Widget HTML Atas

Menghabiskan Akhir Pekan dengan Camping di Bukit Glodakan Tuban


Camping atau kemah di alam terbuka menjadi alternatif wisata pada masa pandemi saat ini. Beberapa alasannya adalah camping di alam terbuka diyakini lebih aman dan jauh dari kerumunan. Camping di alam terbuka juga menjadi semacam pengobat rindu setelah sekian lama ‘stay at home.’ Selain itu, camping juga menjadi penghilang jenuh dan lelah setelah bergulat dengan aktifitas pekerjaan.

Puncak Glodakan Tuban
Puncak Glodakan

Mengejar Senja di Bukit Glodakan

Di Kabupaten Tuban, tepat di Desa Trantang, Kecamatan Kerek terdapat camping ground yang yang asyik untuk dicoba. Namanya Bukit Glodakan. Bukit dengan ketingggian 128 Mdpl ini menawarkan pemandangan yang cukup indah. Apalagi jika pada malam hari, kerlip bintang dan kerlip lampu di bawah bukit menjadi pemandangan yang sayang untuk dilewatkan.

Sebelum malam tiba, ada pemandangan yang tidak kalah indah, yaitu Senja di Bukit Glodakan. Momen terbenamnya matahari ini sangat indah. Lukisan siluet alam dengan obyek matahari yang berbalut awan berwarna merah keemasan, tenggelam dibalik bukit bersamaan datangnya malam. Indah sekali, sayang kalau tidak diabadikan

Senja di Bukit Glodakan ini akan anda dapatkan jika cuaca sedang bagus dan anda sudah tiba di atas bukit sebelum senja tiba. Untuk mengejar senja sebaiknya anda harus sudah tiba di atas bukit sekitar pukul 16.30 an. Jangan lupa siapkan kamera dan ambil foto terbaik anda.
 

paralayang di bukit glodakan tuban
Paralayang di Bukit Glodakan

Menyaksikan Atlit Paralayang Tuban Beraksi di Bukit Glodakan

Sebenarnya Bukit Glodakan ini bukan area camping ground tetapi merupakan venue paralayang. Ya, bukit ini adalah tempat latihan para atlit paralayang Kabupaten Tuban. Bukit yang pada tahun 2019 digunakan event pekan olahraga provinsi Jawa Timur untuk cabang olahraga paralayang.

Entah bagaimana mulanya, bukit ini selain digunakan sebagai venue paralayang juga digunakan sebagai tempat camping. Bahkan sebelum diberi penerangan dari tenaga surya, bukit ini sudah digunakan untuk camping. Menurut warga sekitar Bukit Glodakan, hampir tiap malam minggu, bukit ini dipenuhi pengunjung yang akan camping. Nah, khusus hari Sabtu dan Minggu sore, jika anda beruntung, anda juga dapat menyaksikan atlit paralayang yang sedang beraksi.
 
camping di bukit glodakan
Camping Fun di Bukit Glodakan

Menikmati Kerlip Bintang dan Deru Angin Malam di Atas Puncak Glodakan

Suhu di atas bukit sekitar 25-27 derajat, tidak terlalu dingin tapi juga tidak panas. Hawanya lumayan adem, ditingkahi angin malam yang sesekali menderu, membuat tubuh dan tenda kami berguncang. Karena mungkin tidak ada pepohonan yang besar di atas bukit, jadi angin malam cukup bebas menerpa semaunya. He he…

Tapi teman-teman tidak perlu khawatir, suhu dan angin di atas bukit masih sangat bersahabat. Anda masih bisa menikmati pemandangan langit pada malam hari. Anda masih bisa menikmati keindahan bulan dan kerlip bintang serta hamparan kerlip lampu penerangan di bawah bukit. Sesekali angin malam menghembus, berkelindan bersama kepulan aroma kopi yang diseduh dari balik tenda. Malam yang syahdu.
 
Matahari Terbit di Bukit Glodakan
Sunrise Bukit Glodakan

Bonus Sunrise Sebelum Turun Bukit

Menunggu matahari terbit atau sunrise adalah momen yang kami tunggu-tunggu. Sambil menikmati minuman hangat dan sepotong roti bakar, dan kebetulan cuaca sedang cerah, akhirnya kami dapat menikmati senyum matahari terbit di pagi hari dengan sempurna. Thanks to Allah… Sepertinya kami terlalu sibuk di setiap pagi, hingga tidak sempat mengagumi dan mensyukuri secuil keindahan semesta yang Tuhan berikan. Sunrise, bonus terindah bagi kami sebelum menggulung tenda dan pulang.

Lokasi Bukit Glodakan

Lokasi Bukit Glodakan sangat mudah dijangkau. Baik dengan kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat. Lokasinya berada di Desa Trantang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. Dari Kota Tuban sekitar 30 Km atau jika ditempuh dengan kendaraan roda dua, sekitar 45 menit dalam kondisi lalu lintas normal.

Area camping ground ini belum dikelola secara resmi, sehingga belum perlu reservasi atau membayar tiket masuk. Cukup datang, jaga kesopanan, jaga kebersihan, dan jaga lingkungan (pesan moral). Bukit Glodakan selalu dibuka siang dan malam. Selamat berakhir pekan di Bukit Glodakan. (mb/06/06)

No comments for "Menghabiskan Akhir Pekan dengan Camping di Bukit Glodakan Tuban"

Berlangganan via Email