Widget HTML Atas

7 Makanan Khas Tuban yang Wajib Anda Coba Bila Berkunjung Ke Kota Tuban

kare rajungan Tuban

Bila anda berkunjung ke Kota Tuban, jangan lupa menikmati beberapa makanan khas Tuban. Beberapa makanan yang diolah dan dimasak khas orang Tuban. Khasnya adalah rasa pedas dan asin. Pedas dan asin merupakan cita rasa yang khas masyarakat pesisir, termasuk Kota Tuban. Mungkin sebagian Anda kurang menyukainya, tetapi bagi masyarakat Tuban sendiri, belum terasa makanannya jika tidak ada rasa pedas dan asinnya.

Perpaduan bumbu dan rempah-rempah yang kaya cita rasa menjadikan makanan khas Tuban tetap bisa dinikmati. Rasa pedas dan asinnya menyatu dalam hidangan yang akan membuat anda terkenang. Halah..!

Berikut tujuh makanan khas Tuban yang wajib dicoba bila anda berkunjung ke Kota Tuban.

garang asem ndas manyung tuban
Garang Asem Manyung

1. Garang Asem

Garang asem merupakan makanan olahan ikan laut. Ikan segar dari laut yang sering diolah adalah ikan manyung, tongkol, kakap, kuningan, dan lain-lain. Untuk menghilang bau amis, bumbu pelengkapnya adalah ada daun jeruk atau jeruk nipis, asem jawa atau blimbing wuluh. Masakan semakin harum bila ditambahkan irisan daun bawang dan daun kemangi. Terbayang sedapnya. Garang asem ini banyak didapatkan di beberapa warung makan di Kota Tuban. Seperti di Jl. Soekarno Hatta Bogorejo dan Cak Anam Sugihwaras ada garang asem Kepala Manyung.

kare rajungan tuban
image:jejakruang.com

2. Kare Rajungan dan Kepiting

Kare Rajungan ini merupakan di antara makanan legendaris khas Kota Tuban. Makanan dari olahan kepiting dan rajungan ini memiliki cita rasa yang menggiurkan. Ada rasa gurih, manis dan pedas menyatu dengan kaldu rajungan. Kalau saya lebih suka kare Kepiting karena selain dagingnya lebih padat dan banyak, gurih dan manisnya lebih terasa. Seperti umumnya masakan kare lainnya, makanan yang diolah dengan santan dan kunyit ini semakin gurih dan nikmat bila ditaburi dengan irisan daun bawang. Kare rajungan ini bisa anda dapatkan di warung makan Jl. Manunggal Tuban, dan beberapa restoran di Kota Tuban.
 

becek menthok sugiharjo tuban
image:jejakruang.com

3. Becek Menthok

Makanan berkuah santan ini hampir mirip dengan masakan kare. Hanya saja daging yang digunakan adalah daging itik alias Menthok. Dengan bumbu becek dan olahan daging Menthok yang pas, membuat daging Menthok empuk dan tidak amis. Bumbunya meresap hingga ke tulang-tulangnya. Serta dengan taburan bawang goreng dan irisan daun bawang, becek Menthok semakin sedap untuk disantap. Merupakan ciri khas Tuban, becek Menthok disajikan dengan nasi jagung. Kuliner ini bisa dinikmati di beberapa warung makan, seperti di Becek Menthok Mawot Sugiharjo atau becek Menthok Sor Sawo Semanding.

Welut Cemplon Tuban
jejakruang.com

4. Belut Pedas dan Nasi Jagung

Nasi Jagung dan Belut Pedas adalah salah satu makanan legendaris khas Tuban. Kalau anda berkunjung ke Kota Tuban tidak mencicipi makanan ini, sepertinya kurang pas. Teksturnya yang lembut dan gurih serta khas pedasnya, membuat olahan belut atau welut ini banyak digemari pecinta kuliner. Bentuk olahannya pun bermacam-macam. Mulai dimasak ulas-ulas, dipepes, rica-rica, hingga digoreng biasa, semuanya maknyus di lidah. Semakin menambah selera makan bila dinikmati dengan nasi jagung bungkus daun pisang. Aromanya membuat perut meronta-ronta. He he... Kuliner nasi jagung dan belut pedas ini bisa dinikmati di beberapa warung makan di Kota Tuban, misalnya di Welut Cemplon dan Warung Jangkar.

sambel urap ikan asin tuban
image:cookpad[dot]com

5. Sambel Urap Ikan Asin

Tuban merupakan kota di pesisir laut utara tidak heran jika menu ikan lautnya bermacam-macam. Termasuk oleh-oleh khas Tuban adalah berbagai jenis Ikan Asin. Mulai ikan asin teri, ikan asin dodok/gereh, dan lain-lain. Ikan asin merupakan ikan segar yang diawetkan dengan garam dan dijemur hingga kering. Nah, salah satu makanan khas Tuban adalah nasi liwet, sambel urap/sambal kelapa, plus lauk ikan asin. Sambel urap sendiri adalah parutan kelapa dicampur bumbu sambel, kemudian direbus atau dikukus setengah matang, dan dicampur sayur-sayuran yang sudah direbus. Di beberapa warung di Kota Tuban banyak menyediakan menu ini, seperti di Warung Tenda Biru atau Warung condong raos.

bakso balungan tuban
bakso pak surip

6. Bakso Balungan

Bakso merupakan makanan yang sudah dikenal dimana-mana. Termasuk di Kota Tuban juga ada makanan ini. Meskipun di beberapa kota ada menu Bakso, tetapi Bakso Balungan Khas Tuban sepertinya perlu anda coba. Bakso Balungan Khas Tuban menurut saya sedikit berbeda dengan kota lain. Selain cita rasanya khas, daging balungan (tulang sapi) berasa gurih dan sedap bercampur dengan kaldunya. Bakso balungan ini dapat dinikmati di salah satu warung bakso Pak Surip, jalan KH. Ahmad Dahlan Tuban.

ulas-ulas ikan panggang
yummy[dot]co.id

7. Ulas-ulas ikan Panggang

Jika anda melewati pesisir utara Kota Tuban, anda akan menyaksikan deretan orang berjualan ikan panggang atau ikan asap di pinggir-pingir jalan. Mulai dari jenis ikan tongkol, ikan cakalang, ikan kuningan, dan lain sebagainya. Nah, salah satu menu olahan ikan asap adalah ulas-ulas ikan panggang. Olahan ini seperti sayur lodeh. Hanya saja untuk ulas-ulas ini kuahnya lebih sedikit. Ulas-ulas ikan asap semakin nikmat jika ditambahkan dengan sayur ale kupas, irisan cabe hijau, dan irisan daun bawang. Rasanya WOW banget!. Menu ini hampir ada di setiap warung makan di Kota Tuban. Jadi anda tidak perlu repot mencarinya.


Demikian tujuh makanan khas Kota Tuban yang perlu Anda coba. Bagi pecinta kuliner, sayang kalau beberapa menu di atas Anda lewatkan. So, kalau anda sedang berada di Kota Tuban, silakan hunting menu di atas dan nikmati sensasi pedasnya. 

Semoga bermanfaat!

17 comments for "7 Makanan Khas Tuban yang Wajib Anda Coba Bila Berkunjung Ke Kota Tuban"

  1. Jujur pas pertama buka link ini, aku langsung ngiler liat kepiting. Hahaha
    Enak-enak banget yaa makanan Khas Tuban. Aduuhh kapan bisa menikmatinya yaaaaa

    ReplyDelete
  2. Aku paling suka garang asem nih mas. Tahu gak dulu aku kira garang asem ini kayak sayur asem ternyata aku salah, wkwkw. Tuban gak jauh jauh dari Surabaya. Bisa aja beberapa kulinernya juga dijual di Surabaya ya

    ReplyDelete
  3. Saya suka olahan makanan pedas dan asin, apalagi kalau berkuah, makin nikmat adanya.

    Paling suka yang nomor 2, kepiting hmmmm nikmatnya maknyoooss

    Kapan ya bisa menikmati langsung ke Tuban?? Hehehe

    ReplyDelete
  4. Wah ini harus di-save postingannya, supaya kalau besok jalan ke Tuban, tinggal buka list jadi nggak usah bingung lagi. Kalau ke sana udah pasti harus coba nasi jagungnya, lah... tapi aku paling kepo sama kepiting ranjungan dan ulas-ulas, penasaran lodeh di sana seperti apa, pastinya beda dengan lodeh di daerahku, makanya pengen nyobain...

    ReplyDelete
  5. Dari foto-fotonya saja sudah menggiurkan. Terbayang, menikmati kuliner sambil memandang ke kejauhan Pantai Boom, diembus semilir angin Pantai Kelapa sembari mendengar lagu dari Koes Bersaudara. Semoga suatu saat nanti berkesempatan mengunjungi Bumi Wali ini.

    ReplyDelete
  6. Aku pertama kali kenal rajungan itu tahun lalu di Surabaya mba. Wkwkwk. Aku kira itu kepiting ternyata beda dan rasanya gak kalah enak ya. Jadi pengen nyobain kare rajungan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo yg difoto itu rajungan kak, kalo kepiting cangkangnya lebih keras dan halus

      Delete
  7. Ada rajungan dan kepiting, makanan kesukaan saya ini. Saya belum pernah ke Tuban, lewat aja juga belum. Catet dulu info ini, kalau suatu saat berkesempatan ke sana, udah nggak bingung lagi pengen kulineran apa

    ReplyDelete
  8. Sebagai seorang bakso lovers... Sya auto ngiler baca tentang Bakso Balungan. Semoga suatu saat bisa ngebolang ke Tuban biara bisa nyobain secara langsung.

    ReplyDelete
  9. Kayaknya saya suka semua deh, tapi paling kepingin kare kepiting hehe

    ReplyDelete
  10. Setiap daerah punya makanan khas yang punya rasa khas pula. Dari sekian banyak masakan Tuban ini aku pengen nyoba kepiting. Sepertinya menggiurkan. hehe

    ReplyDelete
  11. Ternyata masakan tradisional Tuban banyak ragam seafoodnya ya. Baru kali ini saya tahu ada kare rajungan. Duh kebayang enaknya, melihat dari photo saja sudah meningkatkan selera makan.

    Perlu stay berapa hari di Tuban supaya bisa mengunjungi tempat makan ini Kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup 3 hari kak, sekalian menikmati wisata pantai tuban

      Delete
  12. banyak sekali olahan lautnya.. duh aku cinta indonesia deh. belum pernah ke tuban, langsung googling deh tuban di mana hihi. pengen tajungann

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang positif. Mohon tidak meletakkan link hidup. Salam blogger!

Berlangganan via Email