Widget HTML Atas

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Dengan SEO Off Page

meningkatkan pengunjung blog dengan seo off page

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan SEO Off Page. Sebagian blogger berpendapat bahwa cara meningkatkan pengunjung blog yaitu dengan konsisten membuat konten yang berkualitas, setelah itu ditambah dengan memaksimalkan SEO On Page dan SEO Off Page.

Saya sepakat dengan pendapat tersebut. Bahwa seorang blogger tidak hanya fokus di SEO, tapi harus terus menerus menyajikan konten yang berkualitas dan dibutuhkan pembaca. 

Karena konten yang berkualitas tidak hanya berhenti di satu pembaca tetapi juga akan direkomendasikan kepada pembaca lainnya.

Pengertian SEO Off Page

Search Engine Optimization atau SEO adalah usaha untuk mengoptimalkan sebuah konten atau website agar mudah ditemukan oleh mesin pencari berdasarkan peringkatnya.

Usaha mengoptimalkan komponen-komponen dari dalam blog atau website agar mudah ditemukan mesin pencari  disebut dengan SEO On Page

Sedangkan usaha mengoptimalkan mesin pencari dari luar website atau blog disebut dengan SEO Off Page.

Inti dari SEO Off Page adalah cara yang dilakukan oleh pemilik web atau blog agar konten dalam blognya dikenal, dikunjungi, dijadikan referensi, dan juga direkomendasikan oleh pembaca ke pembaca lainnya.

Website atau blog anda akan populer dan mendapatkan peningkatan traffic pengunjung. Optimalisasi dari luar website inilah yang disebut dengan SEO Off Page.

Secara teori, dengan menerapkan SEO on Page dan Off Page akan meningkatkan pengunjung yang banyak. Traffic pengunjung blog stabil atau cenderung meningkat. 

Hasilnya beberapa tulisan di blog ini, yang populer rata-rata berada di halaman pertama google.

cara meningkatkan pengunjung blog

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Menerapkan SEO Off Page

Agar konten blog atau website anda mudah ditemukan oleh mesin pencari maka ada beberapa langkah yang harus diterapkan yaitu:

1. Link Building atau membangun link

Cara yang baik membangun link adalah dengan membuat konten yang berkualitas, memiliki nilai lebih dari konten yang lain. Kemudian mengenalkan konten tersebut kepada yang orang yang membutuhkan (melakukan content marketing).

Ketika website lain semakin banyak menautkan link anda (backlink) berarti semakin baik kualitas linknya, maka semakin tinggi pula peringkat website anda tersebut di mesin pencari.

Beberapa cara mendapatkan backlink antara lain dengan menjadi penulis tamu, menulis di media online terpercaya, review, guest writer, dll.

2. Content Marketing

Memasarkan konten blog atau web merupakan bagian dari SEO Off Page. Beberapa cara yang bisa dilakukan dalam content marketing adalah membangun konten yang berkualitas, mempromosikan blog dalam event, forum, bekerjasama dengan blogger dan influencer, dan memanfaatkan media sosial.

Konten yang berkualitas harus dipromosikan salah satu langkahnya adalah dengan memanfaatkan media sosial. Itulah mengapa seorang blogger juga harus memiliki media sosial.

3. Membangun Branding

Menurut semrush.com, aktivitas membangun merek harus menjadi bagian penting dari SEO dan strategi pemasaran yang lebih luas dan bagian dari pendekatan terhadap SEO Off Page.

Pencarian Merek. Mungkin salah satu indikator terpenting dalam membangun merek adalah peningkatan pencarian merek (brand searches). Ini bisa berupa pencarian nama merek, produk, atau nama domain Anda.

Untuk melihat bagaimana pencarian merek Anda berubah dari waktu ke waktu, buka alat pengecekan kata kunci dan masukkan nama merek Anda. Anda akan melihat kotak 'tren' yang menunjukkan bagaimana volume pencarian telah berubah selama sebulan terakhir.

Ciri Konten Berkualitas

Tiga hal di atas merupakan inti dari usaha mengoptimalkan SEO Off Page. Dari SEO On Page maupun SEO Off Page pondasinya ada di konten yang berkualitas.

Ya, konten berkualitas merupakan dasar yang harus dimiliki oleh seorang webmaster (pengelola blog atau web).

Disadari atau tidak pembaca adalah seorang manusia. Kepuasan pembaca atau pelanggan yang akan menyebabkan datang kembali. Mereka yang puas akan berkunjung Kembali bahkan merekomendasikan kepada yang lain.

Sebenarnya seperti apa konten berkualitas itu? Menurut panduanim.com, konten berkualitas adalah :
  • Konten yang isinya jauh lebih baik daripada konten lain yang sejenis
  • Topiknya diminati oleh kalangan tertentu yang antusias
  • Menyelesaikan tuntas masalah yang dihadapi banyak orang
  • Disajikan dengan menarik sehingga mudah dibaca
Baiklah, demikian pembahasan saya tentang cara meningkatkan pengunjung blog dengan menerapkan  SEO Off Page. Semoga pembahasan ini bermanfaat, khususnya untuk para blogger pemula.

Referensi : semrush.com dan panduanim.com

5 comments for "Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Dengan SEO Off Page"

  1. Meski saya belajar SEO sejak pertama kali ngeblog, tetap soal SEO ini masih pembelajaran bagi saya. termasuk SEO off page nih. berkali-kali perlu dipraktekan di reminder nih, sperti artikel yang kakak tulis ini. izin save ya

    ReplyDelete
  2. Blog yang isinya berkualitas pastinya memancing pengunjung datang, jadi merupakan bagian dari SEO off page ya kak. Wah ... Ini membuat termotivasi bikin artikel yang lebih bagus. Bukan seadanya. Hehe ..

    ReplyDelete
  3. Aku salah satu pemuja SEO off page. Hehehe. Soalnya kalau melulu SEO on page, kayaknya banyak kurangnya blog aku. Makanya aku terbantu banget. Beberapa artikelku sukses nangkring di page one karena kontennya berkualitas, unik, dan banyak dicari.

    ReplyDelete
  4. Baru mulai ngeblog lagi, dan belajar optimalin SEO, rasanya sebagai newbie itu udah merasa berat duluan, wkwkwk sebelum melakukan pengembangan blog. Terima kasih amunisinya, mas.

    ReplyDelete
  5. Aku juga kalo pas ngga males on page off page jalan wkwkwk tapi kalo malesnya kumat yaudaaaah akhirnya ya nulis doang wkwkw

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang positif. Mohon tidak meletakkan link hidup. Salam blogger!