Widget HTML Atas

5 Alasan Mengapa Anda harus Kreatif


mengapa harus kreatif

5 Alasan Mengapa Anda harus Kreatif,- Keterbatasan seringkali melahirkan daya kreatif. Sebuah daya upaya yang menjadikan seseorang berpikir lebih keras dan bertindak lebih cerdas untuk mengatasi masalah yang dihadapi. Sehingga muncullah berbagai karya cipta yang dihasilkan dari kreatifitas manusia. Tentang Kreatif ini Bang Kornelius Ginting menuliskan bagaimana belajar menjadi kreatif. Teman-teman dapat mengintip blognya langsung.

Lalu, apa yang disebut kreatif ? 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kreatif adalah memiliki daya cipta; memiliki kemampuan untuk menciptakan. Sedangkan dari beberapa sumber, saya mengartikan kreatif adalah kemampuan seseorang dalam menciptakan sesuatu yang belum pernah ada atau belum pernah dipikirkan orang lain sebelumnya, untuk mempermudah suatu pekerjaan atau menyelesaikan suatu masalah.

Lahirnya penemuan-penemuan teknologi dan karya cipta yang saat ini kita rasakan merupakan hasil kreatifitas manusia. Lampu yang menerangi setiap rumah, pesawat, komputer, social media seperti facebook, whatsapp, youtube, dan lain sebagainya merupakan hasil kreatifitas manusia. Semuanya ditujukan untuk memudahkan kerja dan mengatasi masalah yang ada.

Mengapa anda harus kreatif ?

Sebenarnya banyak alasan mengapa anda harus menjadi kreatif. Kali ini saya hanya akan memberikan lima alasan mengapa anda harus kreatif.

1. Menjadi orang yang bermanfaat

Menjadi kreatif akan membuat anda menjadi orang yang lebih bermanfaat. Karena hasil karya yang anda ciptakan dapat memudahkan dan mengatasi suatu masalah. Baik masalah pribadi atau masalah orang lain. Bagaimana seorang Thomas Alfa Edison, penemu bola lampu, termasuk orang yang bermanfaat bagi orang lain. Karena hasil karya yang ditemukan dapat bermanfaat bagi orang lain hingga saat ini.

2. Mampu bertahan hidup dalam semua keadaan.

Bagi orang yang kreatif tidak ada kata ‘mentok’ dalam hidupnya. Bahkan dalam kondisi kepepet, justeru menjadi pemantik lahirnya ide dan gagasan yang cemerlang. Selalu ada jalan keluar dalam setiap persoalan. Selalu ada solusi dalam setiap kondisi. Termasuk di tengah kondisi pandemic. Di sinilah orang kreatif menjadi problem solver.

3. Membangun kepercayaan diri

Seorang creator seringkali mendapatkan cibiran dari karya ciptanya. Seringkali dianggap gila dan ditertawakan. Jika anda tidak berhenti berkreasi karena caci, tidak peduli karena dibully, berarti anda kreatif dan percaya diri. Karena sesungguhnya orang kreatif itu adalah mereka yang berani mengambil resiko apapun demi mewujudkan karya. Tidak peduli akan pujian maupun cacian.

4. Meningkatkan keterampilan

Menjadi kreatif sama dengan menantang diri sendiri untuk berkembang. Bertumbuh dan berkembang dengan menambah dan mengasah keterampilan. Keterampilan yang sama sekali baru atau mempertajam keterampilan yang sudah dimiliki. Setiap hasil karya cipta baru akan menuntut keterampilan baru. Semakin anda terampil, semakin anda kreatif. Begitu sebaliknya.

5. Membuat anda lebih produktif dan sukses

Orang kreatif ibarat Raja Midas dalam mitologi Yunani. Bahwa apa yang disentuh akan menjadi emas. Kemampuannya disebut sentuhan emas atau sentuhan Midas. Ya, bagi orang yang kreatif peluang untuk menciptakan sesuatu yang berguna lebih banyak. Semakin produktif dalam menghasilkan karya. Sehingga peluang untuk sukses semakin terbuka lebar.

baca juga : 7 kegiatan produktif di saat pandemi

Demikian lima alasan mengapa anda harus kreatif. Jika kita mengasah kreatifitas atau menjadi orang yang kreatif, berarti kita sedang mendayagunakan pemberian Allah SWT berupa akal. Memaksimalkan dan memanfaatkan pemberian Allah SWT untuk berfikir dan merenung. 

14 comments for "5 Alasan Mengapa Anda harus Kreatif"

  1. Setuju kak dengan kreatif maka energi tersalurkan ya dan pasti kreatif akan menghasilkan sesuatu yang produktif ..dan ujung2nya ya sukses deh..mantab

    ReplyDelete
  2. bener banget orang yang kreatif lebih mampu bertahan hidup dan bisa survive, tepatnya gak nyusahain orang lain, hehe. orangtua saya salah satunya. mereka dari dulu kreatif banget untuk cari uang, meski lulusan SMA doang, tapi kalo soal cari nafkah paling pinter cari peluang. sampe sekarang udah punya banyak aset dan gak nyusahin anak-anaknya. malah sodara2nya yang nyusahin karena lebih milih gaya hidup yang selangit dibandingkan kebutuhan. terbukti bangeet sih.

    ReplyDelete
  3. Kalau aku kreatif setuju dengan point kedua dimana dengan kreatif kita menjadi bisa bertahan hidup dengan kreativitas yang kita miliki

    ReplyDelete
  4. Orang kreatif itu ada karena kepepet kata wong jowo. Benar gak sih hihi

    ReplyDelete
  5. Wah bener banget nih kak, dengan kreatif kita dapat menambah ketrampilan juga, dan siap menghadapi segala perubahan yang makin lama makin cepat banget.

    ReplyDelete
  6. Setuju banget kak, kl kita tuh harus kreatif agar lebih bermanfaat dan bisa meraih kesuksesan. Krn yang dibutuhkan sekarang adalah orang2 yg kreatif

    ReplyDelete
  7. Kreatif bukan kere dan aktif ya hehe. Itu pelesetan jaman sekolah. Nah sifat baik ini memang harus ditanamkan dari sejak dini biar nanti udah dewasa kaya kita gerak refleks kitavtuh jadi kreatif gitu hehe

    ReplyDelete
  8. Minimal dengan menjadi kreatif hidup jadi ga bosan dan monoton ya kak ... dan kreatifitas ini juga perlu dilatih kalau ga hilang dengan sendirinya...

    ReplyDelete
  9. Mampu bertahan hidup dalam semua keadaan adalah salah satu manfaat dari berpikir kreatif. Orang kreatif akan selalu melihat peluang di saat sempit.

    ReplyDelete
  10. Ya setuju, karena dengan terus kreatif akan membuat kita produktif, dan kita juga jadi terbiasa berpikir untuk mencari solusi ketika sedang mendapatkan masalah

    ReplyDelete
  11. Menjadi blogger gini termasuk kreatif juga nggak sih kak? Nggak semua orang kan tahu caranya menjadi blogger, influencer ataupun buzzer hehehe

    ReplyDelete
  12. Setuju Kak, selama kita masih ada di bumi memang harus kreatif untuk terus bergerak maju dan menghasilkan sesuatu yang positif dan menjadi kebaikan buat semua.

    ReplyDelete
  13. Setuju banget kalo orang kreatif itu mampu bertahan hidup di semua keadaan

    ReplyDelete
  14. Bener juga ya, kak. Orang yang kreatif bisa bertahan di kondisi apapun. Bahkan, bisa menjadikan sesuatu menjadi hal baru yang lebih bermanfaat ya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang positif. Salam blogger!

Berlangganan via Email