Widget HTML Atas

Cara Menjaga Bumi Agar Tidak Rusak dan Hancur

selamatkan bumi


Sering kita mendengar dan melihat tentang slogan-slogan yang mengajak kepada kita dengan kata-kata seperti menjaga lingkungan, melestarikan lingkungan, menjaga bumi, selamatkan bumi, peduli lingkungan, berbudaya lingkungan, dan lain sebagainya. Semoga ini bukanlah sekedar kata-kata tapi betul-betul ajakan kepada kita untuk senantiasa beraksi menjaga bumi. Seperti artikelnya Kak Safira dalam ceritamamah.com bahwa kita bisa berperan menyelamatkan bumi dari rumah. Bumi dimana kita berpijak. Bumi tempat kita bertempat tinggal.

Lalu, kenapa sich, kita bersemangat untuk aksi menjaga bumi?


Sebuah fakta menarik yang ditulis oleh National Geographic Indonesia mengenai kondisi bumi saat ini, yang jika tidak dilakukan langkah-langkah preventif dari manusia, bumi kita semakin lama semakin hancur. Ilmuwan mengungkapkan sembilan fakta yang dialami Bumi, di mana menjadi tanda-tanda hancurnya bumi, antara lain:

Pertama, pemanasan global. 

Ini merupakan ancaman utama bagi Bumi. Perubahan iklim berimplikasi pada cuaca ekstrem, kekeringan di beberapa daerah, mengubah pola distribusi hewan dan penyakit di seluruh dunia, dan menyebabkan dataran rendah tenggelam di tengah naiknya permukaan laut.

Kedua, Asteroid. 

Ilmuwan meyakini bahwa jatuhnya batuan luar angkasa ke Bumi dapat menghancurkan planet ini dengan seketika.Dampak meteor jelas terlihat dengan punahnya dinosaurus dan peristiwa Tunguska --saat sebuah meteor besar merusak sekitar 2.000 kilometer persegi hutan Siberia pada tahun 1908.

Ketiga, ancaman pandemik. 

Setiap tahun selalu bermunculan patogen mematikan. Patogen tersebut diantaranya SARS (sindrom pernapasan akut), flu burung, dan terakhir yang baru saja terjadi di Arab Saudi yaitu coronavirus disebut MERS. Karena kita saling berhubungan secara global, maka sindrom mematikan ini jelas akan menyebar secepat api menyambar.

Keempat, jamur. 

Tidak semua jamur menguntungkan kita, ada juga jamur yang berbahaya. Misalnya Jamur Amfibi. Jamur amfibi merupakan bakteri yang berbahaya, bahkan beberapa waktu lalu ancaman jamur cukup menakutkan. Infeksi jamur chytrid menyebabkan ratusan spesies katak dan salamander di seluruh dunia mati. Dan, infeksi jamur ini tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada manusia.

Kelima, rekayasa penyakit. 

Penyakit yang datang secara alami bukanlah satu-satunya ketakutan bagi manusia saat ini. Tahun 2011, sekelompok peneliti marah karena peneliti merancang versi rekayasa dari virus flu burung H5N1, yang dapat menular lewat udara. Hal tersebut dapat menyebabkan penyakit mematikan, di mana jika virus tersebut secara tidak sengaja menyebar dan keluar dari laboratorium, maka akan menyebabkan pandemi global. Termasuk virus covid 19 yang dunia saat ini. Dikhawatirkan virus ini juga bagian dari rekayasa penyakit.

Keenam, perang nuklir. 

Korea Utara dan Iran merupakan dua negara yang tersohor dengan kekuatan nuklir mereka. Bila stok senjata nuklir dunia ini jatuh ke pihak yang salah, maka dapat mendatangkan kehancuran di seluruh dunia.

Ketujuh, robot. 

Para ahli mengkhawatirkan diciptakannya robot pembunuh seperti yang ada di film "The Terminator". Hingga PBB mengeluarkan larangan untuk memproduksi robot pembunuh. Menurut para pakar, pada suatu titik, singularitas otak robot bisa jadi melebihi intelejensi manusia.

Kedelapan, populasi berlebih. 

Thomas Malthus pernah mengungkapkan, pertumbuhan penduduk akan menyebabkan kelaparan massal dan melemahkan planet. Saat ini jumlah penduduk dunia mencapai tujuh miliar jiwa, dan ini menjadi ancaman utama bagi planet ini.

Kesembilan, efek bola salju. 

Ilmuwan berpikir efek bola salju terjadi misalnya dari pemanasan global dapat meningkatkan prevalensi patogen dan juga menyebabkan perubahan iklim secara luas. Kemudian juga dapat menyebabkan runtuhnya ekosistem yang membuat makhluk hidup lebih sulit menghasilkan makanan.

Kita sudah melihat fakta-fakta ‘menyeramkan’ mengenai keadaan bumi. Sekarang pertanyaannya, adakah solusinya? Sebenarnya kita tidak perlu perubahan yang radikal untuk menyelamatkan bumi kita ini. Cukup merubah beberapa kebiasaan yang dapat mengerem laju kerusakan alam di sekitar kita, bukan saja dapat menghemat uang kita, tetapi terlebih penting adalah kita dapat mewariskan tempat tinggal yang lebih baik kepada anak cucu kita.

Tak perlu muluk-muluk berkampanye sampai berbusa-busa, namun kita bisa memulainya dari diri sendiri, melakukan aktifitas yang ramah lingkungan dengan cara-cara berikut ini :
  • Melakukan pengolahan tanah sesuai kondisi dan kemampuan lahan, serta mengatur sistem irigasi atau drainase sehingga aliran air tidak tergenang.
  • Memberikan perlakuan khusus kepada limbah, seperti diolah terlebih dahulu sebelum dibuang, agar tidak mencemari lingkungan.
  • Melakukan reboisasi pada lahan-lahan yang kritis, tandus dan gundul, serta melakukan sistem tebang pilih atau tebang tanam agar kelestarian hutan, sumber air kawasan pesisir/pantai, dan fauna yang ada di dalamnya dapat terjaga.
  • Menciptakan dan menggunakan barang-barang hasil industri yang ramah lingkungan.
  • Melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap perilaku para pemegang Hak Pengusahaan Hutan (HPH) agar tidak mengeksploitasi hutan secara besar-besaran.
Upaya lain rutinitas pelestarian lingkungan hidup, antara lain: Menghemat penggunaan kertas dan pensil, membuang sampah pada tempatnya, memanfaatkan barang-barang hasil daur ulang, menghemat penggunaan listrik, air, dan BBM, serta menanam dan merawat pohon di sekitar lingkungan rumah tinggal.

Di samping itu usaha pelestarian lingkungan hidup ini harus dimulai dari setiap individu dengan menitikberatkan pada kesadaran akan pentingnya lingkungan bagi kehidupan manusia dan pelestarian alam. Jangan hanya memikirkan keuntungan semata tanpa memikirkan kerusakan-kerusakan yang ditimbulkannya.

15 comments for "Cara Menjaga Bumi Agar Tidak Rusak dan Hancur"

  1. itu serius asteroid sma robot? aku baru denger kak..wah intinya sih kita jangan merusak apa yang di bumi ya biar disayang sama di langit..kira2 gitu

    ReplyDelete
  2. denger-denger pas lock down di beberapa negara kmrin tingkat populasi menurun drastis juga ya. Memang terkadang ada hikmah di setiap musibah

    ReplyDelete
  3. Belakangan ini lagi berusaha banget buat make produk yang ramah lingkungan. Biar enggak merusak bumi. Semoga makin banyak produk sejenis yang ramah buat lingkungan

    ReplyDelete
  4. bener bumi itu harus tetap dijaga oleh kita, manusia. kadang ada beberapa manusia yang serakah jadinya bumi malah rusak. kasian. makasih sharingnya.

    ReplyDelete
  5. Benar sekali nih kak harus lingkungan ya agar bumi tidak hancur, sekarang sudah banyak dampak dari kurangnya pohon hijau.

    ReplyDelete
  6. Cara yang saya lakukan dengan mengurangi pemakaian kantong plastik yaitu kalo belanja ke pasar atau belanja bulanan pakai tas kain yang bisa dicuci. Kemudian tidak banyk beli produk dengan pembungkus plastik . Kalopun ada bekas pembungkus plastik saya setor deh ke bank smpah.

    ReplyDelete
  7. Siapakah yang harus menjaga bumi? Tentu saja kita semua dan ada beragam macam cara untuk menjaga bumi agar bumi tetap lestari. Sekarang mencoba membuat pupuk sendiri di rumah untuk tanaman di rumah

    ReplyDelete
  8. Memang menjaga bumi ini harus disosialisasikan, ingat betul awal kami menikah hasil kebun mertua ketika menanam cabe berton ton, nah sekarang akibat pupuk kimia hasilnya jauh sekali.

    ReplyDelete
  9. Menjaga bumi ini saya setuju sekali kak, kalau bukan kita lalu siapa lagi dan kapan lagi kalau nggak sekarang. Makanya saya lebih suka kalau belanja nggak pakai kantong kresek, nggak pakai sedotan plastik, sebisa mungkin apa yang bisa kita lakukan ya lakukan ya kak

    ReplyDelete
  10. Menjaga bumi banyak cara yg bisa kita lakukan, sebab ada anak cucu yg menjadi pewaris, kl bumi rusak akibat tak dijaga, dampaknya bakalan diterima anak cucu kita. Jadi, semangaaat

    ReplyDelete
  11. Kalo di rumah kami, cara menjaga bumi dimulai dari tindakan penghematan energi mas. Jadi si anak sejak dini sudah tau bagaimana harus menghemat listrik, air dan tenaga lainnya yang sulit untuk diperbaharui.

    ReplyDelete
  12. Bener banget. Sebenarnya terjadi pemanasan global, polusi, virus, semuanya juga karena ulah manusia.

    ReplyDelete
  13. Seren banget ya sama kerusakan di muka bumi. Semoga makin banyak orang yg sadar bahwa bumi harus dijaga

    ReplyDelete
  14. Perlu kesadaran agar supaya menjaga bumi dan mengurangi atau menghindari membuat kerusakan

    ReplyDelete
  15. Banyak cara yang bisa kita lakukna ya buat menjaga bumi. Terutama dengan banyak menanam pohon dan tidak membuang sampah sembarangan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang positif. Salam blogger!

Berlangganan via Email