Widget HTML Atas

10 Langkah Sederhana Menyelamatkan Bumi

menjaga bumi

Sering kita mendengar dan melihat tentang slogan-slogan yang mengajak kepada kita dengan kata-kata seperti menjaga lingkungan, melestarikan lingkungan, menjaga bumi, peduli lingkungan, berbudaya lingkungan, dan lain sebagainya. Dan semoga ini bukanlah sekedar kata-kata tapi betul-betul ajakan kepada kita untuk senantiasa beraksi menjaga bumi. Bumi dimana kita berpijak. Bumi tempat kita bertempat tinggal.

Menjaga bumi atau menyelamatkan bumi terdengar sangat berat, padahal kita bisa menjaganya dengan melakukan hal-hal sederhana yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Mengerjakan dari hal yang kecil, yang dekat dengan aktifitas dan rutinitas kita sehari-hari.

Berikut 10 langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga bumi :

1. Menyediakan tempat sampah

Dimana manusia bertempat tinggal akan meninggalkan sampah. Di rumah, di tempat kerja, di perjalanan, di tempat wisata, dan tempat manapun biasanya meninggalkan sampah. Sehingga di tempat-tempat tersebut harus tersedia tempat sampah yang dekat dan terlihat. Agar memudahkan orang untuk membuang sampah.

2. Membuang sampah pada tempatnya

Jika sudah banyak tersedia tempat sampah, berikutnya membangun kebiasaan membuang sampah pada tempatnya. Seringkali manusia beralasan tidak ada tempat sampah, sehingga seenaknya membuang sampah sembarangan. Agar jumlah sampah di muka bumi tidak terus bertambah dan menganggu lingkungan.

3. Memilah sampah

Upaya sederhana berikutnya adalah memilah sampah. Memilah sampah adalah memisahkan antara jenis sampah yang satu dengan jenis yang lainnya. Sampah dipilah menjadi dua jenis sampah yaitu sampah basah dan sampah kering atau sampah organik dan sampah an-organik. Masing-masing jenis sampah dimasukan ke dalam wadah yang berbeda. Berbagai bentuk dan bahan wadah pemilahan dapat digunakan.

4. Mengurangi sampah

Mengurangi sampah adalah mengurangi segala sesuatu yang menyebabkan timbulnya sampah. Mengurangi sampah sebaiknya dimulai dari sumbernya dan menghemat pemakaian barang. Misalnya dengan membawa tas belanja saat ke pasar sehingga dapat mengurangi sampah plastik dan mencegah pemakaian styrofoam, mengurangi kemasan yang tidak perlu, menggunakan kemasan yang dapat didaur ulang, misalnya bungkus nasi menggunakan daun pisang atau daun jati.

5. Menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan.

Sampah yang dapat digunakan jangan langsung dibuang, tetapi sebisa mungkin digunakan kembali baik untuk fungsi yang sama maupun untuk fungsi yang lain. Misalnya menulis pada kedua sisi kertas dan menggunakan botol isi ulang, ban bekas dimodifikasi jadi kursi atau pot bunga.

6. Mendaur ulang sampah

Mengolah sampah menjadi produk baru, contohnya sampah kertas diolah menjadi kertas daur ulang/kertas seni/campuran pabrik kertas, sampah plastik kresek diolah menjadi kantong kresek. Sampah kertas dapat dibuat hasta karya, demikian pula dengan sampah kemasan plastik mie instan, sabun, minyak, dan lain-lain.

7. Mengkomposkan.

Sampah basah dapat dimanfaatkan sebagai pupuk kompos. Sampah basah misalnya sisa makanan, daun-daun yang gugur dapat dibuat kompos dan digunakan sebagai penyubur tanaman maupun penghijauan.

8. Menggunakan air secukupnya.

Selain untuk mengurangi tagihan air yang membengkak, penghematan air juga bisa menjaga kelestarian air agar tetap bersih. Manusia yang sangat bergantung dengan air tentu saja membutuhkan sumber air yang bersih untuk memastikan hidup yang sehat dan higienis. Untuk itu, mari kita mulai menghemat air untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih dan dompet tidak semakin tipis.

9. Mematikan peralatan listrik dan sumber energi lain bila tidak digunakan.

Hampir semua peralatan rumah tangga, kendaraan, dan lain-lain mengandalkan energi. Energi listrik maupun bahan bakar minyak. Hidup manusia semakin mudan dan instan, mau apa saja tinggal putar dan tekan tombol. Artinya, manusia semakin bergantung dengan sumber energi tersebut. Saking terlenanya manusia dengan kemudahan-kemudahan tersebut, manusia cenderung berlebihan, dan tidak berpikir untuk berhemat.

10. Menanam pohon

Sebagai bangsa yang dianugerahi kesuburan tanah dan air yang melimpah maka sepatutnya kita bersyukur. Bagaimana cara kita bersyukur dengan anugerah ini? Salah satu caranya adalah dengan menanam pohon. Kelihatannya sederhana dan sepele, tapi ini bisa menjadi sebuah langkah kecil cara mensyukuri nikmat Allah dan cara menjaga bumi. Ya, kita bisa menanam pohon atau pun tanaman hias di sekitar rumah atau di sekitar lingkungan kita.

Demikian cara sederhana menjaga dan menyelamatkan bumi. Semoga langkah sederhana kita dapat menjadikan bumi kita semakin sehat dan lestari. Salam bumi !

No comments for "10 Langkah Sederhana Menyelamatkan Bumi"