDelete
  5. beberpa kawanku juga udah kena covid,alhamdulillah dengan isolasi, makan-makanan sehat, jaga pikiran dan hati bisa melawati penyakit tersebut. memang paling penting sedekah ya itu saat sempit maka akan lapang insyaallah

    ReplyDelete
  6. Bener banget, kak. Sekarang tuh orang pada serius jaga kesehatan sama nerapin pola hidup yang lebih baik. Kebersihan dan kesehatan udah jadi prioritas ngga lagi dianggap remeh ya, kak

    ReplyDelete
  7. Setuju banget, kak. Di kampungku sendiri, sekarang tiap rumah punya tempat cuci sendiri di terasnya

    ReplyDelete
  8. Setuju Kak, harus memperhatikan semua itu ya agar kita sehat dan orang-orang di sekitar kita juga sehat.

    ReplyDelete
  9. sebenarnya Covid 19 ini mengajarkan kita untuk lebih peduli terhadap kebersihan diri dan olahraga sih kalau kita flashback otomatis bagi yang terkena itu biasanya mereka yang menggampangkan hal sesuatu. Bahkan sampai saat ini masih banyak orang yang enggak percaya covid

    ReplyDelete
  10. Setuju kak, sekarang di setiap rumah juga udah punya tempat cuci tangan sendiri nih kayaknya di mana mana

    ReplyDelete
  11. Betul tetap semangat kak, dapur harus tetap mengepul ada dan tiada pandemi ini ya kak

    ReplyDelete
  12. Dengan sikap positif, alam juga akan merespon positif ya kak. Setuju banget. Nah, terus bekerja dan tetap hati hati jika pekerjaan dilakukan di luar rumah ya.

    ReplyDelete
  13. Setuju banget kak untuk tidak meremehkan covid, dan kita jg mesti jaga kesehatan selalu. Soalnya beberapa teman sudah pernah terpapar covid, untungnya mereka bisa sembuh

    ReplyDelete
  14. Betuk kak sangat penting 9 sikap positif di terapkan dimasa sekarang ini

    ReplyDelete
  15. yes setuju bangeeeet. intinya mah dari kita sendiri ya bagaimana menghadapi covid ini. jangan terlalu takut tapi jangan terlalu santai juga. diantaranya aja. tetap jalani kehidupan dengan protokol kesehatan. pastinya pola hidup diubah jadi lebih sehat. makasih remindernya.

    ReplyDelete
  16. Setuju . . Jangan juga mati karena kelaperan.. segala upaya harus dilakukan tetap dengan protokol kesehatan dan doa serta berserah kepada Tuhan.. sehat2 kita semua ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang positif. Salam blogger!

Berlangganan via Email