Widget HTML Atas

6 Tips Memilih Lokasi Tanah Kavling Strategis Agar Tidak Menyesal

memilih lokasi tanah kavling


6 Tips Memilih Lokasi Tanah Kavling Strategis Agar Tidak Menyesal. -  Banyak orang yang setelah membeli tanah kavling menyesal. Hal itu terjadi lantaran tanah kavling yang dibeli ternyata banyak kekurangannya. Sebab yang paling banyak karena pertimbangan yang kurang dan tergoda dengan harga murah serta ikut-ikutan.

Agar tidak terjadi penyesalan lebih dalam, anda harus tahu bagaimana cara membeli tanah kavling. Cara yang paling utama adalah anda tepat dalam memilih lokasi tanah kavling.
 

Enam tips memilih lokasi tanah kavling strategis agar tidak menyesal


Keuntungan memilih lokasi tanah kavling yang strategis anda akan mendapatkan keamanan dan kenyamanan serta nilai jual tanah yang tinggi. 

So, anda patut mempertimbangkan hal-hal di bawah ini :

1. Lokasi Padat Penduduk

Tanah Kavling pada akhirnya nanti akan digunakan sebagai tempat tinggal. Sangat jarang yang digunakan sebagai lahan pertanian. Maka pertimbangannya adalah bagaimana menjadikan rumah tinggal nanti aman dan nyaman. Penghuni rumah menjadi kerasan. 

Untuk mendapatkan keamanan dan kenyamanan tersebut, salah satunya dengan memilih lokasi tanah kavling yang sudah padat penduduk. Memiliki tetangga dan lingkungan yang baik akan menjadikan penghuni rumah betah dan kerasan.

2. Akses Listrik dan Air Mudah

Pertimbangan yang kedua adalah lokasi kavling yang dipilih memiliki akses listrik. Biasanya, jika lokasi berada di dekat pemukiman, saluran listrik sudah masuk dan mudah diakses. Jika lokasi tanah kavling terpencil biasanya akses listrik sulit dan butuh waktu yang lama untuk mendapatkan aksesnya. 

Selain akses listrik, yang terpenting adalah kemudahan mendapatkan air. Pilihlah lokasi tanah kavling yang subur dan banyak air. Apakah air bisa didapat dengan membuat sumur atau harus membeli dari perusahaan air?

3. Memiliki Akses Jalan Lebar

Mengapa harus memiliki akses jalan yang lebar? Karena lokasi kavling yang memiliki akses jalan lebar akan memudahkan untuk melakukan mobilisasi. Memudahkan mengangkut barang yang besar. Selain itu lokasi kavling yang memiliki jalan yang lebar memiliki nilai jual yang tinggi. Ukuran ideal akses jalan kavling minimal enam meter.

tanah kavling strategis
image: merdeka[dot]com

 

4. Dekat Fasilitas Umum

Lokasi kavling yang strategis berikutnya adalah lokasi yang dekat dengan fasilitas umum. Seperti pasar, masjid atau tempat tempat ibadah, jalur jalan nasional atau jalur tol, sekolah, kantor pemerintahan, rumah sakit dan layanan umum lainnya. Tempat-tempat layanan umum yang dekat akan memudahkan kita dalam hidup. Dalam kondisi darurat bisa teratasi dengan mudah.

5. Jauh dari potensi kerawanan

Poin terpenting berikutnya dalam mempertimbangkan memilih lokasi kavling adalah jauh dari potensi kerawanan. Misalnya jika lokasi dekat area tempat pembuangan akhir sampah, maka rumah akan rawan kebakaran dan polusi udara. Jika berada di pinggiran sungai, akan berpotensi banjir atau meluap. Jika berada di dataran tinggi, akan  berpotensi longsor. Jika berada di dataran rendah, berpotensi banjir. 

Kejadian-kejadian di atas perlu diantisipasi sejak dini. Apakah lokasi yang kita pilih memiliki potensi rawan banjir, rawan kebakaran, rawan polusi, radiasi, dan lain-lain.

6. Bukan bekas makam atau dekat makam

Poin terakhir ini sebenarnya adalah bagaimana kita mengetahui sejarah dari lokasi tanah kavling. Apakah lokasi bekas sumur, bekas pembuangan sampah, atau bekas limbah. Sebaiknya menghindari lokasi-lokasi tersebut, termasuk yang terlalu dekat dengan makam atau bekas makam. Hal tersebut tidak saja memberikan aura negatif tetapi juga mengurangi nilai jual.

Demikian enam tips memilih lokasi tanah kavling yang strategis. Semoga lokasi tanah yang kita pilih menjadikan penghuninya lebih aman dan nyaman. Tidak menyesal di kemudian hari.

16 comments for "6 Tips Memilih Lokasi Tanah Kavling Strategis Agar Tidak Menyesal"

  1. Poin keenam bener banget kak. Latar belakang sebelum lokasi itu jadi kavling selalu dipertanyakan. Karena penghuni enggak nyaman kalau lokasi itu bekas apa-apa.

    ReplyDelete
  2. persyaratan terakhir wajib banget nih diusut, supaya lebih nyaman saat ada yang beli.

    ReplyDelete
  3. bener nih, jalan lebar, strategis, dekat sekolah, masjid dan pusat perbelanjaan, hehe. apalagi kalau tempatnya juga murah. beuh, rasanya pengen langsung beli dah hehe. makasih sharingnya.

    ReplyDelete
  4. Setuju kakak, seram juga ya kalau dekat makam.. Malam malam nanti ada pengunjung datang tidak diundang gimana? hihihihi...

    ReplyDelete
  5. kalo aku point 2,3 dan 6 karena hal itu sangat vital banget untuk bisa tinggal ketika point 2,3 sudah oke eh malah bekas tanah kuburan wah pasti seram itu

    ReplyDelete
  6. poin nomor enam nih yang kita harus agak sedikit effort untuk investigasi ke warga sekitar sebelum memutuskan membeli tanah kavling yaa

    ReplyDelete
  7. Benar ini poin utama jalan lebar... Soalnya kalau jalan kecil kalau semua kavling dibangun rumah, susah untuk jalan mobil, jadi ingat kondisi kavling teman aku.... Thanks sudah diingatkan

    ReplyDelete
  8. survey dan membandingkan jika ada yang menawarkan tanah kavling ini memang perlu banget ya. Jadi tahu, bisa diakses pakai mobil atau nggak, tahu potensi pengembangan wilayah di masa datang.

    ReplyDelete
  9. Akses jalan lebar juga penting ya mas. Soalnya kalo akses jalan kecil, nilai investasi dari sebuah tanah kapling menjadi kecil. Kita pun jadi kesulitan seandainya suatu saat bertumbuh menjadi daerah padat penduduk jadinya sering macet karena jalan yang sempit

    ReplyDelete
  10. Terima kasih kakak atas kunjungan dan komentarnya. Semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  11. Bukan bekas makam atau dekat makam nih yang penting haha. Soalnya bisa parno sendiri kebawa pikiran, salah2 tanah kavling yang dibeli bisa gagal ditempati dan nggak ada yang minat

    ReplyDelete
  12. Kalau pilih rumah/tanah yang lokasinya pas di depan simpang tiga gimana kak? Ngaruh ga ke harga jual?

    ReplyDelete
  13. Lebar jalan enam meter maksudnya agar kl ada dua mobil berselisih masih bisa lewat ya kan Mas... cb kl sempit duhh bingung kl papasan, harus mundur dulu atau parkir di tempat yang jauh, kan malah mengurangi nilai jual yaa

    ReplyDelete
  14. Point2nya bagus banget tapi aku lebih setuju menjaga dari kerawanan.. serta bagian points yg dekat kuburan atau bekas jg menakutkan ya, malah jd gak nyaman.

    ReplyDelete
  15. Sepakat dengan semua poinnya Kak, tapi buat saya dekat dengan fasilitas umum, serta akses air dan listrik mudah jadi yang utama yang harus diperhatikan, karena terbukti banyak yg terpikat dengan harga kemudian mengabaikan hal penting lainnya.

    ReplyDelete
  16. Tipsnya bermanfaat banget kak, apalagi kan kl beli tanah buat dibangun rumah ya mesti hati2 dan teliti banget sebelum membeli supaya gak menyesal nantinya, krn kan hunian jg buat ditempati selamanya

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang positif. Mohon tidak meletakkan link hidup. Salam blogger!