Widget HTML Atas

8 Tips Bagaimana Saya Melakukan Traveling, Bisa Langsung Dicoba

tips travelling hemat

8 Tips Bagaimana Saya Melakukan Traveling, Bisa Langsung Dicoba. Sebagian orang bilang, traveling itu tipsnya mudah. Yang penting bawa uang yang banyak, bawa ATM yang gak habis-habis kalau digesek. Semua jadi beres !!

Yakin ?

Ada benarnya. Ya, benar ! tapi uang atau ATM saja gak cukup.

Dalam kondisi tertentu, uang bisa jadi tidak ada nilainya? Atau tiba-tiba uang dan ATM kita lenyap?

Maka, menurut saya tetap harus ada persiapan-persiapan yang lain.

Kali ini, saya ingin berbagi tips agar maksimal ber-Travelling. Setidaknya maksimal dalam persiapan. Semoga dengan persiapan yang matang, Travelling jadi lancar dan sukses.

Tips tersebut antara lain : memiliki perencanaan yang matang, fokus pada tujuan, dan terakhir mengevaluasi.

1. Tetapkan Tujuan.


tujuan travelling

Yang pertama dan penting adalah tujuan. Yaitu, menetapkan tempat dan lokasi yang akan dituju. (ya, iyalah, kalo diam di tempat itu bukan travelling namanya, he.he.)

Ya, selain lokasi yang dituju, maksud dan tujuannya apa di tempat itu? mau ngapain? Ini yang lebih penting untuk memotivasi dan memberikan energi dalam ber-travelling.

2. Pelajari Destinasinya.

destinasi travelling


Setelah dipastikan tujuannya, pelajarilah lokasi atau tempatnya. Melihat destinasi Travelling dari berbagai sisi.

Baik sisi keamanan, kenyamanan, biaya, jalur transportasinya, jarak tempuhnya, hingga nilai lebih dari tempat yang akan dituju.

Untuk mendapatkan informasi tentang lokasi atau tempat tersebut banyak caranya, bisa tanya teman-teman yang pernah ke sana atau melalui internet seperti situs-situs Travelling, sosial media, dan lain-lain.

3. Persiapkan Transportasi



Setelah banyak mengantongi informasi tentang tempat dan lokasi, berikutnya adalah menyiapkan transportasi.

Mau naik pesawat? Naik kereta api? Nge-bis? ngojek? Atau bawa mobil sendiri.

Jika membawa kendaraan pribadi, sebaiknya menyiapkan dan memastikan kendaraan yang akan dipakai sehat dan kuat. Termasuk menyiapkan peralatan dan perlengkapan jika ada trouble pada kendaraan.

Jika menyewa kendaraan atau jasa travel, sebaiknya memilih travel dan driver yang berpengalaman. (biar penumpangnya tenang…)

4. Persiapkan Perbekalan.

bekal traveling

Perbekalan ini penting. Yang akhirnya, diputuskan kamu mau bawa koper, carrier (backpack), tas cantik, atau tas kresek. He !

Disarankan membawa perbekalan yang tepat guna. Perbekalan yang sesuai dan berguna, tidak merepotkan atau memberatkan. Perbekalan ini tergantung pada kegiatan yang akan dilakukan.

Kegiatan di alam bebas atau kegiatan di dalam ruangan berbeda perlengkapan dan perbekalannya. Untuk alat-alat outdoor, sekarang sangat mudah untuk mendapatkanya, tinggal klik, barang yang kita akan tersedia.

Sehingga, merencanakan kegiatan selama di lokasi juga penting karena berkaitan dengan perbekalan yang dibawa. Kegiatanya apa saja dan akan berapa lama berada di sana. Jangan lama-lama, dikira nanti minggat! Dan banyak2 bekalnya, dikira nanti mau pindahan rumah ! he he..

5. Persiapkan uang atau biaya.

biaya traveling


Uang ini penting, tapi yang lebih penting adalah mengelola uang.
Berapa estimasi biaya selama perjalanan?
Berapa biaya transportasinya?
Berapa biaya akomodasinya? Makan, sewa hotel, belanja, tiket, guide, dll.

Dengan mengetahui bajet anggaran yang akan dikeluarkan, kita bisa menyusun strategi dalam menggunakan anggaran tersebut.

Misalnya strategi mendapatkan dana, dengan mulai menabung sejak dini, strategi mendapatkan tiket transportasi atau hotel yang murah, dengan pemesanan tiket jauh-jauh hari, pake sponshorship, hingga strategi-strategi lain ala backpacker.

Atau Bondho nekat (bonek) yang terukur dan terencana. he.. he…

6. Mengondisikan keamanan dan keselamatan.


keamanan saat travelling

Memastikan diri selama perjalanan dan hingga kembali pulang dalam kondisi selamat dan aman.

Dalam hal ini kita harus bisa memastikan rute yang akan dilalui aman atau tidak?

Dalam perjalanan, bersama teman-teman yang aman dan bisa mengamankan gak?

Maka sarannya, siapkan P3K/obat-obatan pribadi, siapkan alat atau apa saja untuk mempertahankan diri (self defense).

Memperbanyak berdo’a dalam perjalanan dan menjaga adab-adab dalam bepergian.

Tentang hal ini, saya teringat nasihat seorang pemandu para pendaki gunung bahwa:
Tujuan mendaki gunung bukanlah sampainya pendaki di atas puncak gunung, melainkan tujuan mendaki gunung adalah pendaki bisa kembali ke rumah dalam kondisi selamat. Kembali berkumpul dengan keluarga masing-masing. Itu!.

7. Fokus Pada Tujuan.

fokus tujuan

Dari awal harus sudah menentukan tujuan. Tujuannya kemana saja, di satu tempat atau dua tempat, harus sudah ditentukan. Hal ini berkaitan dengan banyak hal, seperti biaya, waktu, perbekalan, dan lain-lain.

Saya tidak menyarankan ada tujuan lain di tengah-tengah perjalanan, di luar perencanaan. Apalagi tujuannya jauh dari rute perjalanan. Kalau sekedar mampir sih tidak masalah. Sehingga, kalau tujuannya hanya satu tempat atau satu lokasi saja, dan sudah dilalui, sebaiknya segera kembali pulang. Jangan mampir-mampir!.

8. Evaluasi dan Tulis.


Mengapa perlu dievaluasi? Iya, karena menurut saya setiap perjalanan selalu menyisakan cerita.

Entah itu cerita suka maupun cerita duka. Cerita yang menyenangkan atau cerita yang menegangkan.

Disinilah asyiknya menjadi seorang traveller, harus pandai-pandai mengambil hikmahnya.

Merenunginya dan mengambil pelajaran dari kejadian-kejadian selama perjalanan. Alangkah baiknya jika hal-hal yang terjadi dalam perjalanan bisa ditulis, maka tidak hanya kita yang mendapat pelajaran tapi orang lain juga mendapatkan hikmahnya. Pembaca tahu kisahnya dan mengambil hikmahnya.

Mengakhiri tulisan ini, ada sebuah kata mutiara bagi seorang Traveller dari seorang Traveller dunia Ibnu Batutah,
Petualangan, mengubah seorang pendiam menjadi pencerita ulung

Selamat ber-travelling !

6 comments for "8 Tips Bagaimana Saya Melakukan Traveling, Bisa Langsung Dicoba"

  1. Point terakhir setuju kak,.. setelah melakukan perjalanan sebaiknya dievaluasi untuk menjadi dokumentasi perjalanan, inspirasi dan informasi baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain. Keren banget..

    ReplyDelete
  2. kalau saya dulu ikut jadi guide-nya. kebetulan karena sering ikut backpacker, terus diajak bikin bisnis tour travel jadi guide hehe. eh kesampaian deh traveling kesana kemari tapi gratis setiap bulan. jadi kangen banget traveling lagiii.

    ReplyDelete
  3. Wahhh bener banget nih kak, aku tuh biasanya melakukan seperti point diatas , kalau evaluasi dan tulis baru setahun ini, karena ada yang bilang coba dehh tulis pengalamanmu biar orang tau.

    ReplyDelete
  4. Memang kalo setiap traveling gak bisa lepas dari besaran budget yang disesuaikan dengan tujuan kita traveling ya mas.
    Kalo saya biasanya dari jauh-jauh hari sudah ditetapkan dan dipersiapkan. Biar gak minus dan gelap mata saat liburan.

    ReplyDelete
  5. Yang paling enak itu traveling memang menggunakan kendaraan sendiri ya Kak. Jadi mau bawa seberapa banyak perbekalan baju dan lain-lain semuanya ada di bagasi mobil kita sendiri. Jadi kita nggak perlu repot-repot lagi bawa sana sini.

    ReplyDelete
  6. Aku sih kalau travelling di Indonesia jarang pakai guidr tapi kalau di luar negeri biasanya sih paket tour gitu tapi yang nggak pakai guide jadi cuma kasih tahu aja Dari satu spot ke spot lain ada jam-jamnya gitu dan harus ngumpul di tempat yang sudah ditentukan sebelum masa waktunya habis

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang positif. Mohon tidak meletakkan link hidup. Salam blogger!