Tips Singkat Mengelola WhatsApp Group Secara Efektif



Berurusan dengan media sosial memang tiada habisnya. Karena saking banyaknya aplikasi social media, kadang kita bingung bagaimana mengelolanya.
Nah, kali ini, saya akan akan berbagi tips tentang media sosial, khususnya Whatsapp
Berdasarkan pengalaman pribadi, banyaknya grup WA memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positifnya adalah saya memiliki banyak teman di dunia maya, bertambah informasi dan pengetahuan, sarana menyambung silaturrahim, dan memudahkan orang dalam berkomunikasi.
Dampak negatifnya, Gadget menjadi lemot dan sering trouble karena ruang penyimpanan over load, kuota internet membengkak, berkurangnya silaturrahim secara offline, sering mendapatkan informasi hoax dan pesan kurang bermanfaat, sering terjadi salah paham atau gagal paham, dan yang paling berat adalah banyak waktu yang tersita karena membaca atau menyimak grup-grup WhatsApp.
Jika grup WA yang dimiliki jumlahnya banyak, maka akan semakin banyak pula waktu yang dibutuhkan untuk membacanya.
Jika anda memiliki sepuluh grup WhatsApp dan semunya aktif. Berarti anda akan membuka dan membaca pesan yang masuk dalam grup satu persatu. Jika masing-masing grup memiliki anggota lebih dari sepuluh dan semua aktif men-share pesan, maka berapa ratus pesan yang masuk dalam WA anda. Dan butuh berapa jam anda membacanya dalam sehari?
Bisa-bisa anda tidak punya waktu jika anda menuruti untuk membaca semuanya.
Bisa jadi hidup anda akan tersandera oleh aplikasi media sosial bernama WhatsApp. Anda akan lupa pada anak dan istri anda. He, lebay!
Lalu, Bagaimana ber-WhatsApp Group secara efektif?
Setiap orang memiliki cara masing-masing dalam ber-WhatsApp ria, khususnya dalam mengatur dan mengelola grup WA. Ada beberapa tips, bagaimana me-manage  WhatsApp Group (WAG), tentu ini berdasarkan pengalaman pribadi penulis. Berikut tips-tipsnya.
1.     Setting manual WA di gadget anda agar tidak semua pesan  gambar atau video terdownload. Ini untuk mengurangi gadget anda trouble dan kuota tidak cepat habis.
2.  Keluar dari grup-grup yang tidak aktif dan kurang bermanfaat. Alangkah baiknya ketika keluar grup, anda berpamitan dan menyampaikan alasan yang tepat. Bila perlu men-japri ketua atau pembuat grup.
3.    Sering-sering melakukan pembersihan pesan secara berkala. Untuk pesan atau informasi yang penting, saya sarankan diberi tanda bintang supaya tidak ikut terhapus.
4.  Membuat prioritas grup untuk dibaca atau disimak. Dengan menandai dan menempatkan grup-grup yang penting di urutan atas.
5.   Matikan data internet atau keluar dari aplikasi WhatsApp. Jika anda tidak ingin terganggu untuk sementara waktu, anda bisa mematikan internet atau keluar dari WA. Ini cara terakhir jika anda sudah merasa tidak bisa berWhatsApp ria. Selamat mencoba!

0 Comments