Widget HTML Atas

Wisata Pantai Sumur Pawon, Camping Ground Asyik di Tuban

Pantai Sumur Pawon Tuban
Wisata Pantai Sumur Pawon Tuban

Deretan pantai utara di kawasan Kabupaten Tuban belakangan menjadi wisata pantai andalan Kota Tuban. Misalnya ada pantai cemara, pantai mangrove, pantai pasir putih, pantai semilir, dan beberapa wisata pantai lainnya yang ketika hari libur ramai dikunjungi wisatawan.

Beberapa wisata pantai di Tuban menawarkan spot-spot yang menarik dan memiliki keunggulan masing-masing. Pengelola wisata mengkolaborasikan antara wisata alam dan wisata buatan, sehingga tempat wisata menjadi menarik dan layak untuk dikunjungi.

Wisata Pantai Sumur Pawon

Salah satu pantai yang unik dan menarik adalah Pantai Sumur Pawon. Sesuai namanya, Pantai Sumur Pawon dinamakan demikian karena di pantai tersebut terdapat sebuah sumur yang lebar menyerupai pawon. Pawon berasal dari bahasa Jawa yang berarti tungku dari tanah liat. Sumur tersebut persis dipinggir pantai dan airnya tawar.

Selain keunikan tersebut, wisata Pantai Sumur Pawon juga memiliki pantai yang eksotis dengan pohon cemara yang berderet di tepi pantai,  pasir pantai yang berwarna putih, dan batu-batu karang di tepi pantai yang membuat pantai ini semakin menarik.

camping ground di tuban
Camping ground di Tuban

Camping Ground Asyik di Tuban

Pantai Sumur Pawon juga memiliki area yang cukup luas. Menurut pengelola wisata Pantai Sumur Pawon, pantai tersebut direncanakan sebagai salah satu tempat camping atau camping ground. Jadi pengunjung bisa berkemah dengan pemandangan pantai dan riuhnya suara ombak.

Pada saat saya camping di Pantai Sumur Pawon, pantai ini masih dalam proses  pengembangan dan masih terus melengkapi fasilitas yang dibutuhkan bagi pengunjung yang akan melakukan camping.

Namun demikian, teman-teman yang mau camping di Pantai Sumur Pawon tidak usah khawatir, meskipun masih dalam proses pengembangan, teman-teman masih tetap bisa camping dengan aman. Karena di area camping ground sudah tersedia air bersih, kamar mandi dan toilet, mushola, serta sudah tersedia aliran listrik.

Bagi pengunjung yang tidak membawa perlengkapan camping, dapat memesan dan menyewa ke pengelola wisata. Jadi teman-teman tidak harus ribet membawa perlengkapan. Suasana di sekitar pantai juga masih tenang, jadi cocok bagi kamu yang menyukai kesunyian. He..he..

Sebaiknya untuk kebutuhan makan dan minum, teman-teman tetap persiapan membawanya dari rumah, karena di sekitar Pantai Sumur Pawon belum banyak warung yang menyediakan makanan.

Tiket Masuk dan Parkir di Pantai Sumur Pawon

Karena masih dalam tahap pengembangan, jadi kami belum dikenakan tiket masuk alias masih gratis. Apalagi kami adalah pengunjung perorangan atau pribadi bukan dari instansi. Jadi kami hanya membayar parkir saja. Biaya parkir untuk mobil Rp. 10.000 dan Sepeda motor Rp. 5000/ malam.

Area parkir juga cukup luas. Jadi, teman-teman tidak usah khawatir, kendaraan anda tetap aman terjaga.

Rute dan Lokasi Pantai Sumur Pawon

Untuk sampai ke lokasi pantai, teman-teman harus melewati jalan desa dan perkebunan. Bagi yang membawa mobil tetap bisa masuk tetapi agak susah jika harus bersimpangan dengan pengendara yang berlawanan arah.

Lokasi pantai ini terletak di sebelah barat Kota Tuban. Sekitar 16 kilometer dari Kota Tuban atau sekitar 30 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda empat dengan kondisi lalu lintas normal.

Tepatnya berada di Desa Mentoso, kecamatan Jenu. Berada di deretan Pantai Pasir Putih Desa Remen, kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

pantai sumur pawon tuban
Wisata pantai sumur pawon Tuban

Tetap Menjaga Kebersihan Pantai Sumur Pawon

Saat saya berkunjung di pantai ini, pantai ini masih sangat bersih. Saya masih bisa bercamping ria dan bermain pasir. Air lautnya juga bersih. Suasananya juga tenang dan damai.

So, bagi para pengunjung yang akan mencoba camping ground di Pantai Sumur Pawon, mari kita jaga alam kita dengan tetap menjaga kebersihan. Membuang sampah pada tempatnya dan tidak merusak tanaman pantai, agar keindahan alam selalu terjaga. 

6 comments for "Wisata Pantai Sumur Pawon, Camping Ground Asyik di Tuban"

  1. Semoga suatu saat bisa main2 ke Tuban, main2 ke pantai sumur Pawon dan psntai2 lainnya. Thanks for sharing.

    ReplyDelete
  2. ternyata di Tuban ada pantai cantik ya. aku kira selama ini di TUban nggak ada wisata lautnya
    dan jarak dari kota juga nggak lama ya. semoga besok-besok bisa main ke tuban juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, tuban memiliki pantai juga pegunungan. boleh mampir2

      Delete
  3. Masuk pantainya masih terbilang murah meriah... dan pantai selalu menjadi tempat rekreasi menarik bersama keluarga besar.. apalagi bersama pasangan...

    ReplyDelete
  4. Tuban dekat nih dnegan Sidoarjo, wah bisa jadi alternatif wisata, enak kalau ada persewaan di sana ya, tinggal bawa perbekalan makan dan minum, camping tipis-tipis

    ReplyDelete
  5. Wisata pantai emang punya tempat tersendiri. Nah, pantai sumur pawon bisa jadi pilihan untuk wisata nih

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang positif. Mohon tidak meletakkan link hidup. Salam blogger!