Widget HTML Atas

Tips Menulis Naskah Copywriting dan Contohnya


contoh naskah copywriting

Tips Menulis Naskah Copywriting dan Contohnya.
Suatu hari saya membaca sebuah iklan lowongan kerja. Dalam iklan tersebut dibutuhkan seorang digital marketer yang mempunyai skill copywriting. Tentang digital marketing, saya sedikit faham maksudnya tapi yang skill copywriting, saya belum faham sama sekali. Dalam hati, copywriting itu makanan apa? Hiks!.

Karena penasaran, saya langsung googling, dan akhirnya saya menemukan beberapa artikel yang kemudian saya olah menjadi tulisan berikut. Bagaimana penjelasannya? Baca resume ini sampai selesai.

Pengertian Copywriting dalam Dunia Digital Marketing

Copywriting merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh seseorang yang bekerja dalam bidang pemasaran. Baik pemasaran produk maupun jasa. Baik secara offline maupun online.

Copywriting adalah seni menulis teks yang menarik untuk tujuan persuasi atau pemasaran. Tujuan dari copywriting adalah untuk membuat orang tertarik pada produk, jasa, atau ide tertentu. Copywriting biasanya digunakan dalam iklan, landing page, email, video, dan banyak bentuk komunikasi lainnya yang bertujuan untuk membuat orang tergerak membeli atau bertindak.

Copywriting bukanlah menulis yang sama dengan jenis menulis lainnya. Ini memerlukan keterampilan khusus untuk memahami konsumen, menciptakan pesan yang memotivasi, dan menggunakan bahasa yang efektif untuk mempengaruhi perilaku pembelian.

Copywriter harus memahami produk atau layanan yang mereka promosikan dan memahami target konsumen mereka. Copywriter harus mengetahui motivasi konsumen dan apa yang membuat mereka tertarik pada produk tersebut. Ini memerlukan penelitian pasar dan pemahaman yang baik tentang psikologi pembelian.

Naskah yang baik harus menyampaikan pesan dengan jelas dan menarik perhatian konsumen. Ini harus memotivasi konsumen untuk bertindak, seperti membeli produk atau mengikuti tawaran. Naskah harus membuat konsumen merasa bahwa mereka memerlukan produk atau layanan, dan bahwa produk tersebut adalah jawaban atas kebutuhan mereka.

struktur copywriting  

Kerangka atau Struktur Menulis Copywriting

Ada beberapa kerangka atau struktur dalam menulis Copywriting. Misalnya AIDA (attention, interest, desire, dan action), PAS (problem, agite, solution), BAB (before, after, bridge) dan lain sebagainya. Dari beberapa formula di atas, pada dasarnya Copywriting memiliki struktur yang jelas dan memotivasi konsumen untuk bertindak.

Kerangka umumnya copywriting adalah sebagai berikut:
  1. Judul, judul atau headline harus menarik perhatian konsumen dan membuat mereka ingin membaca lebih lanjut. Headline harus menyampaikan pesan utama dan memotivasi konsumen untuk bertindak.
  2. Pendahuluan, pendahuluan harus membuat konsumen tertarik dan memperkenalkan produk atau layanan. Ini harus membangun minat konsumen dan membuat mereka merasa bahwa produk tersebut memecahkan masalah mereka.
  3. Body copy: bagian ini harus memperkuat pesan yang diterima dalam headline dan pendahuluan. Body copy harus mempresentasikan produk atau layanan dalam detail dan memperlihatkan manfaat dan keunggulan.
  4. Call to action: call to action harus memotivasi konsumen untuk bertindak, seperti membeli produk atau mengikuti tawaran. Ini harus jelas dan mudah dipahami.
  5. Penutup: penutup harus mengkonfirmasi bahwa produk atau layanan adalah jawaban atas masalah konsumen dan membuat mereka merasa yakin untuk bertindak.

Contoh Naskah Copywriting

Dari struktur penulisan naskah copywriting di atas, kita dapat menulisnya sesuai kebutuhan, sesuai produk yang ada, dan sesuai media yang akan digunakan. Untuk naskah copywriting di sosial media, seperti Instagram, sebaiknya tidak lebih dari 250 kata.

Berikut saya berikan contoh naskah Copywriting tentang Produk Jasa Pendidikan.

Headline: 
Cari Sekolah Terbaik untuk Masa Depan Anak Anda?

Pendahuluan: 
Memastikan masa depan anak Anda cerah adalah hal yang paling penting bagi setiap orang tua. Apakah Anda sedang mencari sekolah yang akan memberikan pendidikan yang berkualitas dan menyiapkan anak Anda untuk masa depan yang cerah?

Body copy: 
Sekolah Kami adalah sekolah terbaik di kota ini. Kami memiliki fasilitas yang luar biasa, tenaga pengajar yang berpengalaman, dan program pendidikan yang inovatif. Kami memastikan bahwa setiap siswa menerima pendidikan yang terbaik dan dibekali dengan keterampilan yang mereka butuhkan untuk sukses di masa depan.

Dengan program unggulan seperti STEM, kami memastikan bahwa anak Anda akan belajar ilmu pengetahuan, teknologi, teknik, dan matematika dengan cara yang menyenangkan dan menantang. Kami juga memiliki fasilitas olahraga dan seni yang luar biasa untuk membantu anak Anda berkembang secara menyeluruh.

Call to action: 
Jangan ragu untuk bergabung dengan Sekolah Kami dan memastikan masa depan anak Anda cerah. Hubungi kami hari ini dan jadilah bagian dari keluarga besar Sekolah Kami.

Penutup: 
Memastikan masa depan anak Anda cerah adalah pilihan terbaik yang bisa Anda buat. Dengan Sekolah Kami, Anda bisa yakin bahwa anak Anda akan menerima pendidikan yang berkualitas dan siap untuk mengejar impiannya. Bergabunglah dengan kami sekarang.

Dari contoh naskah di atas, anda dapat mengembangkannya sesuai dengan keunggulan produk dan media sosial yang anda miliki.

Copywriting Menurut Pakar Digital Marketing

Dalam dunia digital marketing, ada beberapa pakar copywriting yang terkenal, antara lain David Ogilvy, Gary Halbert, Joseph Sugarman, Dan Kennedy, Robert Collier, Eugene Schwartz, John Caples, Claude Hopkins, Joanna Wiebe, Neil Patel, dan masih ada pakar copywriting lainnya yang memiliki pengaruh besar dalam bidang ini. Termasuk jika di Indonesia ada Dewa Eka Prayoga.

Dari beberapa pakar di atas, yang tidak asing bagi saya adalah nama Neil Patel. Neil Patel memiliki tools keyword research bernama ubbersuggest. Merupakan tool riset keyword terbaik diantara tool yang ada.

Neil Patel adalah seorang entrepreneur dan pakar pemasaran digital terkemuka. Ia adalah co-founder dari Crazy Egg, Hello Bar, dan Quick Sprout. Patel juga menjadi salah satu dari top influencer di bidang pemasaran digital dan sering muncul sebagai tamu di berbagai media massa, termasuk The New York Times, Forbes, dan Entrepreneur.

Patel memulai kariernya sebagai pemasar web dan sejak itu telah membantu berbagai perusahaan untuk meningkatkan traffic dan meningkatkan pendapatan melalui strategi pemasaran online yang efektif. Ia juga merupakan penulis blog populer dan kolumnis di beberapa majalah online terkemuka.

Selain itu, Patel juga memiliki beberapa program pelatihan dan produk digital yang membantu bisnis dan individu untuk meningkatkan keterampilan pemasaran digital mereka. Ia diakui sebagai salah satu dari 10 pemasar terbaik di dunia oleh Forbes.

Dalam penulisan naskah Copywriting, Neil Patel memberikan beberapa tips. Yaitu:
  1. Fokus pada headline: Headline adalah bagian terpenting dari copywriting karena ini adalah bagian pertama yang dilihat pembaca. Buat headline yang menarik dan menjelaskan apa yang akan didapat pembaca dari bacaan mereka.
  2. Pertimbangkan audience: Kenali target audience Anda dan tulislah copywriting yang sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka.
  3. Gunakan storytelling: Ceritakan kisah atau pengalaman yang relevan dan memotivasi pembaca untuk melakukan tindakan.
  4. Buat call to action yang kuat: Berikan arahan yang jelas kepada pembaca untuk melakukan tindakan, seperti mengklik link atau membeli produk.
  5. Konsisten dengan brand Anda: Pastikan bahwa copywriting Anda sesuai dengan tone, gaya, dan budaya perusahaan Anda.
  6. Edit dan revisi: Jangan ragu untuk mengedit dan merevisi copywriting Anda untuk memastikan bahwa ini sesuai dengan tujuan Anda dan mudah dipahami oleh pembaca.

Ini hanya beberapa dari banyak tips copywriting yang diberikan oleh Neil Patel. Penting untuk diingat bahwa copywriting adalah seni dan melibatkan banyak percobaan dan kesalahan untuk menemukan formula yang tepat untuk bisnis Anda.

Demikian pengertian Copywriting, teknis menulis naskah copywriting dan contohnya, serta copywriting menurut pakar digital marketer. Tulisan ini menurut saya masih sangat dangkal, jadi anda perlu mengelaborasi lebih dalam lagi. Terus belajar dan semoga sukses!

Referensi :

Dari berbagai sumber, Blog pribadi Neil Patel: https://neilpatel.com/, dan Wikipedia: https://en.wikipedia.org/wiki/Neil_Patel

No comments for "Tips Menulis Naskah Copywriting dan Contohnya"