Widget HTML Atas

Menikmati Sunset di Pantai Panduri Tanjung Awar-Awar

pantai panduri tuban

Sebagian wilayah di Kabupaten Tuban berada di pinggir pantai utara Laut Jawa. Letak geografis ini menjadikan Tuban memiliki banyak kekayaan yang bersumber dari laut. Termasuk kekayaan wisata alamnya. Misalnya wisata pantai cemara, wisata pantai sumur pawon, Pantai kelapa, dan lain sebagainya.

Wisata pantai di Tuban terus bermunculan seiring dengan kepedulian dan kreatifitas warga sekitar pantai. Baik diprakarsai oleh pemerintah desa setempat, melalui kelompok karang taruna atau badan usaha milik desa lainnya.

Pantai Panduri, Satu-satunya Pantai di Tuban Yang Menghadap Ke Barat.

Baru-baru ini dibuka obyek wisata baru yaitu Pantai Panduri. Pantai ini merupakan satu-satunya pantai di Tuban yang menghadap ke barat atau berada di sebelah timur laut Jawa.

Persisnya berada di sebelah barat Tanjung Awar-Awar, Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Letak pantai yang menghadap ke barat menjadikan pantai ini memiliki posisi yang strategis untuk menikmati indahnya matahari terbenam alias sunset.

Nama Panduri sendiri berasal dari kata Pandan Berduri. Dinamakan demikian karena di sekitar pantai ini masih banyak ditumbuhi pohon pandan yang daunnya berduri.

Untuk sampai di Pantai Panduri cukuplah mudah. Dari jalan raya pantura, rute Surabaya-Semarang, langsung menuju jalan Syech Subakir, Awar-awar, Tasikharjo. Bila dijangkau dengan kendaraan bermotor, perjalanan sekitar lima menit.

Nge-Camp di Pantai Panduri Tanjung Awar-Awar

Camping pantai panduri tuban

Suasana yang masih tenang dan asri membuat Pantai Panduri sangat cocok untuk camping. Anda dapat mendirikan tenda di antara pohon cemara atau pohon pandan. Anda juga bisa camping ala campervan. Yakni dengan membawa kendaraan masuk ke area camping.

Camping keluarga di Pantai Panduri juga sangat friendly. Karena di tempat ini sudah dilengkapi beberapa fasilitas. Seperti listrik, air bersih, toilet, café, dan aula. Anda juga dapat menikmati semilir angin di atas hammock yang banyak terpasang di antara pohon cemara.

Jika berminat camping di Pantai Panduri sebaiknya anda riset cuaca dan datang sore hari untuk bisa menikmati senja. Selain itu anda juga harus reservasi terlebih dahulu agar campingnya aman dan lancar. Anda bisa menghubungi pengelola atau DM di akun Instagramnya.

Tiket Masuk Pantai Panduri

Pantai Panduri yang baru dibuka sejak September 2022 ini belum memberlakukan tiket masuk. Anda cukup membayar parkir kendaraan saja. Untuk mobil Rp.5.000 dan sepeda motor Rp. 3.000. Sedangkan untuk pengunjung yang akan nge-camp dikenakan Rp. 5.000/orang.

Untuk biaya listrik dan air, cukup membayar infaq seikhlasnya. Camping ground juga masih promo alias gratis. Anda cukup mendukung dan mensupport Wisata Pantai Panduri dengan menjaga kebersihannya. Buanglah sampah di tempat sampah yang sudah disediakan.

Oke gays, selamat menikmati wisata Pantai Panduri Tanjung Awar-awar. Dukung terus wisata pantai di Tuban. Jaga lingkungan dan terus tebarkan kebaikan. Semoga bermanfaat.

5 comments for "Menikmati Sunset di Pantai Panduri Tanjung Awar-Awar"

  1. Wah seru banget ya kak berwisata menikmati sunset di pantai Panduri tanjung awar-awar Tuban ini. Pantainya Bersih banget Dan bisa camp juga

    ReplyDelete
  2. pantainya begitu indah dan bersih, semoga pengunjung selalu sadar untuk menjaga kebersihan dan keindahan pantai ini ya biar yang lain pun juga bisa menikmatinya.
    pengen deh suatu saat nanti bisa camping menikmati sunset juga :)

    ReplyDelete

  3. sayang fotonya kurang banyak, wehehehe. indah sih Pantai Panduri Tanjung Awar-Awar ini ya. saya rekomended nih kalau sekali kali ke Tuban

    ReplyDelete
  4. Wah...ada juga ya cemara pantai di Pantai Panduri. Unik...aku sukaaa...
    Pertama lihat cemara pantai malah di Sumba. Kemarin ini di Sumenep ada juga.
    Pantai Panduri bikin betah deh...mana pasirnya putih pula...

    ReplyDelete
  5. Lihat sunset di pantai manapun kayaknya antigagal ya. Bersyukur tinggal di Indonesia sebagai salah satu negara dengan garis pantai terpanjang di dunia. Kemana pergi kayaknya ada aja pantainya. Cantik sekali wisata Pantai Panduri ini. Lihat pantai, bisa sekalian ngecamp.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang positif. Mohon tidak meletakkan link hidup. Salam blogger!