Legitnya Bubur Sagu Silowo Tuban






Rasanya legit, manis, dan teksturnya lembut. Itulah satu kalimat untuk mendeskripsikan bubur sagu. Bagi yang sudah pernah mencoba pasti ingat rasanya, meski mungkin lupa rupa dan bentuknya. Hiks! 

Bagi yang belum pernah, silakan dicoba. Biar tidak penasaran.


Untuk mencoba olahan dari tepung sagu ini, anda tidak harus datang ke Papua (penghasil sagu terbesar di Indonesia). Ternyata di Merakurak Kab. Tuban juga ada. Olahan dari bahan sagu ini saya dapatkan di wisata desa Pemandian Sumber Silowo, Merakurak Tuban. Diantara warung yang ada di sana, ada warung yang khusus menyediakan menu dari olahan berbahan dasar sagu. Mulai dari es dawet sagu, bubur sagu, pentol bakso sagu, dan bongko sagu.




Untuk harga juga terbilang murah. Rata-rata Rp. 1000 – 5000/mangkuk. Untuk bubur sagu misalnya, hanya Rp. 3000/porsi. Anda sudah bisa menikmatinya. Bahan dari bubur ini juga terbilang simpel. Bahan dasarnya tepung sagu, gula merah, dan santan. Caranya membuat hampir sama dengan cara membuat bubur-bubur yang lain. Mudah dan sederhana.



Nah, daripada anda kebayang ribetnya masak bubur sagu, mending langsung datang ke lokasi Pemandian Sumber Silowo Merakurak Tuban. Setelah berenang dan bermain dengan segarnya mata air,  anda dapat menikmati kuliner berbahan dasar sagu sambil menikmati indahnya deretan pohon sagu sepanjang aliran mata air sumber Silowo. 

baca juga : Segarnya Pemandian Sumber Silowo

2 Comments

  1. Kalau bongko sagu, sudah biasa, tapi menu pentol sagu ini bikin penasaran. Apalagi harganya murah. Jadi pengen berkunjung ke Silowo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pentolnya juga enak, kenyal dan empuk. monggo dicoba he he

      Delete