Widget HTML Atas

Contoh Bionarasi Asma Nadia, Penulis Terkenal Indonesia

bionarasi Asma Nadia

Dalam kepenulisan buku akan terasa kurang jika tidak dilengkapi dengan data diri sebagai penulis. Biodata penulis ini seringkali disebut dengan bionarasi penulis, profil penulis, atau biografi penulis. Semuanya memiliki substansi yang sama. Yakni sebuah halaman yang menjelaskan tentang data diri penulis buku, rekam jejak atau riwayat penulis.

Secara teknis kepenulisan, ditulis secara narasi dan dari sudut pandang orang kedua. Sudut pandang orang kedua ini lebih umum digunakan. Orang kedua ini bisa mewakili sebagai penerbit atau editor.

Jumlah kata dalam penulisan bionarasi ada yang pendek atau singkat, 250 kata. Ada juga yang panjang lebih dari 300 kata. Hal ini tergantung kebutuhan dan keinginan seorang penulis.

Berikut saya berikan contoh bionarasi dari seorang penulis terkenal Indonesia.

Contoh Bionarasi atau Profil Asma Nadia

Asma Nadia merupakan salah satu penulis perempuan  Indonesia yang sangat produktif. Ia sudah menghasilkan karya lebih dari 49 buku, serta Menyusun puluhan buku lain berkolaborasi bersama pembacanya, antara lain yang tergabung dalam alumni Asma Nadia Writing Workshop, Komunitas Bisa Menulis, yang dipandunya bersama Isa Alamsyah.

Ibunda dari Putri Salsa dan Adam Putra Firdaus ini aktif memberikan worshop dan dialog kepenulisan ke berbagai pelososk tanah air, hingga ke manca negara. Seperti ke beberapa kota di jepang, (Tokyo, Kyoto, Nagoya, Fukuoka) dan di Benua Eropa (Roma, Jenewa, Berlin, Manchester, New castle, Wina, Paris, Moscow, dll), hingga ke Benua Australia, Amerika, Afrika. Dan Rusia.

Sejak 2009. Asma Nadia menjadi CEO Asma Nadia Publishing House, yang telah menerbitkan buku-buku best seller seperti Assalamualaikum Beijing, Sakinah Bersamamu, No Excuse!, Salon Kepribadian, New Catatan Hati Seorang Istri, dan The Jilbab Traveler.

Beberapa Karya Asma Nadia telah difilmkan, diantaranya adalah Emak Ingin Naik Haji. Film ini meraih lima penghargaan di Festival Film Bandung, salah satunya sebagai film terpuji. Emak ingin Naik Haji juga diputar di International Writing Program, Lowa-Amerika, pada September 2013. Rumah Tanpa Jendela dan 17 catatan Hati Ummi juga merupakan karya Asma Nadia yang difilmkan.

Tahun 2011, salah satu karya Asma Nadia, Sakinah Bersamamu, terpilih sebagai fiksi terfavorit oleh Anugerah Pembaca Indonesia, Goodreads Indonesia. Pada tahun yang sama ia juga menerima penghargaan SheCAN! Dari Tupperware.

Sayap Asma Nadia selain dilebarkan di dunia perfilman Indonesia, termasuk juga menulis skenario Pintu Surga (Seri Ramadhan di Trans TV) dan Anak Matahari (SCTV), sejak 2012 ia menjadi pengisi tetap rubrik Resonansi di harian nasional Republika, setiap Sabtu.

Kesibukan lain, bersama para relawan yang mencintai buku dan anak-anak, Asma Nadia yang dianugerahi Tokoh Perubahan 2010, menggagas Rumah Baca AsmaNadia, 123 perpustakaan gratis bagi dhuafa yang saat ini telah berdiri di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Irian Jaya, sampai Hongkong.

Selain menjadi penulis dan Public Speaker, Asma Nadia juga dikenal sebagai traveler, tepatnya Jilbab Traveler. Sudah lebih dari 51 negara dan 206 kota ia kunjungi.

Pada bulan November 2012, Asma Nadia mendapatkan undangan Writers in Residence di Can Serrat, Spanyol. Usai program itu ia traveling ke Rusia, Polandia, Yunani, Italia, Wina, dan belasan negara eropa lainnya, juga sampai ke Maroko. Perjalanan ini sekaligus menguji kualitas ransel backpacker, tas laptop, dan iPad produksi TokoAsmaNadia. Pada Agustus 2013 Asma Nadia Kembali terpilih mengikuti International Writing Program di Lowa, Amerika Serikat.

Bagi rekan-rekan yang ingin mengetahui buku-buku terbaru Asma Nadia, bisa dilihat di www.tokoasmanadia.com. Atau bisa juga didapatkan di halaman fanpage www.facebook.com/AsmaNadia.Penulis dan Twitter @asmanadia. Sementara rekam jejak travelingnya bisa diikuti via Instagram @asmanadia.

(Profil Penulis diambil dari buku Surga Yang Tak Dirindukan, cet. 2015)

 

Demikian salah satu contoh bionarasi penulis atau profil penulis buku. Sebuah contoh yang diambilkan dari seorang penulis terkenal di Indonesia. Semoga contoh di atas dapat memberikan inspirasi secara teknis penulisan dan juga memberikan inspirasi dalam karya kepenulisan. Semoga bermanfaat.

 baca juga : Contoh Biodata Penulis Dalam Bentuk Narasi

No comments for " Contoh Bionarasi Asma Nadia, Penulis Terkenal Indonesia"