Widget HTML Atas

Menghabiskan Akhir Pekan dengan Camping di Bukit Glodakan Tuban


Camping atau kemah di alam terbuka menjadi alternatif wisata pada masa pandemi saat ini. Beberapa alasannya adalah camping di alam terbuka diyakini lebih aman dan jauh dari kerumunan. Camping di alam terbuka juga menjadi semacam pengobat rindu setelah sekian lama ‘stay at home.’ Selain itu, camping juga menjadi penghilang jenuh dan lelah setelah bergulat dengan aktifitas pekerjaan.

Puncak Glodakan Tuban
Puncak Glodakan

Mengejar Senja di Bukit Glodakan

Di Kabupaten Tuban, tepatnya di Desa Trantang, Kecamatan Kerek terdapat camping ground yang asyik untuk dicoba. Namanya Bukit Glodakan. Bukit dengan ketingggian 128 Mdpl ini menawarkan pemandangan yang cukup indah. Apalagi jika pada malam hari, kerlip bintang dan kerlip lampu di bawah bukit menjadi pemandangan yang sayang untuk dilewatkan.

Sebelum malam tiba, ada pemandangan yang tidak kalah indah, yaitu Senja di Bukit Glodakan. Momen terbenamnya matahari ini sangat indah. Lukisan siluet alam dengan obyek matahari yang berbalut awan berwarna merah keemasan, tenggelam dibalik bukit bersamaan datangnya malam. Pemandangan yang sangat Indah.

Senja di Bukit Glodakan bisa anda dapatkan jika cuaca sedang bagus. Untuk mengejar senja sebaiknya anda harus sudah tiba di atas bukit sebelum pukul 16.30 an. Jangan lupa siapkan kamera dan ambil foto terbaik anda.
 

paralayang di bukit glodakan tuban
Paralayang di Bukit Glodakan

Menyaksikan Atlit Paralayang Tuban Beraksi di Bukit Glodakan

Sebenarnya Bukit Glodakan ini bukan area camping ground tetapi merupakan venue paralayang. Ya, bukit ini adalah tempat latihan para atlit paralayang. Bukit yang pada tahun 2019 juga digunakan sebagai event pekan olahraga provinsi Jawa Timur untuk cabang olahraga paralayang.

Entah bagaimana mulanya, bukit ini selain digunakan sebagai venue paralayang juga digunakan sebagai tempat camping. Bahkan sebelum diberi penerangan dari tenaga surya, bukit ini sudah digunakan untuk camping. Menurut warga sekitar Bukit Glodakan, hampir tiap malam minggu, bukit ini dipenuhi pengunjung yang akan camping. 

Nah, khusus hari Sabtu dan Minggu sore, jika anda beruntung, anda juga dapat menyaksikan atlit paralayang yang sedang beraksi.
 
camping di bukit glodakan
Camping Fun di Bukit Glodakan

Menikmati Kerlip Bintang dan Deru Angin Malam di Atas Puncak Glodakan

Suhu di atas bukit sekitar 25 derajat, tidak terlalu dingin tapi juga tidak panas. Hawanya lumayan adem, ditingkahi deru angin malam yang membuat tubuh dan tenda kami berguncang. Karena mungkin tidak ada pepohonan yang besar di atas bukit, jadi angin malam cukup bebas menerpa semaunya. He he…

Tapi teman-teman tidak perlu khawatir, suhu dan angin di atas bukit masih sangat bersahabat. Anda masih bisa menikmati pemandangan langit pada malam hari. Anda masih bisa menikmati keindahan bulan dan kerlip bintang serta hamparan kerlip lampu penerangan di bawah bukit. Sesekali angin malam menghembus, berkelindan bersama kepulan aroma kopi yang diseduh dari balik tenda. Malam yang syahdu.
 
Matahari Terbit di Bukit Glodakan
Sunrise di Bukit Glodakan

Bonus Sunrise Sebelum Turun Bukit

Menunggu matahari terbit atau sunrise adalah momen yang kami tunggu-tunggu. Sambil menikmati minuman hangat dan sepotong roti bakar, yang kebetulan cuaca sedang cerah, akhirnya kami dapat menikmati senyum matahari terbit di pagi hari dengan sempurna. 

Thanks to Allah… Sepertinya kami terlalu sibuk di setiap pagi, hingga tidak sempat mengagumi dan mensyukuri secuil keindahan semesta yang Tuhan berikan. Sunrise, bonus terindah bagi kami sebelum menggulung tenda dan pulang.

Lokasi Bukit Glodakan

Lokasi Bukit Glodakan sangat mudah dijangkau. Baik dengan kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat. Lokasinya berada di Desa Trantang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. Dari Kota Tuban sekitar 30 Km atau jika ditempuh dengan kendaraan roda dua, sekitar 45 menit dalam kondisi lalu lintas normal.

Area camping ground ini belum dikelola secara resmi, sehingga belum perlu reservasi atau membayar tiket masuk. Cukup datang, jaga kesopanan, jaga kebersihan, dan jaga lingkungan (pesan moral). Bukit Glodakan selalu dibuka siang dan malam. Selamat berakhir pekan di Bukit Glodakan. (mb/06/06)

10 comments for "Menghabiskan Akhir Pekan dengan Camping di Bukit Glodakan Tuban"

  1. Sunrise nya bikin pengen meluncur ke sana. Kegiatan yang nggak biasa dan seru banget! Bisa jadi alternatif lokasi wisata tanpa harus ke mall melulu.

    ReplyDelete
  2. Wah impian saya banget tuh bisa kemping di ketinggian dan bisa lihat indahnya langit malam. Apa lagi kalau bareng sama orang tersayang. ^^

    ReplyDelete
  3. Wah baca tulisan ini jadi kangen camping lagi. Bagusnya sunrise di bukit glodokan. Surga dunia ya

    ReplyDelete
  4. Wah bisa meningkatkan imun tubuh ini mas. Hehehe. Apalagi suasana outdoornya juga menyenangkan ya mas. SAya paling seneng liburan melihat alam terbuka

    ReplyDelete
  5. Seru nich wiisata alam..camping ground glodakan tuban ..etapi ini kalau bawa keluarga masih asik ga atau .emang buat solo traveming atau komunitas traveling...

    ReplyDelete
  6. Berarti harus nginep ya kalo mau dapet dobel pengalaman menarik: liat sunset dan sunrise. Bukit memang bagus buat yg gak mau repot ke puncak gunung tapi pengin menikmati ketinggian.

    ReplyDelete
  7. Bukit Glodakan Tuban ini punya pemandangan senja yang indah. Apalagi kalo ada bonus pemandangan orang lagi paralayang gitu. Wuih, jadi mewah senjanya. Bisa sekalian lihat sunrise juga ya ternyata. Indah banget mas.

    ReplyDelete
  8. Mantap banget kalau bisa camping di sini, lokasi gampang dijangkau, nggak ada biaya retribusi. Dapat pemandangan matahari jelang terbenam dan terbit yang sangat indah

    ReplyDelete
  9. Masya Allah, merdeka banget ya rasanya bisa camping di akhir pekan.
    Apalagi kalau sama keluarga :) rasanya hidup bergitu indah.
    Semua itu, sebelum pandemi melandan dunia. Semoga segera baikan ya bumi kita :)

    ReplyDelete
  10. Kapan ya bisa jelajah alam dan kemping lagi heuheu kangen banget pengen kemping seperti ini pasti berkesan banget ya kak

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang positif. Mohon tidak meletakkan link hidup. Salam blogger!