Widget HTML Atas

Step by Step Belajar Jadi YouTuber Sukses ala Deddy Corbuzier



youtuber pemula


Step by Step Belajar Jadi YouTuber Sukses ala Deddy Corbuzier.- Dalam dunia YouTube, siapa yang tidak kenal YouTuber terkaya saat ini, dia adalah Deddy Corbuzier. Sebagaimana dilansir mediaindonesia.com, pesulap Deddy Corbuzier menjadi YouTuber terkaya di Indonesia menurut pemeringkatan yang dilakukan Social Blade pada Agustus 2020. Deddy Corbuzier berhasil bertengger di peringkat pertama melalui kanal YouTube podcast yang dimilikinya. Akun YouTube Deddy berpenghasilan sekitar US$29,3 ribu hingga US$ 468,4 ribu setiap bulannya atau setara dengan Rp430,7 juta hingga Rp6,8 miliar sebulan. Fantastis.

Bagi anda yang ingin mengikuti jejak Deddy Corbuzier sebagai YouTuber sukses, Deddy Corbuzier telah menulis sebuah buku berjudul YouTuber for Dummies. Anda bisa mengikuti tahap demi tahap yang ditulis dalam buku tersebut.

Buku tersebut diperuntukkan untuk para YouTuber pemula, atau anda yang baru akan terjun dalam dunia YouTube. Anda akan dibimbing dalam belajar menjadi YouTuber. Sebagaimana taglinenya: step by step belajar jadi YouTuber sukses. Ohya, kalau anda gemar membaca, anda dapat membaca ulasan buku-buku lain dari kak Ipeh Alena. Silakan diintip blognya.

Seperti apa step-stepnya belajar menjadi YouTuber sukses ala Deddy Corbuzier. Mari kita lanjutkan membacanya.

Step by Step Belajar Jadi YouTuber Sukses ala Deddy Corbuzier

1. Sign in YouTube dari sekarang

Tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu yang baik. Jika YouTube dapat memacu kreatifitas dan produktivitas, tidak melanggar norma dan hukum, berarti nge-YouTube itu hal yang baik.

Banyak kisah orang-orang yang memulai sesuatu yang baik, namun terlambat, karena usia sudah lanjut, tapi ternyata justeru membawanya pada keberhasilan. So, selama anda punya passion, anda bisa maju.

2. Tentukan Niche anda

Niche adalah membentuk ceruk; tempat anda untuk dikenali banyak orang. Bisa saja anda menguasai banyak hal, akan tetapi orang akan lebih memilih seseorang yang betul-betul expert dalam satu bidang. Niche lebih ke urusan personal. Sesuatu yang anda suka atau kuasai. Sesuaikan dengan passion anda, itu lebih baik daripada niche gado-gado alias random.

3. Gali ide video dengan 5W 1H

Setelah menentukan niche yang sesuai dengan passion anda, selanjutnya mengembangkan ide dengan pertanyaan 5 W 1 H (what, why, when, where, who, and how). 5W 1H tidak hanya berlaku dalam dunia jurnalistik, tetapi ini juga dapat diterapkan untuk mengembangkan konten video.

Deddy Corbuzier memberikan contoh. Misalnya niche anda tentang kuliner. Fokusnya pada makanan jenis donat. Maka anda dapat membuat video pertama dengan judul “Apa sih donat itu?” di video tersebut anda dapat menjelaskan pengertian donat, sejarah, jenis-jenis donat, dan lain sebagainya. Besoknya anda dapat membuat video lagi dengan judul “ Mengapa saya suka donat?” dan seterusnya.

4. Be Creative

Agar video anda tidak terkesan monoton anda harus kreatif. Deddy corbuzier memberikan tip, yaitu anda dapat menggabungkan atau mengaitkan video anda dengan konten video yang sedang trend atau viral. Bisa berupa video challenge, makan donat bersama orang yang lagi trending, dan lain sebagainya. Itu sah-sah saja asal tidak menyalahi copyright.

5. Jangan berhenti

Ketika anda sudah mulai aktif nge-YouTube, sudah menentukan niche, membuat dan mengunggah banyak video, mempelajari tren dan algoritma YouTube, mengasah kreativitas, namun ternyata apa yang anda harapkan belum juga tercapai, apa yang anda harus lakukan? Jangan pernah berhenti.

Belajarlah lagi, belajar lagi pada YouTuber-YouTuber yang sudah berhasil.

6. Buatlah channel YouTube yang menarik

Sebelum membuat channel YouTube, tentu anda harus membuat akun e-mail berbasis gmail. Kemudian sign-in YouTube dengan akun gmail tersebut. Dari situ anda dapat membuat channel YouTube yang menarik sesuai dengan niche anda. Lengkapi dengan banner serta deskripsi channel agar dapat menarik subscriber dan viewer.

Pelajari fitur-fitur yang ada di dashboard YouTube untuk optimasi channel anda. Sebelum anda membuat video, ada baiknya anda menentukan tipe video yang akan anda buat. Apakah termasuk video blog, short movie, cover lagu, comedy, live video, atau yang lainnya.

7. Gunakan peralatan kamera yang ada

Seringkali orang tidak segera memulai membuat video dengan alasan menunggu adanya peralatan kamera yang bagus. Adanya peralatan yang lengkap dan bagus mungkin akan mendukung anda lebih produktif membuat video bagus. Seharusnya demikian jika anda menggunakannya.

Jadi bukan semata-mata alat yang bagus dan mahal, yang terpenting adalah action. Anda tidak akan memiliki satu pun video dari kamera yang bagus dan mahal, jika anda tidak pernah menggunakannya. Sampai kapan pun anda tidak akan pernah menjadi YouTuber sukses.

Selain peralatan video yang anda miliki yang terpenting lagi adalah audio. Audio memegang peranan 70 % dan video 30%. Alasannya adalah orang akan masih menonton video anda meskipun secara kualitas gambarnya jelek tetapi audionya bagus.

8. Edit video anda

Untuk mengedit video, anda dapat menggunakan software aplikasi editing sesuai dengan peralatan yang anda miliki. Jika anda hanya menggunakan handphone, anda dapat menggunakan aplikasi editing berbasis android ataupun ios. Anda dapat menggunakan aplikasi yang menurut anda mudah. Aplikasi editing ini jumlahnya ribuan. Dari yang gratis hingga berbayar. Jika handphone anda berbasis android, anda dapat mencoba aplikasi editing Splice Video Editor.

Edit video sebaik mungkin, yang menjadikan video anda layak untuk ditonton. Disarankan durasi tidak melebihi 7 menit kecuali memang video anda butuh durasi yang panjang, seperti video tutorial. Bila perlu tambahkan musik atau klip yang menarik.

9. Upload video lebih banyak

Untuk YouTuber pemula harus mengunggah satu video baru dalam satu minggu. Karena dengan anda banyak mengunggah video baru, “Otak” YouTube akan memahami produktivitas anda dan secara otomatis YouTube akan mempromosikan video anda. Anda akan dianggap sebagai YouTuber yang serius, karena anda termasuk assetnya YouTube. So, quantity is more important than quality.

10. Nikmatilah prosesnya

Untuk menjadi YouTuber sukses tentu banyak halangan dan rintangan. Banyak hal yang harus dipelajari. Bagaimana meningkatkan viewer dan subscribers, bagaimana agar video menarik penonton lebih banyak, bagaimana memahami algoritma YouTube, dan lain sebagainya. Ini membutuhkan waktu dan pikiran yang tidak sedikit. Sehingga yang dibutuhkan adalah konsisten. Jangan menyerah, nikmati setiap proses yang anda lalui. Teruslah belajar dari mana saja, termasuk kepada YouTuber-YouTuber yang sudah sukses. Ketika anda konsisten, cepat atau lambat, anda akan sampai pada tujuan.

Demikian langkah demi langkah belajar menjadi YouTuber sukses ala Deddy Corbuzier. Lebih lengkapnya anda dapat membacanya langsung dari buku YouTuber for Dummies karya Deddy Corbuzier. Semoga bermanfaat. 

Apakah anda tertarik menjadi YouTuber?

18 comments for "Step by Step Belajar Jadi YouTuber Sukses ala Deddy Corbuzier"

  1. baru tahu youtube mikirin kuantitas dibanding kualitas..cita-cita bgt pengen produksi video yang konsisten tetapi krn anak msh piyik2 beredar di dunia tulis lebih safe buat aku sih mas karena ga "menganggu" mereka. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kak, baru pasang tripod, anak sudah teriak2, he..

      Delete
    2. bbener bgt mas masruhin, seringnya sih jadi videoin mereka. pantes ya banyak youtuber anak2

      Delete
  2. Ternyata banyak step yang kudu dilalui kalau mau jadi youtuber ya kak. Saya kadang pernah pengin

    ReplyDelete
  3. Berarti mau ngga mau pun kita belajar editing video juga ya, kak. Biar bisa edit video sendiri. Soalnya, kadang suka kepo, gimana para youtuber ini ngedit video mereka. Kece-kece banget hasilnya

    ReplyDelete
  4. Tertarik kak, cuma blm konsisten nih jadi kalau untuk pemula kualitas diabaikan ya , ok mau istiqamah

    ReplyDelete
  5. Point gali ide 5 W dan 1 H bener banget nih ..kadang bikin kontent orang tuh suka asal viral aja ya,.. tapi bnyk merugikan orang nah dengan 5 W 1 H setidaknya sdh ada filterisasi sebelum kontent tsb di unggah di kanal sosmed

    ReplyDelete
  6. kalau kang Deddy ini menurut saya niat sih ya buat kontentnya. Bahkan tokoh kontroversial pun dia berani undang.

    ReplyDelete
  7. Mau nyaranin editing Splice Video Editor untuk android ke suami. soalnya dia yang lagi buat chanel youtube, kalau aku kurang pede. Hihihi

    ReplyDelete
  8. sekarang youtube tuh jadi happening banget ya, semua orang berlomba-lomba mau jadi youtuber. kalau saya sih sekarang sudah nyaman banget nulis di blog, hehe.

    ReplyDelete
  9. Pengen banget jadi youtuber tapi gak tau deh bagaimana proses itu membutuhkan waktu panjang yang buat nyerang hiks

    ReplyDelete
  10. Gimana ya kak cara agar kita bisa ngembangin yutup tanpa terlihat wajah kita di kamera? Cocoknya bikin video apa ya biar gak terlalu eksis di depan kamera? Soalnya suami suka keberatan 🙄

    ReplyDelete
  11. Wah buku yang super keren nih. Harus dimiliki bagi para youtuber pemula seperti saya nih yang sedang berusaha menjadi seorang YouTubers yang baik. Saya masalahnya bukan di peralatan sih tapi lebih pada nggak pede di depan kamera hihihihi

    ReplyDelete
  12. boleh coba diterapin ini so chanel saya ga berkembang padahal udah 2 tahun lebih, makasih infonya kk auto cari bukunya kang Dedi ini

    ReplyDelete
  13. Kalau bikin video youtube sering males ngeditnya. Sampe sekarang youtube cuma dipake buat kalau ada job aja hihihi

    ReplyDelete
  14. Membaca ini tiba-tiba jadi pengen aktif ngeyoutube. Wakkaka. Makasih sharingnya Mas

    ReplyDelete
  15. Saya masih belajar nih utk bisa jadi youtuber, apalagi masih nyampur2 niche youtube saya. Ini nih yg jadi salah satu fokus utama saya, bagaimana agar membangun niche yg sesuai passion dan tidak nyampur2 spt akun youtube utama saya. Thanks banget info dan ilmunya kak

    ReplyDelete
  16. Edan... 430.jt hingga 6 M an ... perbulan... hmmm..tapi emang sich . . Sekelas beliau... penontonnya aja luar biasa banyak...

    Tapi om dedy ga pelit ilmu.. terbukti dia mau berbagi ilmu melalui bukunya...

    Boleh pinjam.kak ....

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang positif. Salam blogger!

Berlangganan via Email