Segarnya Pemandian Mata Air Silowo, ‘Green Canyon’ Kota Tuban





Saya menyebutnya kolam renang alami. Sebuah mata air yang mengalir yang konon gak pernah kering meskipun pada musim kemarau. Di sekitar pemandian tumbuh pohon sagu yang berderet sepanjang aliran mata air. Mungkin karena pantulan tanaman atau lumut, air tampak berwarna hijau, jernih, dan segar. Nama tempat ini adalah Pemandian Sumber Silowo bukan Green Canyon. Hiks!


Pemandian Sumber Silowo atau masyarakat sekitar menyebutnya ‘DAM Jebol’ ini berlokasi di Dsn Santren, Desa Mandirejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban. Di desa ini banyak terdapat sumber air salah satunya adalah tempat ini. Agar dapat dimanfaatkan dengan baik, dibuatlah tanggul-tanggul bendungan  untuk  mengairi tanaman masyarakat sekitar. Nah, suatu ketika karena mungkin saking besarnya sumber air, tanggul-tanggul penahan air itu pun jebol. Begitu cerita yang berkembang tentang DAM Jebol.


Pemandian ini memiliki kedalaman 2.5 meter. Airnya sangat jernih dan segar. Saking jernihnya anda dapat melihat dasar mata air dari permukaan air. Airnya tenag, tidak ada arus yang deras sehingga aman untuk berenang atau bermain air. Tentunya bagi yang belum bisa berenang perlu ada pendampingan.
Pemandian Sumber Silowo ini masih dalam tahap pengembangan. Dari informasi yang saya dapat, tempat ini merupakan potensi wisata desa yang akan dikembangkan menjadi salah satu wisata air. Sebagaimana Wisata Kampung Air dan Wisata Air Pelang yang berada di Kecamatan Merakurak. So, karena masih proses pengembangan, jika anda masuk ke lokasi untuk saat ini masih gratis, cukup bayar parkir dan donasi seikhlasnya.


Meskipun dalam tahap pengembangan, wisata air pemandian sumber Silowo sudah tersedia beberapa fasilitas. Misalnya toilet, ruang bilas dan ganti, gazebo-gazebo untuk istirahat, penyewaan pelampung, penyewaan perahu, dan warung makanan dan minuman. Eits!, untuk minuman jangan lupa mencicipi es dawet sagu. Harus dicoba biar gak penasaran.

Setelah puas berenang dan bermain air belum lengkap kalo tidak menjelajah ‘Sungai Amazon atau Green Canyon’nya Kota Tuban. He he.. lebay! Dengan perahu bermesin sepeda motor anda akan dibawa menyusuri sungai yang kanan kiri masih dipenuhi semak belukar dan deretan pohon sagu yang menjulang. Ganggang yang hijau dan tanaman yang merambat di pohon-pohon. Asyik dan serem ! eh, seru! 

Nah, kalo anda sudah puas bermain air di wisata air sekitar Merakurak Tuban, anda juga harus mencicipi nikmatnya kuliner Super Pedas WelutCemplon. Anda bakalan ‘gobyos keringat’ dan ‘njedir ketagihan!  

0 Comments