Widget HTML Atas

7 Langkah Membuat Blog Gratis di Blogspot dalam Waktu 7 Menit

membuat blog gratis


7 Langkah Membuat Blog Gratis di Blogspot dalam Waktu 7 Menit. Kali ini saya ingin berbagi tentang cara membuat blog. Sebenarnya saya tidak ingin menulis tentang topik ini karena di luar sana yang menulis topik ini sangat banyak.

Namun karena ada teman yang ingin bisa membuat blog dan meminta saya untuk mengulas topik ini, jadilah saya menulis tentang topik ini. 

Semoga saya dapat membantunya.

Langkah yang disiapkan sebelum membuat blog

Sebelum masuk ke teknis membuat blog, ada baiknya anda meluangkan waktu tiga menit untuk membaca tulisan berikut. Yaitu hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum anda memutuskan menulis di blog.

1. Menyukai dunia menulis

Menurut saya Inti dari nge-blog adalah menulis. Menulis di media online. Media online ini termasuk blog. 

Jadi, jika ingin nge-blog anda harus menyukai dunia menulis. Anda harus memiliki komitmen untuk menulis secara konsisten.  Adapun menghasilkan tulisan yang berkualitas bisa pelan-pelan diperbaiki sambil jalan.

2. Siap belajar tentang hal baru dunia blogging

Dunia blogging identik dengan dunia digital. Teknologi digital selalu mengalami perubahan. Selalu ada yang baru untuk diikuti dan dipelajari. Sehingga anda harus siap mengikuti dan menyesuaikan hal-hal baru tersebut. Termasuk dalam dunia blogging.

3. Memilih platform yang cocok

Platform menulis online dalam bentuk blog dan gratis, ada dua yang sangat populer yaitu wordpress dan blogspot. Bagi saya yang paling simpel dan mudah adalah platform dari google ini yaitu blogspot. Tapi kalau anda memiliki effort lebih dalam dunia blogging anda bisa memilih wordpress. Dua-duanya sama-sama memiliki kelebihan.

4. Menentukan niche blog

Sebelum membuat blog sebaiknya anda sudah punya tujuan dan rencana akan menulis tentang apa. Niche blog atau sederhananya adalah topik yang akan dibahas dalam blog. Apakah anda akan membahas tentang kesehatan, pendidikan, keuangan, teknologi, resep masakan, atau lainnya.

Sebaiknya dalam satu blog hanya membahas satu topik. Pengunjung dan algoritma mesin pencari menyukai blog yang secara khusus membahas tentang satu topik tertentu.

5. Menyiapkan akun untuk mendaftar blog

Yang terakhir, adalah menyiapkan akun di google. Sebelum membuat blog anda harus memiliki akun di google untuk mendaftar. Selain itu, sebaiknya anda juga menyiapkan nama blog, alamat blog/URL, dan menu-menu yang akan ditampilkan dalam blog. 

Kalau sudah siap, langkah membuat blog bisa dimulai. Tidak membutuhkan waktu yang lama, cukup tujuh menit.

Langkah dan proses membuat blog gratis dengan platform blogspot

Kali ini saya akan membantu anda membuat blog gratis dengan platform blogspot. Di lain kesempatan, semoga saya bisa membahas bagaimana cara membuat blog di wordpress.

Blog dengan platform blogspot ini gratis, anda tidak perlu membeli domain dan hosting, semuanya sudah disediakan gratis oleh google.

Langsung saja, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Membuat akun email di google

Jika belum memiliki akun di google, silakan membuat terlebih dahulu. Jika sudah, langsung menuju ke google browser. Lalu ketikkan www.blogger.com.

2. Membuka website blogger

Setelah membuka website blogger, anda akan melihat tampilan blogger. Dengan beberapa tombol navigasi. Sign in untuk anda yang sudah memiliki blog dan tombol create your blog untuk anda yang akan membuat blog baru.
 
membuat blog di blogspot

3. Mendaftar dan membuat blog

Berikutnya langsung klik tombol navigasi CREATE YOUR BLOG. Kemudian anda akan diarahkan untuk login ke akun google. Silakan isi akun gmail dan passwordnya, selanjutnya akan muncul tampilan yang harus anda isi untuk mendaftar blog.

4. Mengisi judul blog

Siapkan dan isikan judul blog anda. Kemudian klik tombol BERIKUTNYA. Buatlah judul blog yang singkat, gampang diucapkan dan diingat.

cara membuat blog

5. Membuat alamat blog

Langkah berikutnya isikan nama yang akan dijadikan alamat blog. Pada tahap ini silakan coba beberapa kali dengan nama yang berbeda jika alamat blog yang dituliskan belum diterima. 

Tanda alamat blog diterima jika ada ditulisan dibawahnya “alamat blog ini tersedia”. Alamat blog ditolak disebabkan alamat blog sudah dipakai oleh orang lain. Jika sudah cocok dengan nama alamat blog, klik NEXT atau BERIKUTNYA.
 
blog gratis



6. Mengisi nama blog

Langkah berikutnya adalah mengisikan nama yang akan ditampilkan dalam blog. Nama ini adalah nama pemilik atau pengelola blog. Kemudian klik SELESAI.
 
blog gratis di blogspot

7. Selesai, mulailah menulis.

Langkah membuat blog sudah selesai, selanjutnya anda sudah bisa memulai menulis dan memposting tulisan anda.
 
tampilan blog di blogspot


Selanjutnya silakan anda belajar mengenal dan mengatur fitur-fitur yang ada dalam blog. Silakan diutak-atik sendiri fasilitas yang disediakan oleh blogspot.

Mengenal dan mengatur fitur blog di platform blogspot

fitur dalam blogspot


Secara singkat dapat saya jelaskan sebagai berikut.
1. Postingan baru. Digunakan untuk memulai membuat postingan baru.
2. Postingan. Postingan berisi tentang daftar postingan yang sudah dibuat.
3. Statistik. Statistik untuk mengetahui jumlah pengunjung dan pembaca tulisan dalam blog.
4. Komentar. Daftar pembaca dan berkomentar dalam blog.
5. Penghasilan. Penghasilan adalah jumlah pembayaran dari iklan adsense google yang kita pasang.
6. Halaman. Daftar halaman yang dibuat di blog.
7. Tata letak. Pengaturan layout atau tata letak blog. Termasuk penambahan fitur widget yang disediakan oleh blogspot.
8. Tema. Tema merupakan template desain blog yang disediakan oleh blogspot. Anda dapat memilih sesuai selera dan keinginan.
9. Setelan. Setelan atau setting adalah pengaturan blog. Mulai dari pengaturan nama blog, deskripsi blog, dan lain-lain.
10. Daftar Bacaan. Daftar bacaan yang kita tautkan dalam blog.
11. Lihat blog. Navigasi untuk melihat tampilan blog.

Demikian tujuh langkah membuat blog Gratis di Blogspot dalam Waktu 7 Menit. Jika tidak ada kendala sinyal internet, pengisian alamat blog langsung diterima, proses membuat blog tidak sampai tujuh menit. Sangat cepat dan mudah. Semoga bermanfaat!

No comments for "7 Langkah Membuat Blog Gratis di Blogspot dalam Waktu 7 Menit"