Widget HTML Atas

10 Keterampilan Hidup Dasar Yang Harus Dimiliki Anak Usia 18 Tahun

keterampilan hidup dasar


Ada yang bilang generasi milenial sekarang akan bisa hidup hanya dengan dibekali uang dan menguasai dunia digital? Alasannya karena semua kebutuhan bisa didapatkan hanya dengan memanfaatkan aplikasi online.

Misalnya untuk kebutuhan makan dan minum bisa delevery order, tidak perlu keterampilan memasak. Untuk kebutuhan mencuci pakaian, sudah ada layanan laudry online. Tidak perlu belajar cara mencuci. Hampir seluruh kebutuhan manusia sudah terpenuhi secara online.

Nah, apakah memang demikian? Sehingga generasi milenial sekarang tidak memerlukan keterampilan yang lain?

Anak yang akan beranjak 18 tahun harus tetap dilatih keterampilan hidup yang lain. Mengapa usia 18 tahun? Karena pada usia sekolah, usia 18 tahun adalah usia mereka untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, yang kadang mengharuskan berpisah dengan keluarga. Sehingga, ketika anak akan sendiri, mereka harus dilatih mandiri sejak dini. Misalnya melalui cara memberikan pekerjaan harian di rumah sejak dini sebagaimana ditulis bunda Icha dalam blognya.

Lalu, Keterampilan hidup apa saja sih yang dibutuhkan ketika anak beranjak usia 18 tahun? Berikut saya rangkumkan 10 keterampilan hidup dasar yang perlu dimiliki anak usia 18 tahun.

10 Keterampilan Hidup Dasar Yang Harus Dimiliki Anak Usia 18 Tahun

1. Terampil berbicara

Melatih dan memastikan anak terampil berbicara sesuai tata krama. Bagaimana berbicara kepada yang lebih tua atau kepada orang yang belum dikenal. Misalnya berkata “permisi”, “tolong”, mengucapkan “terima kasih”, dan meminta “maaf”. Selain itu, anak juga dilatih untuk berani mengemukan pendapat dan bertanya. Baik secara lisan atau tulisan.

2. Terampil mengelola uang

Memastikan memiliki kemampuan mengelola uang. Bagaimana mendapatkan uang yang halal, menabung, berhemat, dan berbagi kepada orang lain atau bersedekah. Selain itu, anak juga dilatih untuk menggunakan uang untuk sesuatu yang berguna atau bermanfaat. Membelanjakan uang untuk sesuatu yang tepat.

3. Terampil merawat diri

Memastikan anak usia 18 tahun sudah memiliki keterampilan merawat diri dan rumah tangga. Misalnya memiliki kemampuan bagaimana cara mandi dan membersihkan diri, berpakaian, mencuci pakaian, membersihkan kamar, dan merapikan rumah. Termasuk pada hal-hal yang darurat seperti cara membetulkan genteng bocor atau memperbaiki toilet mampet.

4. Terampil memasak

Melatih dan memastikan anak memiliki keterampilan menyiapkan makanan sederhana, sehat, dan ekonomis. Pada keterampilan ini secara otomatis melatih anak memahami pekerjaan dapur. Mulai dari menyiapkan bahan memasak, mengenal peralatan memasak dan fungsinya, mengenal resep dan cara menghidangkannya.

5. Terampil kesehatan

Anak usia 18 tahun juga dipastikan memiliki kemampuan dan pemahaman tentang kesehatan diri. Bagaimana menjaga kesehatan diri dan lingkungan. Anak sudah memiliki pemahaman tentang pola hidup sehat, bagaimana penanganan ketika sakit, pertolongan pertama pada kecelakaan, dan lain sebagainya.

6. Terampil keamanan dan keselamatan diri


Pengaruh lingkungan pada anak usia 18 tahun juga sangat besar. Sehingga anak juga harus dilatih untuk menjaga keamanan dan keselamatan diri. Anak terlatih untuk menjaga diri dari gangguan orang lain. Memahamkan anak untuk waspada pada situasi atau lingkungan yang baru, teman baru, atau situasi yang berbahaya.

7. Terampil navigasi

Memastikan anak memiliki keterampilan navigasi yang baik. Terampil membaca peta, denah, dan arah. Memiliki kemampuan memahami kondisi geografis suatu wilayah. Termasuk memiliki keterampilan dalam hal transportasi. Selain itu, anak juga terampil mengendarai salah satu kendaraan. Misalnya terampil mengendarai sepeda, sepeda motor, mobil, dan lain-lain.

8. Terampil berpikir

Memastikan dan membiasakan anak berpikir secara benar, runtut dan kritis. Melatih anak untuk dapat mengambil keputusan yang benar dari pemikiran yang benar. Anak juga terlatih membedakan mana yang benar dan salah, mana yang bermanfaat dan tidak, menghasilkan atau merugikan. Anak juga memiliki pertimbangan yang matang, untuk sebuah keputusan atau resiko yang akan diambil.

9. Terampil sosial

Pada akhirnya anak akan hidup bersama orang lain, tidak selalu bersama orang tua. Sehingga anak harus dilatih untuk terampil bersama orang lain, teman-temannya, dan masyarakat. Anak bisa menjadi sahabat dan tetangga yang baik. Ia terlatih untuk bisa bekerjasama dengan orang lain. Bisa bekerjasama dengan baik dan benar.

10. Terampil mengelola waktu

Memastikan anak dapat mengelola waktu dengan baik. Merencanakan dan mengelola waktu dengan baik. Demi efektifitas waktu, anak harus sudah terlatih melakukan pekerjaan yang prioritas dan tanggung jawab yang harus diselesaikan dan yang bukan. Anak juga sudah terlatih melakukan sesuatu yang menjadi kewajiban tanpa harus disuruh atau diingatkan. Mengelola waktu berarti terampil merencanakan.


Demikian 10 keterampilan hidup dasar yang harus sudah dimiliki oleh seorang anak yang sudah berusia 18 tahun. Usia yang seharusnya sudah mulai matang atau dewasa. Anak yang seharusnya bisa lebih mandiri. Mandiri dalam berpikir dan bertindak. Karena bertambahnya usia tidak menjadi jaminan menjadi dewasa dan mandiri sehingga anak perlu mendapatkan pemahaman, pelatihan, pendidikan, dan bimbingan. Semoga bermanfaat.

Kalau teman-teman ada tambahan, bisa teman-teman tuliskan di kolom komentar. terima kasih


15 comments for "10 Keterampilan Hidup Dasar Yang Harus Dimiliki Anak Usia 18 Tahun"

  1. auto di save iini keterampilan hidup yang harus dimiliiki

    ReplyDelete
  2. Ketrampilan sosial, ini bener banget dibutuhin ya, kak. Biar mereka paham cara sosialisasi sama orang sekitarnya

    ReplyDelete
  3. Nah kalau anak zaman now yang susah itu terampil mengatur waktu kak, palagi kalau sdh asyik pegang gadget duhhh susah dibilangin ..diminta mandi, makan, tidur ampun dije susahnya ..jawabnya tar ter aja

    ReplyDelete
  4. Dulu saya 18 tahun belum begitu bisa masak kecuali masak mie instan mas. Hihihi
    Namun kemudian saat kuliah baru mulai belajar dikit2 lah bisa sambalado.

    ReplyDelete
  5. Terus terang waktu aku usia 18 tahun belum bisa terampil apa2 euyyy wkwkwk, disuruh bantuin masak aja males karena panas liatnya hahaha, sekarang alhamdulillah bisa dikit dehh.walau masih liat yutub.

    ReplyDelete
  6. Keterampilan mengelola waktu nih yang sulit kak. Asal sudah main gadget gitu deh waktu cepat berlalu. tahu-tahu sudah siang-malam saja. Trims infonya ya kak sudah mau berbagi kali ini

    ReplyDelete
  7. Dulu bangetttttt aku gak tau apa-apa, memang penting dari kecil mendidik anak agar anak tahu bagaimana cara mengurus dirinya sendiri

    ReplyDelete
  8. bener banget nih, terutama terampir bersosialisasi biar pandai juga bermasyarakat dan saling tolong menolong. apalagi kalau udah mulai tinggal sendiri, siapa lagi yang saling tolong menolong kalau bukan orang-orang sekitar atau tetangga.

    ReplyDelete
  9. noted kak. Aku sendiri merasa rugi ketika usiaku dulu mencapai usia 18 tahun aku belum bisa masak. Huhuhu. Karena dulu aku yang pegang adik-adikku. Pas sudah dewasa ketidakbisaan itu nurut. Rugi deh rasanya.

    ReplyDelete
  10. setuju ka ini bener bgt ketrampilan-ketarampilan iniperlu ditanamkan sejak dini agar nanti pas usia 18 tahun bisa tahu, bisa dan terampil ya

    ReplyDelete
  11. Keterampilan berbicara akan menghasilkan etika yang baik ya. Sya setuju jika dimasukkan ke.point pertama

    ReplyDelete
  12. Menarik banget nih Mas pembahasannya. Keterampilan-keterampilan di atas memang perlu dimiliki sebagai bekal hidup di masa depan

    ReplyDelete
  13. Menarik banget infonya kak, penting buat mengajarkan anak sedini mungkin, apalagi soal terampil bersosialisasi, krn saat seseorang mulai terpisah dari orangtua, entah itu merantau atau memang karena hal lain, kl sudah pinter bersosialisasi dan terampil lainnya hidup juga.akan lebih mandiri dan bahagia

    ReplyDelete
  14. Aku yang sampai setua ini bleum bisa melakukan tu nomor 7. Masih tetap belum faham aku tu soal navigasi.

    ReplyDelete
  15. Terampil menata hati kayaknya perlu juga dexh kak, biar kalau gagal membina hubungan ga baper berkepanjangan..heheheh

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang positif. Salam blogger!

Berlangganan via Email