Sediakan Tempah Sampah di Mobil Anda!



Sampah yang berserakan bukanlah sampah yang tiba-tiba ada tetapi akibat dari ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Karena setiap orang itu menghasilkan sampah. Ketika orang memasak di dapur ada sampah sisa dapur, di koperasi ada sampah bungkus makanan dan minuman, kerja di kantor atau di sekolah ada sampah kertas, dan lain-lain. Jika mereka tidak menyediakan tempat sampah dan tidak membuang sampah-sampah tersebut ke tempat sampah, maka sampah-sampah tersebut tentu akan berserakan di mana-mana. Akhirnya, jalanan, rumah, sekolah, tempat kerja menjadi kotor dan semua tempat jadi kotor. Lingkungan jadi tidak indah.

Pribadi yang ‘resikan’ adalah pribadi yang memiliki karakter cinta kebersihan. Dan pribadi-pribadi inilah yang harus menjadi contoh dimanapun dan kapanpun. Memberi contoh membuang sampah pada tempatnya dan tidak meninggalkan tempat dalam keadaan kotor. Dimanapun ia berada selalu tersedia tempat sampah sehingga ia tidak pernah membuang sampah sembarangan.

Berkaitan dengan keberadaan tempat sampah ini, sebaiknya tidak hanya tersedia di tempat-tempat umum tapi juga di tempat-tempat khusus. Salah satu tempat khusus tersebut adalah di mobil-mobil pribadi. Di mobil-mobil tersebut tersedia tempat sampah mini, sebagai tempat membuang sampah sementara. Karena tidak sedikit pemilik maupun penumpang mobil-mobil tersebut merupakan penghasil sampah. Sampah yang dihasilkan berupa bungkus permen, tisu bekas, kulit kacang, kulit buah  ataupun sisa makanan lainnya. Model dan jenis tempat sampah, tinggal pilih dan disesuaikan.

Sering kita melihat secara tiba-tiba, benda berkelebat keluar dari dalam mobil yang berjalan dan ternyata benda itu adalah tisu ataupun sisa makanan lain. Bahkan pernah  diberitakan di sebuah koran, seseorang kena ‘bogem mentah’ gara-gara sampah yang dibuang mengenai wajah pengendara sepeda motor. Ia ‘dihajar’ oleh pengendara motor karena sampah yang dibuang mengenai wajah pengendara motor tersebut. Ternyata, membuang sampah sembarangan dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

So, jika kita tidak ingin kena dampak dari membuang sampah sembarangan maka kita harus membuang sampah pada tempatnya. Jika disekitar kita tidak ada tempat sampah, atau di dalam mobil tidak tersedia tempat sampah maka sebaiknya sampah-sampah itu kita simpan terlebih dahulu di kantong plastik, saku celana, atau apa saja, sampai akhirnya kita menemukan tempat sampah dan membuang sampah sampah tersebut pada tempatnya.

0 Comments