Bagaimana Sensasi Camping dan River Tubing di Poncokusumo Malang?




Bagi anda yang pengen ngisi liburan akhir pekan dan hobi olahraga di alam terbuka, kegiatan ini mungkin bisa masuk dalam daftar weekend anda. Ya, camping dan river tubing. Salah satu tempat yang saya rekomendasikan untuk camping dan river tebing adalah camping di Ledok Ombo Poncokusumo dan river tubing di aliran sungai Wringinanom Poncokusumo. Sungai yang merupakan terusan dari air terjun Coban Pelangi.


Untuk weekend kali ini saya bersama teman-teman Backpacker Tuban menjajal camping dan river tubing di daerah Malang. Kenapa memilih Malang? Salah satu alasannya karena Malang masih sejuk. Udara yang segar dan sejuk membuat Malang menjadi salah satu kota destinasi wisata alam di daerah Jawa Timur

Melihat lokasi yang berada di kaki Gunung Semeru, sekitar jalur  Poncokusumo, sangat banyak lokasi wisata yang menawarkan camping ground dan river tubing. Jasa pemandu wisata dan penyedia olahraga ekstrem ini pun tidak cuma satu.  Salah satu yang membersamai kami adalah Banyumaro Adventure.


Camping di Ledok Ombo. Untuk sampai ke lokasi Ledok Ombo Camping ground cukuplah mudah. Jika anda sudah tiba di Malang Kota, langsung ambil jalur menuju Tumpang. Kemudian menuju jalur Poncokusumo. Ketika sampai di  perempatan Jl. Raya Belung dan  Jl. Raya Coban Pelangi, ambil jalur jalan raya Belung. Kemudian belok kiri menuju jalan raya Wonorejo. Lihat papan penunjuk arah, anda akan sampai ke lokasi. He he..


Bagi anda yang membawa kendaraan roda empat, jangan khawatir, anda dapat mengendarainya hingga ke lokasi camping. Ledok Ombo Camping ground memiliki area parkir yang cukup luas. Fasilitas juga sudah lumayan bagus. Ada kamar mandi, toilet, musholla, dan warung-warung. Di sekitar lokasi juga ada cafĂ©, rumah pohon yang disewakan, juga area outbound. Di bawah area camping juga mengalir air sungai yang jernih dan sejuk. Dan anda dapat mendirikan tenda di antara pohon-pohon  pinus. Asyik bukan? So, Ledok ombo sepertinya juga recommended untuk camping ceria bersama keluarga dan anak-anak. 

rumah pohon

cafe pinus

Setelah semalam camping, paginya dilanjutkan dengan river tubing. Untuk river tubing ini kami dipandu oleh Banyumaro Adventure. Lokasinya tidak jauh dari lokasi Ledok ombo. Perjalanan sekitar 15 menit dari Ledok ombo. Tiba di basecame ini anda dapat memarkir kendaraan, beristirahat di bale-bale, atau bergantu baju. Di basecame juga sudah tersedia toilet, musholla, dan ruang menyimpan barang-barang. 


Setelah persiapan, breafing dan berdoa, kami di-loading menuju lokasi start point. Keseruan river tubing pun dimulai. Dengan dipandu empat guide/rescue team (kalo tidak lupa namanya Mas Solik, Riza, Dyan, dan Yudi) kami bertujuh menyusuri sungai. Dengan boat dari ban karet yang besar, kami meluncur satu persatu. Meliuk-liuk mengikuti arus sungai yang deras. Kadang menabrak bebatuan, menerjang arus yang curam, bahkan saking deras dan curamnya, beberapa di antara kami ada yang terbalik dan terbawa arus. Tentu anda tidak perlu khawatir, karena tim penyelamat sudah siap siaga.


Sekitar 1,5 jam pengarungan dan bermain-main dengan air, kami berhenti di sebuah pos. Di pos ini kami dimanjakan dengan suguhan teh hangat dan gorengan. Ada pisang goreng, tempe, bakwan, dan ubi goreng. Dalam keadaan masih basah dan kedinginan, kami melahap menu yang disediakan. Tuntas!
 
Kurang lebih tiga jam, pengarungan river tubing pun usai. Kami finish di 200 meter dari basecame. Setelah bersih-bersih dan ganti baju, pertemuan ditutup dengan jamuan makan siang ala masakan tradisional desa. Perjalanan selesai. Kami berkemas dan meluncur pulang.


Ohya, kalau anda ingin river tubing bersama Banyumaro Adventure, anda bisa contact Mas Galuh. Nomer Hp-nya 0812 3509 0613 (kalo belum ganti). Banyumaro Adventure banyak menyediakan fasilitas dan paket wisata alam. Misalnya untuk paket river tubing 3.5 KM, dengan fasilitas welcome drink, perlengkapan River tubing (Ban, Pelampung, Helm), briefing Pengarungan, rescue team (5-8 orang), snack dan minuman hangat pada rest area di tengah-tengah pengarungan, shutle start,loading ke area start point, makan siang khas menu desa tradisional, souvenir sticker, dan bonus documentasi foto, kami diberi harga 125.000/pax. Nggak tau kalo sekarang naik, he he… atau dapat bonus yang lain lagi. Kalau kami sih, pengennya dapat bonus pengarungan yang lebih panjang lagi he he… 


Oke gaes, kalau anda punya pengalaman river tubing yang tidak kalah serunya. Silakan berbagi di komentar. Semoga bermanfaat!

0 Comments