Widget HTML Atas

Tebing Nemplek Tuban, Panoramanya Bikin Jatuh Cinta

Sunrise di Tebing Nemplek Tuban
Tebing nemplek Tuban

Tebing Nemplek Tuban, Panoramanya Bikin Jatuh Cinta.- Lima tahun yang lalu tebing ini sudah ngehits. Saya sendiri sebenarnya sudah sering mendengar tentang tempat ini. Tapi belum kepikiran untuk datang dan melihatnya langsung.

Nah, sampai akhirnya, kemarin (12/06) saya tergerak untuk mencari dan riset di google. Dari foto-foto yang diupload di google, ternyata benar, pemandangannya sangat indah. Seperti bukan di Kabupaten Tuban. Betul-betul instagramable. Saya semakin penasaran.

Lokasi Tebing Nemplek Tuban

Demi mengobati rasa penasaran, saya dan dua orang teman memutuskan untuk berangkat dan bercamping di Tebing Nemplek. Tebing Nemplek sendiri lokasinya berada di Kecamatan Grabagan Kabupaten Tuban, tepatnya di Desa Gesikan. Sekitar 20 KM dari Kota Tuban atau sekitar 40 menit jika ditempuh dengan kendaraan roda dua. Berbekal GPS, akhirnya kami sampai di Tebing Nemplek.

Kami tiba di lokasi hampir menjelang magrib, sebelumnya kami mampir di tempat wisata Tapan Andong atau Bukit Ngandong. Setelah dari Bukit Ngandong baru menuju Tebing Nemplek. Jarak antara bukit Ngandong dan Tebing Nemplek tidak jauh, hanya sekitar lima menit. Untuk kendaraan bisa dititipkan ke rumah warga desa. Kemudian berjalan kaki menuju ke Tebing Nemplek.

Bukit Ngandong Tuban
Bukit Ngandong

Menikmati Panorama atas Tebing Nemplek

Karena cuaca mendung dan sedikit gerimis, kami tidak dapat menikmati sunset dari atas tebing, hanya hamparan awan. Tapi tak mengapa, kami tetap memutuskan untuk camping. Berharap menjelang malam cuaca berubah. Dan kami bisa menikmati panorama dari ketinggian tebing.

Ketinggian Tebing Nemplek sekitar 440 Mdpl, sehingga suhu pada malam hari antara 20-25 derajat celcius. Sangat sejuk. Jadi saya sarankan, jika camping di tebing ini sebaiknya membawa jaket. Karena tempat ini juga terbuka, angin di atas tebing cukup kencang.

Melewati waktu isya, Alhamdulillah cuaca perlahan cerah, sehingga kami dapat menikmati keindahan langit dan pemandangan utara Kecamatan Grabagan dan sekitarnya. Kabut tipis di hiasi kerlip lampu penerangan desa di bawah tebing menambah suasana malam semakin mempesona. Betul-betul indah, panoramanya bikin jatuh cinta. he he...

berburu sunrise di tebing nemplek tuban
Menunggu Sunrise

Berburu Sunrise dari Atas Tebing Nemplek

Setelah puas menikmati pemandangan kami bergegas masuk tenda karena udara di luar tenda cukup dingin. Berharap besok pagi cuaca cerah dan mentari bersinar terang, seterang wajahmu. Ya.. kamu ? he he…

Lokasi Tebing Nemplek ini memang belum dikelola sebagai camping ground ataupun wisata, jadi teman-teman jangan berharap ada penerangan atau pun toilet. Di Tebing Nemplek ini tidak ada fasilitas apapun. Seperti di alam bebas. Jadi perlengkapan standart camping dan keamanan harus disiapkan dengan baik.

Tebing Nemplek ini memiliki potensi wisata yang bagus, mudah dijangkau, infrastruktur jalan mendukung. Jadi, sayang kalau potensi ini tidak terkelola oleh pemerintah setempat. Setidaknya dijadikan camping ground dengan fasilitas minimal ada toilet/kamar mandi dan musholla. Semoga ada tanggapan dari pihak terkait.

Setelah salat Subuh, kami bersiap untuk menyambut sang mentari. Sambil ditemani segelas kopi ‘radix’ kami bersiap untuk menikmati setiap detik lukisan alam yang terus bergerak, bersama mentari yang mulai meninggi, menghangatkan tubuh kami. Pada setiap detik itu pula, kami tidak bosan menjepret sana-sini. Mengambil view terbaik. Hasilnya bisa teman-teman lihat di bawah ini. Semoga keindahan aslinya dapat terwakilkan dengan foto-foto tersebut.

tebing nemplek grabagan
Fajar di Tebing Nemplek
camping di tebing nemplek tuban
Sabar menunggu
mentari di tebing nemplek grabagan tuban
Mentari mulai muncul

Paraturan Umum Bagi Yang Camping di Tebing Nemplek

Peraturan ini umumnya harus dimiliki oleh setiap orang yang berada di alam bebas dan wilayah orang lain. Jadi, peraturan ini hanya sebagai pengingat, agar lingkungan kita tetap terjaga. Khususnya di area Tebing Nemplek.

1. Ramah terhadap warga sekitar, mohon ijin dan menitipkan kendaraan
2. Menjaga kesopanan dan tidak berbuat aneh-aneh yang menggangu lingkungan
3. Tidak merusak atau mengambil tanaman tanpa ijin di sekitar tebing
4. Menjaga kebersihan dan tidak meninggalkan sampah di area camping
5. Tetap menjaga keamanan diri ketika di atas tebing.

Selamat bertadabbur alam !

Baca juga : Sensasi Camping di Bukit Glodakan Tuban

10 comments for "Tebing Nemplek Tuban, Panoramanya Bikin Jatuh Cinta"

1. Sunset dari atas tebing memang pemandangan 'mahal' kalo saya mah. Di Bali kalo kita ke Uluwatu, itu tiket masuknya aja 100 ribu. Wkwkwk. Beruntungnya Tuban masih punya tempat wisata yang murah meriah indah begini.

ReplyDelete
  2. Aku paling suka bertadabur alam ya, seru memang kalo camping ke gunung atau tempat yang hawanya sejuk kayak tebing nemplek tuban ini. Semakin bersyukur ya kak kalo menyatu dengan alam. Alhamdulilah.....

3. MasyaAllah, indah sekali ya melihat sunrise dan sunset di ketinggian seperti itu, matahari jadi terlihat lebih jelas ya.. hampir sama ya ketika lihat matahari di tengah lautan, indah juga tuh :)

4. Tadabur alam di ketinggian semacam tebing nemplek memang menakjubkan. Aku sekali ikut kamping dengan perlengkapan yang kurang maksimal. Secara, aku seperti diculik. Jadi tanpa persiapan apa pun. Hehehe

ReplyDelete
  5. Masyaallah... indahnya. Ah, lama sekali ternyata saya ga pernah camping lagi. Huhuhu... jadi rindu

6. Seru banget bisa camping bareng temen2 di Tebing Nemplek ini ya Mas Masruhin. Bener nih aturan untuk senantiasa terjaga dan selamat selama berlibur harus dipatuhi dan dijalankan dengan baik agar lingkungan tetap terjaga dan berinteraksi dengan masyarakay sekitar

7. Wisata ke tempat tinggi itu memang identik dengan pemandangan matahari terbit atau sunrise ya. Tebingnya cukup tinggi, jadi ada tantangan untuk mendaki juga sepertinya

ReplyDelete
  8. padahal tuban itu ga jauh dari Surabaya sama sama JATIM cuma saya malah belum pernah ke sana. Bagus juga ya mas pemandangannya

9. Keren pemandanganya ya.. maulah next time berkunjung ke tmpt ini..btw bagusnya pas senja ya kak berkunjungnya

10. Indah banget pemandangannya, seperti lukisan! Menyenangkan sekali bisa camping rame2 ke sana ya. Semoga saat sudah bisa ke sana, pengembangan pariwisatanya sudah dilirik pemerintah, sehingga sudah ada sarana seperti toilet dll.