Menara Berkembar Petronas Malaysia dan Lensa Cembung Portable




Petronas Twins Tower (bahasa melayu : Menara Berkembar Petronas) Kuala Lumpur Malaysia merupakan tempat yang menarik bagi banyak orang. Khususnya bagi orang yang baru kali pertama berkunjung ke Negara Malaysia.  Bisa berfoto selfie di tempat ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Tapi bagi yang sudah berkali-kali pergi ke Malaysia, tempat ini sudah dianggap biasa. Apalagi bagi warga Malaysia sendiri, tempat ini sudah tidak menarik alias membosankan, kata ‘dereba (baca:driver) yang mengantar saya. 

Petronas Twins Tower merupakan salah satu ikon Negara Malaysia. Kalau Indonesia seperti Monas gitu lah.  Bedanya kalau Monumen Nasional di Jakarta salah satu fungsinya sebagai tempat wisata sejarah, sejarah tentang Indonesia. Siapa saja bisa masuk dan naik ke menara Monas asalkan ada tiket. Sedangkan Petronas merupakan gedung perkantoran yang dibuat mewah dan megah. Tidak semua pengunjung bisa masuk ke gedung ini. Hanya orang-orang tertentu yang bisa masuk. Mungkin hanya orang yang berkantor di gedung tersebut.

Dari berbagai sumber yang saya dapat, Petronas Twins Tower merupakan gedung pencakar langit, tertinggi di dunia pada tahun 1998-2004. Tinggi Twins Tower sekitar 451,9 m, terdiri 88 lantai. Setelah tahun tersebut, muncul gedung yang lebih tinggi lagi salah satunya adalah Menara Khalifa, Dubai, Uni Emirat Arab dengan ketinggian 828 meter. Gedung Twins Tower  ini diperuntukkan untuk perkantoran dan disewakan untuk perusahaan-perusahaan atau instansi. Termasuk di bawah menara terdapat pusat perbelanjaan namanya Suria KLCC. Di sekitar menara tertata indah taman KLCC. Jadi, memang tempat ini cocok untuk bersantai. Apalagi jika pada malam hari.  



Bagi para pengunjung yang ingin berfoto selfie di sekitar taman KLCC atau berfoto dengan latar belakang menara kembar, pengunjung akan disambut oleh para penjaja lensa cembung portable. Sejenak saya berpikir, kok aneh, kenapa jualanya hanya lensa cembung? Kok gak ada kacang, permen, tahu, mineral, seperti tempat-tempat wisata di Indonesia? Eh, ternyata! dengan lincah para pedagang itu menjelaskan dan mempraktikkan fungsinya. Oo, I see… saya baru tau.

Mau tau untuk apa lensa-lensa itu ? Ya, betul ! supaya kalau kamu berfoto selfie di depan menara kembar, menara kembarnya akan tampak utuh. Kelihatan dari ujung kaki sampai puncak menara. Meskipun dari jarak dekat. Itu! Untuk harga lensa tersebut sekitar 15-25 ringgit. Kalau dirupiahkan sekitar 50 ribu hingga 70 ribu-an. Terjangkaulah harganya. Daripada sudah jauh-jauh datang, berfoto selfie yang terlihat hanya kaki menara doang!   Sayang bukan?

baca juga : Mengenal Masjid Putrajaya Malaysia

0 Comments